pak sarip staf upt penutan

Bapak Sarip

STAF UPT PENDIDIKAN PANUTAN

Kami tahu beliau sebenarnya sudah sejak lama, berkisar 10 tahun yang lalu. Awalnya kami kira beliau adalah salah satu guru SD di daerah barat Lumajang. Setiap ketemu beliau yang terlintas dalam benak saya adalah totalitas kerja yang beliau berikan. Kesungguhan memberikan yang terbaik demi dunia pendidikan di SD tempat beliau mengabdi. Sebernarnya secara langsung beliau berdinas bukan sebagai tenaga pendidikan, namun sebagai cleaning service dan penjaga sekolah (tukang kebun_red).

Namun perannya dalam kemajuan dunia pendidikan di desanya benar-benar tidak perlu diragukan lagi. Meskipun kapasitasnya hanya tukang kebun, namun campur tangan dalam memajukan pendidikan di SD beliau benar-benar patut diberi raward. Tidak hanya memberi semangat kepada guru, siswa, tetapi beliau juga mampu merangkul masyarakat agar peduli dan turut serta dalam memiliki sekolah.

Pangil saja nama beliau SARIP. Laki-laki yang pernah wiyata bakti sekitar 3 tahun ini bener-bener memberi teladan pada saya dan pastinya Anda bahwa bekerja harus dimulai dari hati. Alhamdulillah, pada tahun 1981 beliau ditempatkan di SD Argosari sebagai tukang kebun CPNS. Mengingat kebutuhan di SDN terdekat yaitu SDN Sukorejo akan tukang kebun maka beliau dimutasi ke sana. Sejak saat itu sampai hampir 1,5 tahun yang lalu beliau mengabdikan diri di SDN Sukorejo Kecamatan Pasrujambe.

Kami mulai akrab dengan beliau saat meminta beliau membantu di kegiatan lomba Siswa Prestasi, seleksi OSN, dan seleksi PAI. Dengan ketekunan beliau siapapun pasti suka dengan etos kerja yang benar-benar luar biasa. Seluruh kegiatan jika beliau ada di sana pasti dijamin rapi dan bersih. Bahkan beliau sempat berbagi cerita kepada kami sempat juga membatu mengusahakan gaji teman guru wiyatabakti saat BOS tidak lancar. Bahkan beliau juga mengarahkan ibu-ibu yang berjualan di SD tempat beliau bekerja untuk mengansur sepeda motor dan hasilnyapun memuaskan.

Kegiatan lomba inilah salah satu jalan yang ditakdirkan Allah untuk beliau. Dengan etos kerja yang baik ini melalui lomba tersebut lebih banyak orang melihat begitu tekunnya beliau. Berkisar satu setengah tahun lalau dengan permintaan seluruh kepala sekolah, UPT, dan pengawas. Mengingat UPT Pendidikan yang ada di Kecamatan Pasrujambe membutuhkan tenaga yang ekstra, maka Bp. Sarip diminta untuk membantu di sana.

Tempat kerja baru, semangat baru, memberi hal baru, dan lebih banyak dan lebih banyak lagi yang beliau berikan. Kehadiran beliau di UPT Pendidikan Kec. Pasrujambe benar-benar memberi warna baru. Kantor UPTpun lebih rapi, lebih bersih, arsip-arsip mulai tertata rapi. Sering juga kami tahu beliau sms dan telfon beberapa kepala sekolah dan guru yang belum memenuhi hal yang dibutuhkan kantor. Bahkan dengan senang hati juga datang ke sekolah-sekolah hanya sekedar mengantarkan surat. Tidak cukup hanya di situ, beliau juga sudi memasak untuk “dahar siang” bagi rekan-rekan dan atasannya di kantor.

Sebenarnya di balik ketekunannya ini ada prinsip sederhana yang mendasari etos kerjanya. Menurut beliau, “Selama tenaga saya dibutuhkan, dan saya masih kuat, saya siap membantu di manapun dan kapanpun. Salah satunya di kantor UPT Pendidikan ini”. Beliau melanjutkan, “Di sini saya sebenarnya PELAYAN guru, jadi saya akan bekerja layaknya PELAYAN. Maksudnya, saya akan melayani guru-guru terutama dalam administrasi. Bahkan saya akan memposisikan diri di bawah MAJIKAN saya (guru). Tidak berbicara kasar atau menggurui mereka. Apalagi membuat mereka binggung jika saya memberikan info yang tidak lengkap dan benar. Karena saya begini juga karena guru-guru saya yang lama. Semoga dengan ini guru-guru bisa puas dan dapat mengajar dengan lebih baik”.

Bapak Sarip adalah sumber inspirasi bagi saya dan mudah-mudahan Anda pembaca MSP. Bekerja ini bukan sekedar mencari UANG, apalagi dengan jalan yang tidak baik. Bekerja adalah pangilan jiwa, bekerja adalah tempat pengabdian untuk kebaikan, memberikan secara total, dan tidak pernah mengukur antara apa yang kita lakukan dengan yang kita dapatkan. Jika kita bekerja dengan ikhlas ada rejeki yang AMAT BESAR yang disiapkan Allah. Namun jika kita bekerja seenaknya, mempermainkan pekerjaan dan orang lain, bahkan sekedar mengejar UANG, pasti Allah menyiapkan hidup yang SENGSARA dekemudian hari.

Terima kasih Bapak Sarip kami butuh orang-orang seperti Anda. Kami butuh guru-guru kehidupan seperti yang Bapak teladani. Semoa Allah memuliakan Anda. (ayo mendidik)

**jika pembaca mengenal, tahu guru atau orang yang mengispirasi agar hidup ini lebih baik. Silahkan kirim ke email ayomendidik@yahoo.com atausuara_pgri@yahoo.comdengan syarat beliau yang diceritakan bersedia dimuat.

 

Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”@

Recent Posts :

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Juni 22, 2012, in guru inspiratif and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. bapak menteri pendidikan yang terhormat hal seperti penerimaan tunjangan yang tidak merata dalam satu sekolah ada yang dapat dangak dapat tersebut membuat kami guru di daerah perbatasan gak bersemangat untuk melaksanakan tugas kami. terle bih kami yang bertugas di daerah perbatasan malaysia di kec.batang lupar kab.kapuas hulu. guru agama yang di angkat dari kemenag dan bekerja di sekolah di bawah kemendiknas yang selma adanya tunjangan khusus terpencil dan perbatasan ini gak pernah merasakan tunjangan tersebut. bagaimana nasib kami. tolong di perhatikan.

    • klo gitu mas ngajar agama aja biar kepala dinas kab.kapuas hulu aja yang ngajarkan pelajaran lain gitu loh. karena mereka gak mau memperjuangkan nasib ada

  2. apa adakah bedahnya dalam penerimaan tunjangan khusus daerah terpencil bagi guru kemendiknas dengan guru kemenag? kemana guru kemenag yang dipekerjakan di sekolah dibawah kemendiknas untuk mengajukan tunjangan tersebut. sedangkan guru agama berdwi fungsi di ekolah selain guru agama serta juga guru umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: