Pentas Seni Spektakuler TK DW Karanganom 02

Oleh Haryati, S.Pd. PAUD (KS TK DW Karanganom 02 Kec. Pasrujambe)

Anak usia dini adalah anak yang sangat peka terhadap segala apa yang pernah diterima dan dialaminya. Bahkan usia dini ada yang mengatakan golden age. Hal ini karena begitu penting dan berartinya perkembangan anak pada usia tersebut.

Untuk memaksimalkan perkembangan  anak usia tersebut maka banyak orang tua yang berupaya untuk menggali potensi anaknya dengan memasukkan ke lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

Seiring dengan kebutuhan dan aspirasi orang tua tersebut maka TK Dharma Wanita 02 Karanganom yang selanjutnya disebut TK DW berupaya mewujudkan keinginan tersebut dengan memberikan bantuan yang seoptimal mungkin kepada peserta didiknya untuk dapat mengembangkan segala potensi yang mereka miliki.

Sebagai lembaga Taman Kanak-kanak yang berorientasi pada pemberian bantuan kepada peserta didik dengan berprinsip pada pembelajaran di TK yaitu bermain sambil belajar, TK DW berupaya agar harapan orang tua tersebut terwujud setelah anak keluar/lulus dari TK.

Adapun aspek yang harus dikembangkan di TK antara lain adalah :

1.       Pengembangan moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian

2.       Pengembangan berbahasa

3.       Pengembangan kognitif

4.       Pengembangan fisik dan motorik

5.       Pengembangan seni

Kelima pengembangan tersebut oleh para tenaga pendidik di TK DW dikembangkan secara maksimal. Sebagai wujud nyata, peserta didik di TK DW sering mengikuti berbagai kegiatan lomba di event-event bergengsi baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten baik yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan ataupun dinas-dinas atau instansi-instansi lain.

Yang lebih membanggakan lagi bahwa setiap pelepasan di akhir tahun pelajaran diadakan pentas seni untuk menampilkan kemampuan peserta didik khususnya dalam bidang pengembangan seni serta melatih peserta didik bergaul dan menghadapi masyarakat serta meningkatkan kemandirian serta aspek sosialnya.

Pelepasan tahun ini yaitu Tahun Pelajaran 2010/2011 digelar cukup spektakuler. Dana yang tersedot mencapai  lebih kurang Rp. 4.500.000,00 (empat juta lima ratus ribu rupiah). Dana yang sedemikina besar tersebut semuanya ditopang oleh wali murid dan para simpatisan.

Lapangan Karanganom sebagai tempat penyelenggaraan acara tersebut dipenuhi oleh pengunjung baik wali murid, mantan wali murid, calon wali murid baru yang sudah mendaftar, para simpatisan, wakil instansi pemerintahan seperti Bapak Camat Pasrujambe (Dondi Suharto, SIP) beserta ibu, perangkat desa, staf UPT Pendidikan Kecamatan Pasrujambe,dewan guru SD N Karanganom 01, tokoh-tokoh masyarakat serta masyarakat dari berbagai kalangan baik dari wilayah Kecamatan Pasrujambe sendiri maupun dari kecamatan tetangga seperti Kecamatan Senduro, Sumbersuko dan Padang.

Suksesnya penyelenggaraan tersebut berkat kerjasama yang erat antara dewan guru dengan wali murid yang tergabung dalam Paguyuban Wali Murid dan para simpatisan. Antusiasme wali murid tercermin dengan adanya berbagai macam sumbangan-sumbangan baik berupa finansial serta sumbangan non finansial seperti konsumsi akomodasi, dekorasi dokumentasi serta sumbangan-sumbangan dalam bentuk lain.

Karena begitu kompak dan bersatunya antara paguyuban wali murid dengan dewan guru, maka dalam sambutannya Bapak Camat Pasrujambe mengatakan “ Yang perlu mendapat pengahargaan dan patut dicontoh adalah wali murid yang seperti ini”. Lebih lanjut beliau mengatakan “ Mulai tahun depan jangan hanya TK DW yang seperti ini tetapi hendaknya bisa dicontoh oleh TK-TK yang lain yang berada di Kecamatan Pasrujambe ini”.

Hal senada juga disampaikan oleh wakil wali murid Bapak Suyanto, “ TK DW adalah merupakan salah satu TK yang patut diperhitungkan di Kecamatan Pasrujambe ini, jadi jangan ada keraguan sedikitpun untuk mempercayakan pendidikan putra-putri Bapak dan Ibu hadirin di TK DW ini”, tandas beliau.

Acara pelepasan seperti biasanya diawali dengan kirab siswa-siswi kelompok B yang akan meninggalkan almamaternya dengan mengenakan salah satu pakaian adat daerah yakni pakaian adat Jawa Timur yang terkenal dengan sebutan cak dan ning. Anak-anak dikirab dari lapangan sebelah barat yang diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh kepala sekolah sebagai simbol bahwa sebentar lagi siswa-siswi kelompok B akan meninggalkan almamaternya dengan harapan dapat menggapai cita-citanya setinggi mungkin. “Semoga cita-citamu yang tinggi tersebut dapat kau gapai kelak anak-anakku”, tutur Ibu Hayati, S.Pd. selaku kepala TK dengan linangan air mata penuh harap.

Adapaun acara puncak adalah digelarnya pentas seni dengan pengatur acara senior yang juga sebagai ketua IGTKI Kecamatan Pasrujambe yaitu Bapak Mulyadi, S.Pd. Beliau mengatur acara begitu rupa, mulai dari penampilan tari anak-anak yang cukup memukau hadirin dan penonton juga sempat membuat lalu lintas di seberang macet karena banyak pengguna jalan yang kebetulan lewat sekedar ingin menyaksikan lenggak-lenggok dan gemulainya anak-anak dalam membawakan sebuah tarian dan tarik suara sarta penampilan-penampilan yang lain.

Acara ditutup dengan pementasan bintang tamu dari kota Lumajang serta tarian dari Paguyuban wali murid. Sebelum bintang tamu membawakan sebuah lagu, kepala TK dan Pengurus TK didaulat oleh wali murid untuk naik ke atas panggung sekedar memberikan semangat dan dukungan kepada semua fihak yang telah turut berpatisipasi aktif dalam membantu penyelenggaraan acara ini. Dewan guru pun juga diminta menghiasi panggung dengan jogedan-jogedan kecil, yang membuat semakin semaraknya acara ini. Hingga acara ini selesai yakni pukul 17.00 WIB hadirin dan penonton tetap tenang menyaksikan dengan penuh antusias.

 tulisan ini bisa juga di baca di Majalah Suara PGRI edisi 20 Juli 2011

AYO MENDIDIK menerima cerita tentang sekolah anda. Boleh profil atau kegiatan yang lain. Kirim saja ke email ayomendidik@yahoo.com. Insyaallah akan kami terbitkan di weblog ini. Pastinya akan lebih banyak lagi program sekolah anda yang diketahui lembaga lain. Yuk berbagi ilmu ……..

 Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Recent Posts :

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Agustus 2, 2011, in ceritasekolah and tagged . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Mohon maaf diluar topik Bunda, kami sedang mencari Reseller & Dropshipper Pakaian Bayi

    dan Anak
    Kami menawarkan berbagai produk dengan harga sangat sangat bersaing.

    Silahkan Bunda kunjungi Online Shop Baju Bayi dan Anak kami di:
    web: bajubajubayi.blogspot.com
    facebook : Baju Baju Bayi

    Terima Kasih sebelumnya

  2. Salam buat ibu Hayati dan Pak Mul saya pribadi sangat bangga dengan semangat kebersamaan, rasa tanggung bersama dan sama sama memiliki anak didik yang sama. Penjenengan berdua semoga Allah selalu memberikan kesehatan lahir dan bathin dan juga guru guru TK serta kerabat. UPT utamanya Pak Edy ( Ka UPT ) dan Pengawas. Maaf saya bisa seperti ini. Mbah Kung titip pengembangan bahasa lesan dahulukan dengan cara pembiasaan. Agar peserta didik anda tidak pelo dan gagap berbahasa Indonesia.
    Salam buat kawan seperjuangan….

  3. Kalo anak TK yang tampil pasti seru dan heboh ya…
    Syukurlah bila mereka bisa bekerja sama dengan teman2nya 😀

    • kadang2 mereka lupa gerakan, akhirnya melirik kanan-kiri, lah … ini yang bikun menarik dan lucu …. namanya juga anak TK …….
      sy aja dulu pasti nangis kalau di suruh gini heeee 😀 😀 😀

  4. SIIP.. melihat dari foto2nya saja sudah kelihatan bahwa kegiatannya meriah dan menarik,
    dan yang pasti …
    WALI MURID senang dan bangga melihat penampilan dan keberanian putra-putrinya
    MURID itu sendiri menjadi terasah tuk mengembangkan kreatifitasnya

  1. Ping-balik: Seminar The Miracle Of Belief « ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: