juara cipta dan baca puisi hari anak nasional propinsi jawa timur

juara 3 puisi dindik  jawa timur 2013Pukul 01.00 dini hari rombongan yang dipimpin oleh Bp. Tri Muji (pengawas TK/SD Kec. Lumajang) berlahan bergegas meninggalkan kota Pisang menuju arah utara. Tugas besar yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Lumajang diberikan kepada Beliau untuk memimpin rombongan siswa-siswi menuju medan lomba di Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur.

juara 3 puisi dindik  jawa timur 2013Dari dalam mobil sayub-sayub terdengar suara adzan terkumandang. Mobil yang dikendarai rombongan segera belok kiri menuju masjid besar di daerah Pasuruan. Serasa lega saat menghadap yang Maha Kuasa.

Di masjid tersebut para rombongan bertemu dengan kontingen O2SN dari kecamatan Pasirian. Terihat bus besar dan mobil sebagai alat trasportasi rombongan yang sama menuju kota Surabaya. Memang saat itu ada agenda propinsi yang bersamaan, O2SN dan Hari Anak Nasional.

juara 3 puisi dindik  jawa timur 2013 hari anak nasionalRombongan HAN kembali ke mobil dan segera meluncur ke arah Surabaya. Sekitar pukul 07.30 kami memasuki pelataran UPT. Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur yang terletak di Jagir Surabaya. Proses pendaftaranpun dimulai. Kali ini ada 5 cabang yang dilombakan. Karawitan, tari tradisional, membatik, melukis, dan puisi. Lumajang mengikuti tiga lomba yaitu membatik, melukis, dan puisi.

Setelah upacara pembukaan, berkisar pukul 09.00 berbagai perlombaan dimulai. Karawitan dan menari berada di halaman depan, membantik di gedung sisi sebelah kiri, melukis di lantai dua, dan puisi di Aula lantai 3.

Lomba Cipta dan baca puisi diawali dengan menulis puisi selama 60 menit, saat menulis puisi peserta di ijinkan hanya membawa alat tulis saja. Seluruh guru pendamping tidak diijinkan ada di ruang lomba menulis puisi. Kemudian istirahat selama 45 menit. Untuk sesi membaca puisi guru pendamping diijinkan masuk ruang namun berada di belakang sendiri. Saat ada peserta membaca puisi, seluruh penonton dilarang bersuara sekecil apapun. Jika ada yang bersuara semisal suara kursi diseret, hp, atau yang lain. Pengawas tak segan-segan langsung mengingatkan.

Ada perasaan puseminis saat itu untuk masuk 6 terbaik dari 38 kabupaten di Jawa Timur. Mengingat seluruh peserta tampil sangat baik dan kelihatan sudah benar-benar terlatih. Dari segi tulisan, hampir seluruh peserta bisa menulis dengan rapi. Perasaan was-was semakin kuat saat tim juri membacakan berita acara.

pak tri muji“Juara harpan 3, berasal dari Kabupaten Madiun. Juara harapan 2 berasal dari Kabupaten Nganjuk. Juara Harapan 1 Berasal dari Ponorogo”. Saat itu serasa semakin tidak ada harapan. Karena kami prediksi cuman bisa masuk ke juara harapan. Betapa terkejutnya saat dibacakan juara 3 dengan nomor 31, serasa tidak percaya. Baru saat disebutkan asal kotanya semakin mantab Lumajang ada diposisi ke 3. Pak Tri saat itu baru masuk ke ruang Aula, dan terenyum bahagia melihat peserta dari  Lumajang atas nama Amelia Agustina dari SDN Jamekumbu 01 Kecamatan Pasrujambe berdiri di atas panggung kehormatan. Sedang untuk juara 1 diraih kabupaten Blitar dan juara dua dari kabupaten Mojokerto. Untuk membatik masih belum masuk 6 besar, sedangkan lukis berada di posisi 8.

Puji Syukur kehadirat Allah karena sudah memberikan hadiah besar ini bagi anak desa. Meskipun cita-cita ingin ke Jakarta pupus, namun pasti ini yang terbaik ketentuan Allah. Terima kasih kami sampaikan kepada  Bp. Tri Muji (You’r the Best Leader), Bp. Banjar, Dindik Lumajang, UPT Pendidikan Pasrujambe, KKKS Kec. Pasrujambe, KKG Kec. Pasrujambe, keluarga besar SDN Jambekumbu 1 dan orang-orang baik yang sudah mendo’akan Amelia Agustina. Semoga ke depan pendidikan di Lumajang lebih baik. (wayang)

tim puisi lumajang

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Mei 25, 2013, in puisi, senibudaya and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: