TIPS MENCEGAH dan MEREDAKAN CAPEK SAAT DIKLAT

Diklat berbeda dengan kegiatan seminar atau workshop. Diklat tentunya lebih lama dan memiliki jadwal yang padat. Dengan kondisi ini pastinya badan kita mudah terasa letih dan bahkan pegal-pegal. Bagian tubuh yang terasa biasanya kaki, pundak, punggung, dan pinggang. Berikutnya sakit yang dirasakan adalah leher dan kepala. Jika kondisi ini tidak kita sikapi ujung-ujungnya kita akan jatuh sakit.

Apalagi diklat di PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA yang selalu on time dalam jadwal. Mulai senam pagi pukul 05.30 hingga kegiatan malam 21.15. Ditambah lagi materi diklat tentang matematika yang sebagian besar orang bilang materi MEMERAS OTAK. Pastinya kita harus selalu mengkonsisikan diri kita dalam kondisi VIT.

Baiklah sahabat ayo mendidik kali ini kami akan menyajikan beberapa TIPS mencegah dan meredakan capek saat diklat.

 

ATUR NAFAS SAAT DIKLAT

Saat mengikuti materi dikelas, jangan terlalu tegang. Santasi saja namun tetap konsentrasi. Jangan lupa tarikan dan hembusan nafas Anda usahakan tetap baik. Jika perlu sesekali tarik nafas agak dalam untuk merileksasikan organ tubuh.

 

DUDUK DENGAN TENANG

Duduklah dengan posisi yang Anda suka dan tetap dalam sikap duduk yang sopan. Bisa dengan menyandarkan badan, menaruh tangan di meja. Kurangi meletakkan tangan didagu atau di pipi, karena hal ini menimbulkan rasa malas. Jangan duduk sambil tangan bersedekap, hal ini mengesankan Anda meremehkan penyaji. Jangan pula duduk membelakangi penyaji saat kondisi pembelajaran regular.

 

MENGHANGATKAN KAKI

Ciptakan kondisi akrab dengan siapapun. Tebar salam dan senyum. Jangan pernah berfikir Anda yang paling pintar, hebat, cantik, kaya, keren, dll. Buang rasa ini karena akan menghabiskan energy yang banyak. Tubuh Anda akan cepat lelah.

 

MERENDAM KAKI dengan AIR HANGAT

Kebanyakan di tempat diklat difasilitasi dengan kamar mandi dengan air panas. Anda bisa menggunakannya untuk mandi malam setelah semua seson selesai. HaL ini akan membuat otot-otot Anda lebih rilek dan peredaran darah lancer. Jika malas mandi bisa juga dengan cara merendam kedua kaki di air hangat.

 

TIDUR SECUKUPNYA

Bolehlah kita ngobrol berbagi pengalaman dengan teman-teman baru. Namun jangan sampai bergadang larut malam. Usahakan maksimal pukul 22.30 Anda sudah kembali ke bilik dan menikmati tidur malam. Lebih segar jika Anda bangun sebelum pukul 04.30 karena hal ini akan membuat kondisi fisik dan jiwa lebih sehat. Jika Anda muslim nikmati waktu pagi dengan sholat malam dan sholat subuh.

 

JAGA KEBERSIHAN BILIK

Pada umumnya saat diklat, kamar yang disediakan panitia tidak untuk satu orang. Sebagai orang yang berpendidikan tentuya Anda pasti bisa menghargai sahabat se kamar. Jaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan, jangan kentut, meludah, merokok, dan kegiatan lain yang bisa mencemarkan kondisi tempat dan udara. Anda bisa keluar ruang untuk melakukan hal-hal tersebut.

 

PANJATKAN DO’A

Segala sesuatu hanya DIA yang menentukan. Sesibuk apapun kita jangan lupa kepada Allah. Panjatkan do’a tentang kesehatan Anda agar Allah menjaga kita.

 

Demikian tips yang bisa kami berikan. Semoga tips ini juga bermanfaat bagi saya, karena saat ini lagi dilat di P4TK MATEMATIKA YOGYAKARTA. Jika Anda mau menambahkan tulisan, ketika saja pada kolom komentar di bawah ini. Jazakumullah …….

 

Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Recent Posts :

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on September 1, 2012, in P4TK MAT, pelatihan, update ilmu guru and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Terima Kasih Share ilmunya…Bermanfaat

    Dari: Pusat Grosir Koyo Kaki
    http://grosirkoyokaki.wordpress.com/

  2. ya bagus ! tapi dapatkah kita laksanakan ? kalo memang yang ketika di rumah ga pernah beribadah !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: