yang menarik, saat IBU GURU lomba senam

Senam salah satu kegiatan fisik yang baik untuk kesehatan badan. Jika dilakukan secara teratur bukan hanya sehat, hal baik lain yang bisa didapat adalah tubuh menjadi kekar bagi laki-laki dan Indah bagi perempuan. Dengan senam jantung bisa berkontrasi dengan teratur, dinding otot jantung lebih elastis dan kuat. Peredaran darah mengalir dengan lancar. Hal yang menarik lagi, senam adalah gerakan rekreasi yang bisa membaut orang lebih rileks dan gembira. Ingin awet muda, solusinya senam secara teratur dan terukur.

Banyak model senam yang bisa Anda pilih, sesuiakan dengan kondisi Anda. Usia, jenis kelamin, dan kekutan otot adalah hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih model senam. Jika Anda lansia kami sarankan mengikuti senam yang rileks seperti yang diadakan tiap pagi di alun-alun kota Lumajang. Jika masih muda, bisa ikut senam yang bernafaskan jogging.

Sahabat guru yang baik, sengaja kami mengangkat tema senam ini, karena ada beberapa teman guru curhat tentang kegiatan senam yang akan dilombakan setingkat kabupaten dan banyak diikuti oleh guru-guru di Lumajang.

Sebagai pengemban MISI LUHUR seorang GURU, ada hal yang perlu kita cermati dalam kegiatan ini. Senam adalah sesuatu yang baik. Namun, senam juga bisa menjadi hal yang tidak baik jika ditempatkan pada tempat yang salah.

CURHAT SAHABAT YANG PERTAMA

“Pakain yang dipakai saat senam terlalu ketat”.  Hal ini jadi tidak baik karena senam yang akan dilakukan adalah perlombaan. Karena dilombakan maka yang hadir tentunya tidak kaum ibu saja. Bapak-bapak juga pasti hadir baik sebagi panitia, tim pembantu, maupun supporter. Tambah GAWAT lagi gerakan senam saat ini banyak terfokus ke bagian-bagian yang rawan jika di lihat, seperti pinggul dan bagian-bagian vital lain. “AJINING SARIRO GUMANTUNG SAHA BUSANA”, sahabat guru pastinya tahu arti dari kalimat tersebut. Bagaiman akan dihormati murid-murid kita jika gurunya saja berbusana kurang terhormat?.

Maindset kita harusnya tidak menganut bahwa senam harus berpakaian ketat. Senam juga bisa dengan busana yang lebih longgar bukan? Boleh saja berpakainan ketat jika senam dilakukan di ruang khusus ibu-ibu.

Tidaklah bijak jika kegiatan beberapa menit ini akan membekaskan teladan yang akan diingat oleh anak didik kita kemudian mereka mengingatnya seumur hidup, karena mereka akan menirukan apa yang kita lakukan.

CURHAT SAHABAT YANG KE DUA

“Saya bingung, pimpinan saya menyarankan tidak usah pakai jilba saat lomba senam, karena tidak pantas dan tidak menarik. Pada hal saat mengajar saya berjilbab”.

Betapa TERKEJUTNYA saya ketika mendengar curhat sahabat yang ke dua ini. ALLAHUAKBARR, Maha Besar Allah atas segala perintah-Nya. Ini adalah kemunduran moral. Hanya gara-gara lomba senam harus lepas jilab. Pada hal di kejadian lain banyak pahlawan mulia merelakan nyawanya untuk mempertahankan jilbanya. Rela tubuhnya dibakar, dipukuli, bahkan ditarik kuda gara-gara tidak mau melepas jilbabnya.

Sebuah pelajaran berharga bahwa kita harus punya harga diri untuk mempertahankan sebuah nilai kebaikan. Sebuah kemuliaan memilih akhirat yang abadi dari pada memilih dunia yang sementara. Guru merupakan pahlawan pertama yang harus menamkan harga diri buat genari penerus.

Pelajaran yang ke dua, pemimpin harus bijak saat mengambil keputusan. Beliau bisa bijak jika ilmu agamanya luas. Bukankan kita tahu kecerdasan yang paling tinggi adalah kecerdasan beragama?

Semoga guru-guru kami bisa tetap mengikuti lomba senam dengan sukses. Tapi di lain sisi juga tetap membawa NAMA MULIA IBU GURU YANG AGUNG dengan memperhatikan “AJINING SARIRO GUMANTUNG SAHA BUSANA”. Mari bergandeng tangan mengembalikan nama MULIA GURU yang mulai memudar.  ^^

Silahkan tulisan ini dikomentari, pastinya Anda punya pendapat sendiri bukan?

ingin download tulisan ini, klik  >>>>>>

Penulis : m. subakri

Kami Tunggu Kehadiran Anda Selanjutnya”

Recent Posts :

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on November 17, 2012, in ceritasekolah and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. trims yang tak terhingga ,yg sangat membatu syuntuk mata pelajaran matematika kelas 6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: