Guru-Guru SD Negeri Bodang 01 Menambah Wawasan Tentang Pembelajaran Matematika Bersama Alumnus P4TK Matematika Yogyakarta

Guru-Guru SD Negeri Bodang 01 Menambah Wawasan Tentang Pembelajaran Matematika Bersama Alumnus P4TK Matematika Yogyakarta

Oleh NINING TRI SUMARNI

seminar hypnoteaching dan workshop matematika asyik sdn bodang 1 lumajang cGuru dalam meningkatkan kegiatan proses pembelajaran banyak hal yang harus ditempuh, disamping mengikuti workshop, diklat, atau lewat pengimbasan dari teman guru. Para Guru dan Kepala Sekolah SD Negeri Bodang 01 kali ini menambah wawasan tentang pembelajaran Matematika dengan mengundang alumnus peserta diklat dari P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan)  Matematika Yogyakarta.

M. Subakri  yang kemarin mendapat predikat pemandu Matematika terbaik ke 2 se   Indonesia di Yogyakarta tahun 2012 yang mewakili Kabupaten Lumajang, dan Enjang Bayu Irawan yang juga alumnus P4TK Matematika, dua sejoli ini selalu  bersama dalam menyampaikan materi , karena memang sama-sama alumnus P4TK.

SD Negeri Bodang 01 menambah wawasan tentang pembelajaran matematika hari  Sabtu tanggal 20 Oktober 2012, yang diikuti seluruh guru dan Kepala Sekolah dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 wib, acara ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah dengan harapan setelah pengimbasan ini para guru dalam menyampaikan lebih menekankan pada penanaman konsep  dan peserta didik menjadi senang pada pelajaran matematika bukan malah takut.

seminar hypnoteaching dan workshop matematika asyik sdn bodang 1 lumajang aPada sesi satu nara sumber pertama  disampaikan oleh Sdr. M. Subakri diisi kegiatan semacam test awal dan semua guru diberi lembaran untuk mengerjakan soal yang diberikan, waktu yang diberikan sekitar 15 menit, di dalam soal ini isinya paling banyak bagaimana cara menyampaikan pelajaran matematika, dan para guru pun mengerjakan dengan serius. Selesai mengerjakan dilanjutkan membahas soal dan evaluasi, dari sepuluh guru yang terbaik ada dua orang yaitu M. Ra’is dan Yoyok Slamet Sukoco, sebagai penghargaan diberikan masing-masing majalah Suara PGRI edisi  terbaru.

Sesi ke dua diisi oleh Sdr. Enjang Bayu Irawan tentang Matematika Asyik, bagaimana cara menghadirkan matematika sebagai pengalaman yang menyenangkan diantaranya ;

1.    seminar hypnoteaching dan workshop matematika asyik sdn bodang 1 lumajangMenanamkan bahwa matemetika itu mudah. Peserta didik diajak bahaimana menaklukkan tantangan beberapa soal yang diberikan; pengulangan kata mudah akan mempengaruhi sistem bawah sadar peserta didik hingga mereka akan lebih suka dengan matematika; hindari penggunaan kata sulit , misal matematika itu tidak mudah, yang bisa seminar hypnoteaching dan workshop matematika asyik sdn bodang 1 lumajang bmatematika hanya orang cerdas, sebenarnya matematika itu mudah; gantilah dengan kata positif mudah, misal matematika itu hanya bermain-main, mari bermain sambil belajar, dan seterusnya.

2.    Mengajarkan matematika dengan mengubah paradigma berpikir kita, bahwa seorang anak lebih mudah dibimbing bila ia merasa dipahami, diperhatikan, dan di cintai .

3.   seminar hypnoteaching dan workshop matematika asyik sdn bodang 1 lumajang e Mengajarkan matematika dengan konsep yang benar , dari kongkret yaitu hadirkan matematika senyata mungkin jadi bisa di lihat, disentuh, dirasakan,dipraktekkan,dan dimainkan , semi kongkret yaitu hadirkan matematika dalam tulisan, gambar, simbol, model,  dan abstrak yaitu hadirkan matematika dalam lisan cerita, analogi dan tes

4.    Memperhatikan detail  dan lihatlah keajaibannya  dengan melihat hasil ulangan siswa , bahwa keberhasilan besar  dibangun dari serangkaian keberhasilan kecil.

Semoga dengan kegiatan ini bermanfaat bagi guru SD Negeri Bodang 01, khususnya pembelajaran matematika, dan terimakasih kepada alumnus P4TK yang telah berkenan hadir untuk memberikan pengalaman yang didapat dari pelatihan.

Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Recent Posts :

About these ads

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 13, 2012, in P4TK MAT, pelatihan and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. kapan ya di Lampung ada sperti ini??kami juga ingin sekali dapt ilmu sperti ini.

  2. wow… trims , dengan selesainya pembelajaran ini, guru-guru langsung memberikan kepada siswa, ternyata benar… siswa antusias sekali.
    Lanjutkan terus perjuangan kalian demi anak bangsa, agar bertambah maju dan lebih baik!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: