[jalur] pemilihan siswa berprestasi dibidang seni se jawa timur

MILABagi siswa yang tidak mahir di bidang akademik tidak perlu risau, karena setiap tahun ajang kecerdasan dibidang non akademik (seni) juga dilombakan ditingkat berjenjang, dari kecamatan sampai nasional. Mulai dari lomba Hari Anak Nasional, Kreatifitas siswa, dan yang lebih seru lagi pemilihan siswa berprestasi di bidang seni.

Peserta secara langsung dipanggil secara kedinasan melalui  Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur ke Dinas Pendidian kota/kabupaten. Dengan Syarat siswa tersebut pernah meraih juara 1 sampai juara harapan 3 setingkat jawa timur jalur Dinas Pendidikan.

Peserta tiap kabupaten tidak sama jumlahnya tergantung dari keberhasilan kabupaten pada even lomba seni sebelumnya. Jika ada kabupaten yang mampu meloloskan siswanya  ke peringkat 6 besar berbagai cabang seni semisal menyayi, menari, melukis, dan puisi. Maka kabupaten tersebut diberi jatah 4 siswa untuk mengikuti seleksi siswa berprestasi dibidang seni. Jenjang yang dilombakan saat ini adalah SD/MI dan SMP/MTS. Untuk kabupaten Lumajang diwakili oleh AMELIA AGUSTINA dari SDN JAMBEKUMBU 01 KECAMATAN PASRUJAMBE. Amelia dipanggil Dinas Propinsi karena sebelumnya juara 3 lomba cipta dan baca puisi dalam rangka HAN se jawa timur 2013.

TARISeleksi kali ini dilaksanakan selama dua hari Kamis dan Jum’at, 13 – 14 Juni 2013 di Hotel Victory Batu Malang. Panitia menyediakan akomodasi dan konsumsi untuk setiap 1 peserta 1 pendamping. Satu kamar untuk satu kabupaten. Qodarullah, kabupaten Lumajang yang berangkat hanya satu peserta dan satu pendamping, sehingga kamar nomor 351 di lantai 3 sepi karena dihuni hanya dua orang. Namun dari kabupaten lain kebanyakan didampingi guru, orang tua, dan keluarga, sudah pasti kamarnya jadi full.

Tiap peserta akan melalui 3 tes yang akan diseleksi oleh 4 juri. Pertama uji Telenta, uji telenta tergantung dari jenis talenta yang siswa geluti. Kedua uji wawancara, tim juri akan menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan seni yang ditampilkan. Selain itu juri juga ingin mengetahui beberapa seni yang bisa dikuasi oleh peserta. Misalkan uji telentanya puisi, maka peserta ditanya kemampuannya dalam pidato, menyanyi, dan lain-lain. Ketiga uji portofolio, uji ini peserta mengumpulkan piagam kejuaraan selama 5 tahun terakhir.

kamar hotelUdara dingin kota Batu tidak membuat para peserta layu, malah sebaliknya udara dingin membuat peserta dan pendamping semakin semangat. Kamis, Pukul 13.00 peserta mulai berdatangan, check ini peserta dan daftar ulang. Pukul 15.00 pembukaan dimulai, setelah itu peserta No 1 sampai 7 menuju ruang tes sedangkan yang lain mendapat materi dari Dewan Kesenia Jawa Timur di gedung Ajasmoro dan membuat ekspresi sebagai nilai tambahan. Begitu seterusnya sampai pukul 21.00. Amelia Agustina yang harusnya tampil di hari kedua dimajukan karena beberapa nomor sebelumnya uji talentanya bidang seni rupa. Mila tampil berkisar pukul 21.15 bersama udara yang semakin dingin. Dihari kedua lomba dilanjutkan mulai nomor 20 sampai selesai.

Selain persiapan lomba, peserta dan pendamping bisa menikmati indahnya panorama di sekitar hotel Victory. Atau pagi hari ingin jalan-jalan menikmati udara dingin bisa turun di belakang hotel Victory menuju tempat Wisata Selecta. Bentang alam yang indah, gunung Panderman yang didampingi bukit-bukit membuat semakin elok dipandang. Jika malam hari, bisa melihat kerlap-kerlip lampu nun jauh berjajar merayap ke atas bukit. Selain lomba, ini adalah hadiah berlibur bagi peserta yang pernah meraih juara dari kegiatan sebelumnya.

hotel selektaJum’at menjelang sholat Jum’atan pengumuman juara akan diumumkan, namun sebelumnya ada penampilan dari 10 peserta terbaik. Kolaborasi yang apik ini merupakan sentuhan dari dewan juri yaitu Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT). Mereka dilatih dalam 1 jam sudah mampu menghasilkan buah karya. Penonton dibuat terpukau menyaksikan aksi 10 siswa penuh talenta. Dimulai dari suara sinden yang berasal dari SMP di Kabupaten Tulungagung dan dilanjutkan oleh vokalis dengan iringan berbagai alat musik.

mila naik bus lmj-probolingggo (ekonomi). probolinggo-malang (bus patas), malang-hotel victory (naik ojek heeeee)

mila naik bus lmj-probolingggo (ekonomi). probolinggo-malang (bus patas), malang-hotel victory (naik ojek heeeee)

Dalam kompetisi ini Amelia Agustina mampu di posisi peserta unggulan, semoga tahun depan Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang mampu menyiapkan peserta yang lebih bagus. Untuk agenda satu minggu berikutnya di tempat yang sama ada pemilihan guru dan Siswa SMA berprestasi di bidang seni.

inspirasi "mr yusuf w"

inspirasi “mr yusuf w”

Terima kasih kepada Bp. Bambang (KS SDN Jambekumbu 01), Bp. Jangkung (yang mengantar Mila ke Lumajang), Bp. Banjar (membuatkan surat dinas di pagi buta), Bp. Rozaq (yang mengijinkan kami berangkat), K3S Pendidikan Kecamatan Pasrujambe (dukungan dananya), Seluruh Keluarga Besar SDN Jambekumbu 01, dan orang-orang baik yang mendokan kebaikan untuk Mila Agustina. Akhirnya anak desa bisa bermalam di hotel berbintang 3 seperti yang dia impikan selama ini.

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Juni 21, 2013, in prestasi siswa and tagged . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. gimana caranye kalo mau upload anak didik kita yg kemarin juara 2 propinsi kategori lomba cerita bergambar tingkat SD

  2. untuk lomba siswa berprestasi tingkat SMA,kejuaraannya tolong di muat juga ya…

  1. Ping-balik: perjuangan tim puisi siswa desa | ayo mendidik

  2. Ping-balik: puisi buat bu hariyati | ayo mendidik

  3. Ping-balik: ibunda, do’aku menyertai pertemuanmu dengan-Nya • Guraru

  4. Ping-balik: pembinaan puisi dimulai | ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: