AGAR LULUS UKG ONLINE DENGAN MUDAH

tips dan trik lulus UKG dengan MUDAH

 UKG 2012 (Uji Kompetensi Guru) dilaksanakan hampir serentak se Indonesia pada awal Agustus 2012. Tentunya seluruh guru yang telah mengikuti UKG tersebut segera tahu hasilnya. Karena salah satu keunggulan tes ini peserta langsung bisa tahu nilainya setelah mengerjakan soal.

Secara nasional hasilnya memang sedikit mengecewakan. Rata-rata nasional berkisar 45,00 nilai yang amat jauh dari standar kelulusan (70,00). Apakah ini bukti bahwa guru-guru kita tidak berkualitas? Terserah Anda menjawabnya.

Sahabat, jika Anda mengikuti tes ini pastinya ada rasa kecewa baik itu karena NILAI JELEK atau karena sistem soal yang banyak kekurangan. Terutama pada soal-soal hitung (matematika, fisika, kimia, dan biologi) kita temui soal-soal yang editing naskahnya belum sempurna. Bahkan ada soal yang tidak memiliki jawaban yang benar.

Apakah ini menjadikan alasan bagi Anda jadi tidak lulus? Anda berhak menjawab sendiri.  Prosentase soal salah juga sedikit, berkisar 5 s.d. 10 % saja, artinya masih ada soal-saol yang bisa kita jawab dengan benar dan membuat kita lulus. Benarkan?

Tapi yang jelas dampak luar biasa dari UKG ONLINE ini bisa kita rasakan bersama. Bagaikan BOM ATOM yang mengetarkan fisik dan jiwa, hampir seluruh guru terutama yang tersertifikasi harus cek ulang kemampuan dirinya. Tidak sekedar kemampuan profesional dan pedagogik saja namun juga kemahiran dalam IT terutama mengoperasikan komputer.

Lihatlah mereka yang sudah bersusah payah untuk lebih baik. Bergelut dengan keyboard dan mouse. Berlatih melihat monitor lebih dari 120 menit. Belajar hingga larut malam. Mulai membuka-buka buku lama. Bahkan semakin tekun sholat dan sedekah. Semua demi satu kata LULUS UKG ONLINE.

Baiklah Bapak dan Ibu pembaca MSP yang baik, kali ini kami ingin berbagi dengan Anda tips dan trik menghadapi UKG ONLINE.

 1.       PASANG TARGET

Nilai maksimal adalah 100 dan nilai kelulusan adalah 70. Apakah Anda harus mendapat nilai 100 tentunya tidak. Hanya dengan 70 Anda sudah bisa lulus. Target di sini  akan menentukan pemetaan kekuatan Anda. Anda tidak harus memaksakan diri mencapai nilai sempurna. Anda cukup mengukur kemampuan maksimal Anda. Misalkan Anda guru kelas maka cari mata pelajaran yang Anda kuasai, misalnya Bahasa Indonesia, MTK, dan IPA. Dengan 3 mata pelajaran ini Anda minimal harus mengantongi nilai 50. Sisanya ada di IPS dan PKN target bisa 25. Dengan demikian Anda memiliki target maksimal 75. Jika Anda guru mata pelajaran maka bagi tiap KD atau Indikator (lihat kisi-kisi).

 2.       ARAHKAN DENGAN KISI-KISI

Perjalanan belajar Anda sudah ada panduan dari kisi-kisi. Tidak terlalu penting belajar materi di luar kisi-kisi. Fokus saja pada materi yang tertera dalam indicator soal pada kisi-kisi. Tambah bagus jika Anda sudah punya bang soal. Tinggal mencocokkan dengan kisi-kisi pilih soal yang sesuai.

 3.       BERSAHABAT DENGAN KEYBOARD, MOUSE, DAN MONITOR

Anda akan dipaksa melihat monitor maksimal 120 menit atau 2 jam. Alangkah baiknya saat Anda belajar mengerjakan soal tidak hanya dengan kertas saja, namun langusng bertatap muka dengan monitor komputer. Lakukan berkala dan durasi waktu ditambah semakin lama, tak perlu memaksakan diri. Cukup dengan latihan rutin minimal 30 hari Anda sudah akan terbiasa dengan perngkat kasar IT ini. Untuk yang lain-lain jangan kuatir, ada operator pada ruang ujian yang siap membantu Anda. Kesimpulannya Anda tidak harus bisa internet.

 4.       ALLAH MENGHARGAI PEKERJA KERAS

Tidak ada kenikmatan yang datang begitu saja. Pastinya Anda sudah mengerti RUMUS KEHIDUPAN INI. Ingin enak ya susah dulu, ingin sukses yang kerja dulu, ingin cair yang plpg dulu, ingin lulus ya BELAJAR DULU. Jika kita meluangkan waktu ½ jam saja untuk membuka buku sehari, cukup 30 hari insyaallah kita mencapai nilai 70,00. Jika kesulitan bergabunglah dengan sahabat guru lain yang lebih CERDAS, tidak usah malu karena ini jalan kebaikan.

 5.       LULUS TIDAK SELALU INGIN LULUS

Saya mengenal dua sahabat yang benar-benar ajaib dalam kelulusannya menjalankan ujian, mari kita simak bersama.

Panggil saja namanya Ibu H, beliau tidak punya cita-cita menjadi seorang guru PNS. Namun keingingan kedua orang tuanya amatlah besar agar putrinya menjadi pegawai. Tiba saat ada pendaftaran CPNS. Ibu H dengan terpaksa ikut antrian panjang mendaftarkan diri hanya ingin menyenangkan orang tuanya. Betapa terkejutnya saat pengumuman namanya tercatat sebagai peserta yang lulus tes CPNS tahun 2009.

Sahabat saya yang lain, Anda bisa memanggilanya dengan nama Bp. I. Beliau juga sama dengan Ibu H tidak mau jadi PNS gara-gara sudah memiliki pekerjaan sebagai guru di kota BALI. Sekolah berstandar Internasional dengan gaji 3 kali PNS membuat dia tidak berminat kembali ke pulau Jawa sebagi PNS. Namun Ibunda sebatang karang menginginkan Bp. I jadi guru PNS. Tiba saat ujian CPNS Bp. I juga mengikuti ujian hanya ingin menyenangkan Ibundanya. Betapa terkejutanya saat dia mendapat ucapan selamat dari temannya karena mengetahui dia diterima.

Sahabat yang baik, ternyata Ibu H dan Bp. I lulus bukan karena keinginanya apa lagi do’a dia sendiri. Yang membuat mereka lulus adalah kedua orang tua mereka yang selalu tulus ikhlas tiap tarikan nafasnya mendo’akan agar anak mereka lulus dalam ujian. Malaikat di bumi (ibunda) merekalah yang mengetuk pintu langit sehingga Allah mengabulkan anaknya menjadi PNS seperti do’a-do’a yang dilantunkan orang tua tersebut. Jadi jika Anda ingin lulus maka datangilah orang tua kita, cium tangan dan mintalah do’nya. Allah pasti menjawabnya.

Jika Anda sudah tidak memiliki beliau berdua, masih ada do’a-do’a dahsyat yang akan dikabulkan oleh Allah. Siapa mereka? Anak yatim dan orang miskin, mari bantu mereka, beri sedekah yang baik dan mintalah doa’nya.

6.       TENANG dan SANTAI SA’AT diONLINEkan

Saat menghadapi monitor duduk dengan tenang. Siapkan kartu ujian, alat tulis, kertas untuk menghitung. Kurangi banyak bicara dengan peserta di samping kita, cukup beri senyum saja. Hormati operator dan pengawas ujian dengan memperhatikan apa yang mereka sampaikan. Meskipun Anda sudah mahir di ujian  online. Setelah semua siap, jangan mengerjakan soal dulu. Panggil kekuatan terbesar kita, hadirkan dalam jiwa dan fisik Anda, memohonlah bantuan Zat Yang Maha Cerdas dan Agung agar menguatkan Anda. Tarik nafas pelan-pelan dan ucapkan bismillah … selamat mengerjakan dan sukses buat Anda.

(ALHAMDULILLAH saya lulus ukg 2012, terima kasih kepada ayah dan ibu, istriku&uqbah tercinta, saudara, guru, siswa, dan orang-orang baik yang telah mendo’akan. Semoga UKG 2013 Lumajang mampu terbaik se-Indonesia. Amiin)

tulisan ini juga dimuat di Majalah Suara PGRI edisi 34 September 2012

“Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Baik untuk dibaca :

About these ads

About ayo mendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Agustus 16, 2012, in sertifikasi guru, UKG, update ilmu guru and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. 7. Jangan beroentasi ke materi.
    Tidak lulus UKG berarti tidak dapat tunjanganan. Akhirnya membuat seseorang bisa stress. Pasrahkan pada Allah, kakau memang rezeki kita maka tidak akan kemana. Kalau bukan rezeki kita masih ada nikmat- nikmat yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: