Setiap Siswa Cerdas

NETA lagi search di google

NETA lagi search di google

Sahabat percaya dengan judul di atas? Pastinya percaya, karena ini modal utama yang dimiliki semua guru untuk melakukan awal perubahan bagi siswa-siswinya. Saat guru memiliki keyakinan bahwa dirinya mampu mengajar, maka saat itu juga kebaikan-kebaikan itu berlahan akan timbul. Tatkala kebaikan-kabaikan itu semakin tentara. Guru yang hebat tentunya sadar dengan stimulus ini dan akan segera menyikapinya dengan muatan-mutan postif lain untuk semakin menguatkan diri siswa.

Pengalaman mengajar di SSC (sony sugema collage) membuat saya lebih banyak belajar tentang kelas bimbel. Kelas yang berbeda dengan kelas di sekolah regular.  Ini saya anggap tantangan, karena kelas bimbel cenderung dengan siswa yang beragam dan latar belakang beragam pula. Minat mereka datang ke kelas ini juga beraneka misi. Ada yang memang ingin belajar, cari teman, senang-senang, atau bahkan ada yang tidak tahu kenapa mereka harus ada di sini.

Namun saya tetap yakin, mereka pasti bisa diarahakn, disadarkan, dan tentunya menjadi siswa yang lebih baik dari hari ke hari.

Kelas (VI) hari ini  suasananya berbeda dengan kelas kemarin. Anak-anak lebih antusias dalam pembelajaran. Terbukti dari posisi tempat duduk yang mereka tempati, pada kelas kemarin mereka duduk di belakang. Namun sekarang sudah berbeda, mereka sudah duduk di bangku deretan depan. Terpancar di wajah mereka semangat belajarnya juga lebih meningkat.

This slideshow requires JavaScript.

Hal menarik yang terjadi adalah anak-anak lebih bisa menghormati guru dan siswa yang lain, saat ada guru atau teman berbicara tentang materi pelajaran mereka cenderung mendengarkan. Dan ada yang lebih menakjubkan, ketika ada pertanyaan yang sulit dijawab karena terdapat kata yang belum mereka kenal. Salah satu di antara mereka bisa menjawab. Ketika kami telusuri, sebut saja namanya NETA, dia bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan search di google lewat HPnya.

Dalam hati saya bangga karena NETA menggunakan HPnya bukan untuk sms saat pembelajaran tapi ide kreatifnya untuk mencari jawaban lewat media tersebut. Selain itu ternyata NETA masih ingat apa yang saya sampaikan dulu, bahwa ketika kita mengalami kesulitan maka mbah google siap membantu setiap saat. Saat pertama saya mengenalnya di kelas-kelas awal, NETA adalah sosok pendiam. Yang saya ingat dia lemah di operasi bilangan bulat, namun setelah kami beri METODE KEDAP-KEDIP, ternyata dia bisa dengan mudah mendapatkan nilai terbaik.

Sebenarnya bukan hanya NETA yang memiliki potensi yang luar biasa. Anak-anak yang lain juga sejenis dengan NETA. Semoga di kelas-kelas selanjutnya saya bisa menemukan anak-anak yang benar-benar HEBAT. Bukan hanya karena dia cerdas, namun juga memiliki karakater yang menarik, karakter yang bisa menghargai siapapun, karakter yang bisa menjadikan dirinya orang terhormat karena ilmu dan ahlaqnya. Saya yakin anak-anak bisa.

 “Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Recent Posts :

About these ads

About ayo mendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Oktober 5, 2011, in ceritasekolah and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. Hai… Salam kenal…
    Artikel anda sangat menarik..Blognya juga kerena
    Saya sangat salut karena anda peduli pada dunia anak-anak…
    Saya juga punya sebuah blog yang berisi kumpulan lagu anak, dongeng anak, parenting tips, dan segala yang berhubungan dengan anak-anak…
    Kunjungi blog saya di http://lagu2anak.blogspot.com
    Bila berkenan mari bertukar link..

    Terima kasih

  2. Riana Ajeng Kurnia Wati

    sy salut dngan Neta karena hp tidak di buat SMS
    sy sangatzzzz bangga
    Salam buat NETA

  3. Elina Lina Santoso

    wah!sy salut kpada Neta yg slalu mendengarkan plajaran dngan baik

  4. dengan demikian, potensi kecerdasan yang dimiliki oleh setiap siswa harus diketemukan dan dikembangkan….

  5. saya yakin itu. anak2 cerdas dan mampu dengan karakternya masing2. itu sebabnya saya gak memberi mereka les.

  6. Setuju Banget. Semua orang diberi kecerdasan begitu jg dg siswa-siswi qt. Namun kecerdasan mereka berbeda-beda. Ada yang di bidang seni, matematika, sosial dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: