tips agar siswa lebih suka membaca

tips agar anak suka membacaPeringatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei yang lalu seolah mengajak kita untuk lebih memahami akan pentingnya menimba ilmu melalui membaca. Dalam dunia pendidikan, kegiatan membaca merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh siapapun, baik itu guru maupun siswa. Bagi seorang guru, senantiasa menambah wawasan terutama yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkannya adalah suatu keniscayaan. Penambahan wawasan ini salah satunya dapat diperoleh melalui membaca buku.

            Adapun bagi siswa, kumpulan buku yang tersusun rapi didalam perpustakaan sejatinya adalah pintu gerbang menuju cakrawala dunia. Dalam hal ini, seorang guru dituntut untuk mampu untuk menghantarkan para siswanya menuju gerbang cakrawala tersebut sekaligus membukakan kuncinya. Meskipun begitu nampaknya tidak mudah untuk membangkitkan minat membaca siswa disekolah. Hal ini antara lain disebabkan oleh karakter dan latar belakang diantara siswa yang berbeda-beda.

            Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa.

soal uts bahasa indonesia  semester ganjil 2013 2014

Pertama, memberikan pemahaman kepada siswa akan arti penting membaca bagi masa depan mereka. Dalam hal ini, seorang guru diharapkan mampu memberikan penjelasan sekaligus motivasi bahwa dengan membiasakan diri untuk membaca buku akan sangat bermanfaat bagi mereka tidak saja ketika mereka berada di sekolah, namun juga ketika nanti mereka terjun ke masyarakat.

Kedua, menciptakan atmosfer membaca yang nyaman. Dalam hal ini, sekolah bisa menata ruang perpustakaan senyaman mungkin sehingga siswa betah berlama-lama diperpustakaan. Selain itu, hendaknya lokasi perpustakaan agak jauh dari keramaian seperti kantin sekolah maupun lapangan olahraga. Hal ini agar bertujuan agar tercipta suasana tenang yang tidak mengganggu kegiatan membaca siswa.

Ketiga, penyediaan buku-buku baru terutama yang isinya berkenaan langsung dengan kehidupan siswa sehari-hari tentu akan snagat menarik perhatian siswa. Selain itu, tersedianya buku-buku yang sesuai dengan minat siswa diharapkan akan membuat mereka untuk rajin mengunjungi perpustakaan. Untuk itu, diperlukan political will yang kuat dari pihak sekolah karena hal ini akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan pimpinan sekolah yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki.

Keempat, membuat slogan-slogan yang berisi pesan edukatif dengan bahasa yang bergaya anak muda tentu akan menarik perhatian siswa. Slogan-slogan ajakan membaca tersebut dapat ditempel disetiap sudut-sudut sekolah, mulai dari gerbang utama, depan kelas, maupun didepan lapangan sekolah. Dengan seringnya siswa melihat slogan-slogan ini,diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca.

Dengan berbagai upaya diatas, diharapkan tercipta generasi yang gemar membaca, yang menjadikan buku sebagai teman setia dimanapun mereka berada. Jika kondisi seperti ini sudah terpenuhi, tidak sulit bagi seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya karena siswa telah memiliki gambaran atau pengetahuan awal mengenai materi yang akan dibahas. Pada akhirnya, tujuan pembelajaran pun akan dapat tercapai dengan mudah.

Ramdhan Hamdani

www.pancingkehidupan.com

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Oktober 17, 2013, in Tips&Trik and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: