Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter

Buku pedoman ini diterbitkan oleh Badan Penelitian dan  Pengembangan, Pusat Kurikulum,  Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011. Pedoman  ini ditujukan kepada semua warga pada setiap satuan pendidikan(dasar sampai menengah) melalui serangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang bersifat komprehensif. Perencanaan di tingkat  satuan pendidikan pada dasarnya  adalahmelakukan penguatan dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Sedangkan pelaksanaan dan penilaian tidak hanya menekankan aspek pengetahuan saja, melainkan juga sikap perilaku yang akhirnya dapat membentuk akhlak mulia. Pedoman ini dikembangkan  berdasarkan atas pengalaman beberapa satuan pendidikan yang telah mengimplementasikannya. Hasil-hasil pengalaman itu diperoleh melalui pelaksanaan (piloting) yang  dilakukan Pusat Kurikulum pada tahun 2010.

Jika ingin download, klik aja gambar di atas.

Terima kasih atas kehadirannya*

Recent Posts :

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Agustus 4, 2011, in update ilmu guru and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb Ayo Mendidik…

    Pedomana yang bermanfaat jika difahami apakah tujuan dan matlamat yang hendak dicapai oleh KTSP khusus buat warga satuan pendidikan di Indonesia.

    Pembinaan karakter setiap insan sangat penting baik kepada pelajar mahupun warga pendidik. Pelajar yang berkualiti akan dilahirkan oleh guru yang berkualiti. Guru adalah role model yang dilihat oleh pelajar untuk dijadikan contoh teladan.

    Pendidikan bukan hanya berpusat kepada memberi ulmu semata-mata tetapi harus juga ditunjangi oleh watak dan akhlak yang berkesan. Ini akan berimpak kepada kemunculan warga negara yang berketrampilan, berilmu dan berakhlak. Oleh itu, aspek JERIS (Jasmani, Emosi, Rohani, Intelektual dan Sosial ) pelajar harus dibentuk di peringkat dasar, menengah dan pengajian tinggi.

    Selamat berjaya dalam mendidik dan selamat menjalani ibadah puasa dengan penuh semangat dan bersyukur.

    Salam Ramadhan dan mesra selalu dari Sarikei, Sarawak. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: