beri inspirasi sekecil apapun

anak-anak mulai menikmati bermain, belajar, dan olahragaAkhir kegiatan inti pembelajaran adalah menilai kemampuan kongnitif siswa. Saat anak-anak mengerjakan Lembar Kerja, terasa ingin pergi ke belakang membuang amoniak agar lebih enteng dan sehat. Musim hujan begini, apa lagi daerah lereng gunung udara begitu dingin. Tentunya saat udara dingin sahabat guraru tahu apa yang kita alami. Saat melalui halaman upacara bendera terlihat siswa kelas 1 tercerai berai seperti anak ayam kehilangan induknya. Kelihatannya guru olahraga dan guru kelas 1 sibuk di kantor melengkapi administari (ya, beginilah kondisi sebagian sekolah dasar pinggiran. Sistem pendidikan belum tertata rapi).

kelas 1 mulai bermain bulan-bulanan

kelas 1 mulai bermain bulan-bulanan

Melihat hal itu ingin rasanya mengajak anak-anak bermain. Segera cari ide …. akhirnya, ku buatlah lingkaran besar di tanah. Kujelaskan cara mainnya. Bahasa Indonesia ternyata membuat anak-anak agak sulit memahami, bahasa jawapun kucampurkan di sana. Yang jadi harimau dua anak, sedangkan sisanya jadi kancil. Harimau harus berlari tapat pada garis lingkaran di tanah untuk menangkap kancil. Sedangkan kancil hanya boleh berlari di dalam lingkaran. Jika kakinya menginjak garis lingkaran atau ke luar lingkaran maka dia akan jadi harimau. Jika kancil tersentuh (tertangkap) harimau maka dia jadi harimau, yang jadi harimau jadi kancil masuk ke dalam lingkaran. Begitu seterusnya, bertambah seru jika yang jadi harimau 3 anak.

anak-anak mulai menikmati bermain, belajar, dan olahraga

anak-anak mulai menikmati bermain, belajar, dan olahraga

Sedikit paham langsung saja pakai cara enaktif. Pertama saya langsung jadi harimau. Karena kecepatan berlari yang lebih cepat, anak-anak segera berhamburan di dalam lingkaran. Sedikit saya buat sandiwara, pura-pura tidak bisa menangkap mereka. Suara tawa jadi membahana, teriak gembira membumi, dan tanpa disadari mereka sudah bisa olahraga.

Tanpa kusadari guru kelas satu juga sudah hadir di pinggir permainan. Baru ingat juga bahwa tujuan saya pergi ke kamar kecil belum terlaksana. Aku berpesan ke anak-anak kelas 1 untuk melanjutkan permainan sendiri.

akhirnya, guru kelas 1 juga ikut bersama anak-anak

akhirnya, guru kelas 1 juga ikut bersama anak-anak

Sepintas ku lihat saat menuju ke kelas, guru kelas satu sudah mulai bisa bermain bersama anak-anak. Di ruang kelas 6, siswa kelas 6 masih serius dengan tugasnya. “Ah masih ada sisa beberapa menit”, gumamku di hati.

Sahabat permainan tadi di daerahku disebut “bulan-bulanan”, apa nama di daerah Anda?

finalis 15 besar guraru

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on November 21, 2013, in ceritasekolah and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. di daerah saya nama permainannya kucing&tikus,pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: