hukuman yang tepat bagi siswa tidak mencapai kkm

hukuman bagi siswaMendidik tak lepas dari reward dan punishment. Selain hadiah yang membuat siswa semangat untuk meraihnya. Hukuman juga penting bagi tumbuh kembang siswa dalam pendidikan. Dengan hukuman siswa bisa instropeksi diri, siswa bisa belajar menjadi lebih baik lagi, siswa mengetahui aturan-aturan yang membuat dia harus lebih hati-hati, dan siswa bisa lebih giat dalam belajar.

Banyak model hukuman yang diberikan oleh guru dalam rangka memberikan pelajaran berharga bagi siswa. Tidak jarang juga hukuman yang diberikan kadang malah membuat siswa semakin terpuruk baik fisik maupun psikisnya. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama. Maka yang terjadi siswa akan semakin kesulitan memperbaiki dirinya. Untuk itu diperlukan hukuman yang tepat buat siswa, hukuman yang mendidik, dan membuat siswa segera sadar untuk memperbaiki diri.

Berikut ini contoh hukuman yang tapat dan efektif untuk sisiwa yang tidak mencapai KKM

Jenis hukuman yang saya berikan tergantung dari kesalahan yang mereka buat. Untuk siswa yang mendapat nilai jelek (nalai di bawah KKM), maka hukumannya adalah sujud dan mengucapkan istiqfar dilanjutkan mengucapkan, “Saya akan rajin belajar”. Manfaatnya dari hukuman ini antara lain :

  • Siswa bisa ingat dengan Allah, ketika ingat maka dia lebih tenang, lebih yakin Allah akan membantunya.
  • Dengan mengucapkan kata, “Saya akan rajin belajar” diharapkan secara psikologis di otak bawah sadar siswa tertanam keinginan belajar lebih giat.
  • Dengan posisi sujud membuat aliran darah menuju otak lebih deras. Suplai darah yang lancer ini membuat kebutuhan darah diotak terpenuhi dengan baik. Dengan demikian siswa lebih mudah konsentrasi.
  • Sebagai sarana refresing bagi siswa.

Kapan hukuman ini diberikan? Hukuman ini diberikan bias saat siswa mengerjakan soal tugas harian, PR, atau ulangan harian. Yang lebih efektif adalah pada tugas harian, karena tugas harian dikerjakan saat pembelajaran. Anak-anak mengumpulkan tugas ke depan dengan antri. Guru memamnggil siswa sesuai dengan kelompok nilai. Misalkan yang pertama dipanggil siswa yang mendapat nilai 100. Kelompok berikutnya nilai 90 ke atas. Kelompok 80 ke atas, dan seterusnya. Ketika kelompok siswa yang medapat nilai di bawah KKM sebelum dinilai siswa melakukan hukuman sujud tersebut. Di usahakan antrian laki-laki dan peremuan dibuat berbeda. Misalkan yang laki-laki mengumpulan sebelah kanan guru dan yang perempuan sebelah kiri.

  • Jumlah banyaknya kata yang harus diucapkan tergantung nilainya. Misalkan Pelajaran Matematika KKMnya 60, maka :
  • Jika nilia 50 sampai 59 sambil sujud menducapkan istiqfar sebanyak 33 kali dan kalimat, “saya akan rajin belajar” sebanyak 15 kali.
  • Jika nilia 40 sampai 49 sambil sujud menducapkan istiqfar sebanyak 45 kali dan kalimat, “saya akan rajin belajar” sebanyak 20 kali.
  • Jika nilia 30 sampai 39 sambil sujud menducapkan istiqfar sebanyak 55 kali dan kalimat, “saya akan rajin belajar” sebanyak 25 kali.
  • Jika nilia 20 sampai 29 sambil sujud menducapkan istiqfar sebanyak 66 kali dan kalimat, “saya akan rajin belajar” sebanyak 33 kali.

Untuk selanjutnya tergantung dari kebijakan guru masing-masing.

Bagai mana dengan pendapat sahabat AYO MENDIDIK? Ada masukkan? atau ada IDE yang lebih jitu yang lebih Efektif, Efisien, dan pastinya MENDIDIK?

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 7, 2013, in Inovasi Pembelajaran and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. artikel yang sangat bermanfaat pak, ijin share

  2. Menarik sekali, Pak.
    Saya juga pernah melakukan yang tidak jauh beda. Ada satu kelas yang agaknya ndableg semua. Lalu, hari itu karena tugas yang saya berikan hanya dikerjakan beberapa anak saja, saya ajak mereka ke masjid. saya suruh mereka memperbaiki wudhu, lalu menanamkan tentang hakikat dan cara shalat, berharap hati mereka dapat terbuka. saya katakan bahwa sesungguhnya antum itu baik dan tanamkan itu dalam diri antum.
    hehe..

    mari kunjungi juga: http://www.tintaguru.com/2013/12/pendidikan-di-era-digital.html
    salam

  1. Ping-balik: Hukuman yang tepat untuk nilai siswa di bawah KKM • Guraru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: