Andai Aku jadi Ketua Komisi Pemberantas Korupsi

Andai Aku jadi Ketua Komisi Pemberantas Korupsi

Negeri Indonesia kini bukan hanya bentang alamnya saja yang berubah jadi suram, namun jiwa manusianya pun semakin hari semakin suram. Salah satu kesuraman jiwa manusia Indonesia adalah terbentuknya korupsi yang tersistem hampir di semua aspek kehidupan pelosok negeri “loh jinawi toto tentrem ini”. Sebuah selogan yang menina bobokkan hingga Indonesia kontradiksi dengan selogan itu sendiri.

Apakah kondisi buruk ini bisa diperbaiki? TENTUNYA BISA. Untuk membalik kenyataan ini hingga terbalik 1800 tentunya diperluakan perjuangan besar dan waktu yang cukup. Jika Anda ingin tahu program saya saat menjabat Ketua KPK, mari kita simak bersama.

A.     PROGRAM JANGKA PENDEK (PJP)

A.1 SELURUH JAJARAN KPK HARUS DIPILIHN YANG BERSIH DARI KORUPSI.

Ketua dan Anggota KPK harus dipilih dari orang-orang yang MURNI dari korupsi. Artinya Anggota KPK sebelumnya tidak pernah terlibat korupsi. Ketua dan Aggota wajib melaporkan kekayaanya secara periodik. Hal ini adalah teladan mutlak bagi Anggota KPK. Karena keteladanan adalah pembelajaran yang paling efektif

 

A.2 MELAKUKAN MONITOR TERHADAP PENYELANGGARAAN PEMERINTAH NEGARA.

Secara rutin yang dibantu TIM AHLI melakukan monitoring terhadap Penyelengara Pemerintah Negara yang rawan tindakan korupsi. Membuat UU yang harus dipatuhi oleh penyelengara pemerintah Negara.

 

A.3 MENYELESAIKAN MASALAH YANG RINGAN BARU YANG BERAT.

Hal ringan jadi berat jika terus tertumpuk. Untuk itu misi KPK adalah menyelesaikan masalah tindak korupsi ringan. Dengan demikian beban berat akan semakin terkurangi.

 

B.      PROGRAM JANGKA PANJANG (PJP)

B.1  Memaksimalkan Dunia Pendidikan

Jika sekarang sudah banyak korupsi, tindakan yang terbaik adalah mencegah korupsi di kemudian hari. Pencegahan ini bisa terjadi jika kita bekerjasama dengan beberapa instansi terkait. Dunia Pendidikan merupakan wadah tempat mencetak generasi masa depan yang sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia. Tindakan korupsi yang terjadi sekarang dilakukan oleh manusia masa lalu, di mana manusia tersebut adalah hasil pendidikan 10 sampai 20 tahun yang lalu. Jadi jika 10 sampai 20 tahun yang akan datang ingin agar manusia masa depan tidak korupsi, maka saat inilah kita tanam pendidikan yang baik bagi anak bangsa ini.

Hal-hal penting sebagai program kami adalah :

1.      Bekerja sama dengan menteri pendidikan agar menciptakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan psikologi anak.

2.      Proses rekrutmen guru harus benar-benar selektif, sehingga mutu pendidikan lebih baik karena guru-gurunya berkualitas.

3.      Menyisipkan semangat anti korupsi di kurikulum mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

 

B.2 Menciptakan masyarat sebagai Hakim Sosial

Menciptakan kondisi masyarakat yang membenci korupsi dan  malu jika melakukan korupsi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara

1.      Membuat iklan, reklame, baliho, baik secara elektronik maupun cetak yang berisikan tentang kebencian kepada orang yang korupsi.

2.      Lagu dan filem yang mengambarkan kejelakan orang yang melakukan korupsi.

3.      Bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk membuat peraturan mulai dari tingkat RT. Jika ada warganya korupsi, maka lingkung siap mengucilkan.

 

B.3 Dekat dengan Pemuka Agama

Pemuka Agama adalah orang yang sakral bagi sebian besar orang, jadi jika pemuka agama kita mintai bantuan untuk membantu menyadarkan masyarakat tentang dosa dan keburukan korupsi.

Kegiatan pemuka Agama antara lain.

1.      Membuat ceramah rutin yang disisipin masalah korupsi

2.      Do’a bersama agar Indonesia terus membaik.

3.      Memberi teladan anti korupsi

tulisan ini diikutkan pada lomba menulis Andai aku  menjadi ketua KPK di http://lombablogkpk.tempo.co/index/tanggal/0/Blog.html

4.   Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Baik untuk DIBACA :

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on November 6, 2012, in lomba blog and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. andaikan pendidik benar-benar menjadi ketua KPK..
    Sukses Pak dengan kontesnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: