alhamdulillah, jadi peserta terbaik dalam diklat nasional teknis strategi pembelajaran matematika dan kurikulum 2013

lumajang masih terbaik dalam diklat strategi pembelajaran kurikulum 2013 dan matematikaPengembangan kemapuan diri  guru harus terus dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan. Pengembangan diri bisa dilakukan melalui diklat, seminar, workshop, kegiatan kkg, membuat alat peraga, inovasi pembelajaran, diskusi, membaca buku dan berbagai cara yang lain.lumajang masih terbaik dalam diklat strategi pembelajaran kurikulum 2013 dan matematika

Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas guru. Diklat biasanya dilakukan lebih lama dibandingkan dengan seminar atau  workshop. Dengan waktu yang lama ini mebuat peserta lebih banyak belajar tentang materi yang di diklatkan. Dilain sisi jadwal diklat yang lebih padat membuat guru terbiasa dengan disiplin dan hidup teratur. Berinteraksi dengan guru-guru yang memiliki dedikasi baik, diharapkan juga bisa membentuk atmosfer guru-guru yang baik pula.

Sama dengan kegiatan DIKLAT TEKNIS STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KURIKULUM 2013 yang diadakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (P4TK Matematika) Yogyakarta. Diklat ini dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober sampai 1 November 2013. Dalam waktu 10 hari ini benar-benar membuat guru peserta diklat belajar baik soft skill maupun hardskill. Peserta juga bisa berinteraksi dengan 35 guru-guru pilihan dari 16 kabupaten yang tersebar di Pulau Jawa.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan. Setelah istirahat 15 menit kegiatan dilanjutkan dengan pretes. P4TK Matematika dalam setiap kegiatan diklatnya pasti melakukan pretes dan postes sebagai alat ukur mengetahui tingkat keberhasilan peserta dalam diklat. Hasil rata-rata pretes dan postes diumumkan saat upacara penutupan.

lumajang masih terbaik dalam diklat strategi pembelajaran kurikulum 2013 dan matematika 2

Sekolah saya belum menerapkan kurikulum 2013, dengan demikian saya benar-benar belum memahami seluk-beluk kurikulum tersebut. Hal ini tercermin dari hasil pretes yang mendapat nilai hanya 42. Alhamdulillah, setelah kerja keras memahami kurikulum 2013 selama 10 hari hasil postes saya meningkat 41 sehingga mendapat nilai 83. Saat itu Bu Wulan (Widyaiwara) mengucapkan selamat karena saya dapat nilai postes tertinggi. Hati sedikitu lega, namun masih ragu untuk menjadi peringkat satu karena masih ada dua aspek penilaian yang belum diketahui hasilnya. Untuk mencari 3 terbaik dalam diklat P4TK Matematika menggunakan rumus :

Nilai Akhir = Postes x 0,25 + Nilai Harian x 0,40 + Hasil Produk x 0,35

Berikut ini 2 contoh soal pretes dan postes yang masih saya ingat dengan redaksi kalimat berbeda :

UNTUK SOAL PILIHAN GANDA :

Berikut ini elemen perubahan pada kurikulum 2013.

  1. Standar kompetensi lulusan yang memiliki kemampuan dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  2. Standar isi yang dikembangkan dalam penguasaan materi ajar
  3. Standar penilaian yang mengembangkan penilaian berbasis portofolio
  4. Standar proses yang fokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi

Jawaban          : …

Alasan              : …

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

UNTUK SOAL URAIAN :

1.       Disajikan sebuah KD (saya agak lupa KDnya). Dari KD di atas buatlah :

  1. Indikator
  2.  Tujuan
  3.  Bentuk Penilaian

Ada sebanyak 15 soal pilihan ganda dan 2 soal uraian. Soal pilihan ganda maksimal nilai 5, jawaban benar 1, alasan benar nilai 4. Uraian sekor maksimal tiap nomor berbeda. Selain soal-soal yang menyangkut kurikulum 2013, juga ada soal-soal matematika murni di mana guru diharuskan bisa mengerjakan dan menjelaskan hasilnya. (semoga bisa buat acuan buat Anda yang akan diklat di sana).

Jadwal kelas dimulai pukul 07.30 sampai 21.30. Pada diklat teknis ini berbeda dengan diklat guru pemandu yang pernah saya ikuti. Diklat teknis tugasnya lebih banyak dan lebih padat. Peserta kebanyakan berasal dari kota yang ada di Propinsi Jawa Tengah yang memiliki kualitas pendidikan lebih maju dari kota Lumajang, belum lagi peserta yang berasal dari Yogyakarta. Di antara mereka juga ada kepala sekolah, bahkan sudah Pasca Sarjana juga ada.

Tugas bertambah menantang saat Ketua Penyelanggara meminta saya untuk mejadi ketua kelas. Mengkoordinasi guru-guru yang baru kenal dengan latar belakang berbeda selama sepuluh hari melelahkan juga. Namun dibalik itu, ada kesempatan lebih dekat dalam berinteraksi dengan tiap personel dan juga pihak penyelanggara.

lumajang masih terbaik dalam diklat strategi pembelajaran kurikulum 2013 dan matematika 1

Acara penutupanpun tiba, pengumuman nilai rata-rata pretes dan postes sudah didengar. Giliran pengumuman peserta terbaik. Peringkat ke 3 diraih oleh Ibu Yarmini, S.Pd dari Magelang, Peringkat ke 2 Bp. Agus Susilo dari Pekalongan, dan Peringat ke 1 Bp. M. Subakri, S.Pd. dari Lumajang. Bersyukur masih bisa mempertahankan peringkat terbaik dalam diklat guru pemandu jenjang dasar dan lanjut. Semoga ilmu yang kami dapatkan bisa bermanfaat bagi siswa-siswi dan guru-guru yang membutuhkan.

Sepulang dari sana kami mendapat surat tugas pengimbasan yang ditujukan ke Kepala Sekolah, Ketua KKG, Ka UPT, dan Ka Dinas. Bagi yang membutuhkan tenaga kami untuk share kami persilahkan.

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on November 18, 2013, in Prestasi guru and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: