stop motion baik untuk animasi pembelajaran

Steven SutantroApa itu Stop Motion?

Stop Motion adalah sebuah teknik animasi untuk membuat manipulasi seolah-olah objek yang diam bergerak. Sebuah benda atau gambardibuat bergerak dengan cara menyatukan frame foto yang berbeda dengan menciptakan ilusi dari gerakan ketika kumpulan frame foto dimainkan dengan berkelanjutan.

Mengapa Stop Motion?

Stop Motion bermanfaat untuk menggambarkan teori-teori yang berkaitan dengan proses terbentuknya sesuatu. Dengan menyatukan foto-foto yang berbeda dari suatu gambar atau objek, kita bisa mendapatkan gambaran proses terjadinya sesuatu dengan animasi yang  menarik. Berkaitan dengan materi Geografi kelas 10 “Teori terjadinya jagat raya, tata surya, dan bumi serta pergerakan lempeng tektonik.”

Saya memilih stop motion untuk memudahkan siswa mendesain proses terbentuknya berbagai macam bentuk jagat raya, tata surya, dan bumi menurut pemahaman dan kreativitas mereka dengan menggunakan stop motion. Dengan visualisasi proses yang dilakukan siswa, saya berharap materi ini pun menjadi pengalaman yang tidak pernah terlupakan oleh mereka. Misalnya, jika mereka ingat teori terbentukya tata surya, mereka akan ingat objek/gambar stop motion yang akan selalu dikenang.

Bagaimana pelaksanaan tugasnya?
Pertama, siswa menyimak penjelasan dasar materi teori terjadinya jagat raya, tata surya, dan bumi. Untuk memberikan contohnya, saat itu saya tidak menggunakan stop motion. Tapi saya menggunakan PsykoPaint untuk menggambarkan proses yang terjadi dalam teori pembentukan jagat raya, tata surya, dan bumi.

Apa itu PsykoPaint?

Psykopaint adalah aplikasi menggambar baru yang memberikan kebebasan untuk para penggunanya melukis dengan berbagai macam jenis kuas yang bervariasi. Saya menggunakan aplikasi ini untuk menggambarkan proses teori terjadinya jagat raya, tata surya, dan bumi. Berikut adalah beberapa lukisan hasil dari psykopaint.

Bp. Steven Sutantro

Bp. Steven Sutantro

Mungkin terlihat berantakan, kacau, dan tidak teratur tapi justru perpaduan warna yang unik inilah yang menarik perhatian siswa dan saya pun mengingatkan begitulah kalau manusia ‘menciptakan’ tiruan jagat raya, tata surya dan bumi. Sangat buruk dan kacau. Disinilah saya menyatakan bahwa hanya Tuhanlah yang sanggup menciptakan keteraturan dan keindahan dalam jagat raya kita yang begitu luar biasa. Caranya? Tidak ada yang tahu. Hanya Tuhan yang tahu dan manusia hanya bisa memprediksi dengan berbagai macam teori yang akan digambarkan dalam materii ini.

Kemudian, setelah materi selesai dijelaskan,  siswa dibagi dalam 5 kelompok yang masing-masing diberi tugas sebagai:

1. Designer: Menggambar objek/menyiapkan objek untuk difoto (Bisa 2 siswa karena banyak gambar dan objek yang harus disiapkan.

2. Fotographer: Memotret gambar-gambar tersebut.

3. Video Editor: Menggabungkan gambar-gambar tersebut dan menjadikannya dlm video.

4. Social Media manager:Upload video di YouTube dan menggumpulkan like dan komentar sebanyak-banyaknya.

Setelah siswa membagi tugasnya dalam kelompok, siswa juga diberi kesempatan mempersiapkan proses pembuatan projek tersebut.

Bagaimana hasil video-videonya?

Saya dibuat kagum dengan siswa-siswa yang mendesain stop motion mereka. Kreatif, menarik, unik dan simpel. Mereka mencoba mensimplifikasi konsep yang mereka pelajari dengan bentuk animasi stop motion yang simpel namun dengan perpaduan objek, warna, dan gambar yang tiada bandingannya. Bahkan, saya tidak percaya siswa SMA kelas 10 bisa membuat karya-karya terbaik dengan teknologi tersebut. Setiap hasil karya Video stop motion memang memiliki ciri khas masing-masing yang tidak bisa dibandingkan.

Apa itu Stop Motion Festival?

Stop Motion Festival ini sebenarnya merupakan kegiatan yang mengapresiasi setiap film yang didesain siswa dengan menampilkan setiap film siswa di YouTube dan memberikan komentar deskriptif tentang film-film yang siswa rancang. Sebagian besar, saya hanya bisa berkata “KEREN bangeeet!!” karena benar-benar saya tidak menyangka hasil karya stop motion yang mereka hasilkan begitu kreatif, unik dan menarik. Meskipun ada beberapa kekurangan minor yang perlu diperbaiki, saya memberikan komentar dan masukan singkat untuk memaksimalkan stop motion yang mereka buat. Disini saya juga menunjukkan komentar dari orang-orang yang menonton video ini di YouTube. Saya rasa ini penting sekali agar siswa didorong untuk belajar menerima komentar dan memberi komentar dengan spesifik, detil dan didukung dengan argumen yang bangun.

you

Mengapa lewat YouTube?

Bayangkan jika tugas-tugas siswa hanya tersimpan dalam CD/flashdisk/komputer sekolah yang bisa saja dengan mudah terhapus atau terlupakan oleh siswa maupun guru. Ini saatnya siswa ditantang untuk membuat hal terbaik yang dapat dinilai bukan hanya oleh guru dan siswa di dalam kelas saja, tetapi oleh penduduk dunia ini.

Lewat YouTube, siswa jadi termotivasi untuk menjadi “bangga” dan memiliki “ownership” atas tugasnya dengan menyebarkannya ke teman-temannya dan meminta komentar yang membangun. Meskipun saya akui masih banyak hal yang mereka perlu pelajari dalam memasukkan credit lagu yang digunakan dan memberikan komentar yang lebih mendetil tentang video yang lain.

Saya bahkan menegaskan bahwa mereka baru saja meninggalkan jejak seumur hidup dimana tugas mereka ini dapat dilihat oleh penduduk  dari seluruh dunia dan mungkin suatu saat nanti akan digunakan oleh guru, siswa, dosen, maupun orang-orang yang ingin belajar geografi maupun teknik stop motion. Lewat upload video di YouTube, kita baru saja menorehkan sejarah baru yang dapat menginspirasi siapapun di dunia ini. Disinilah kita sama-sama membahas bagaimana YouTube sebagai salah satu media sosial dapat digunakan menjadi sarana menyebarkan hal-hal yang inspiratif dan membangun sesama.

Bagaimana Kriteria Penilaian Stop Motion?

Saya menggunakan 4 kriteria dalam menilai stop motion yaitu kelengkapan materi yang disampaikan, kreativitas objek/gambar stop motion, Efektivitas Video effects dan kesesuaian format dimana siswa diminta mengumpulkan like dan komentar yang terbanyak dan dikumpulkan tepat waktu. Berdasarkan kriteria itulah proyek siswa dinilai. Namun, saya juga memberikan penghargaan pada beberapa karya siswa yang memiliki keunikan dan desain dengan mengadakan Online Stop Motion Awards.

Mengapa Online Stop Motion Awards?

Alasan utama saya melakukan Online Stop Motion Awards adalah untuk mengapresiasi karya-karya terbaik siswa kelas 10 yang terdiri dari 5 kelas 10.1, 10.2, 10.3, 10.4, dan 10.5. Saya yakin lebih dari sekedar nilai angka, dibutuhkan komentar deskriptif yang memberikan gambaran secara utuh tentang karya siswa. Terbatasnya sesi pelajaran Geografi di sekolah saya untuk mengadakan Stop Motion Awards.

Untuk menyeleksi 25 video stop motion dari 5 kelas ini tidaklah mudah. Setiap video memiliki ciri khas dann keunikan yang begitu berbeda sehingga sulit bagi saya menilai karya stop motion ini dan memilih penghargaan karena perbedaan nilai dari kriteria masing-masing rubrik begitu tipis. Akhirnya, saya memilih mengumumkan hasil karya siswa terbaik dari berbagai kategori lewat blog ini dan twitter dengan mention twitter siswa yang telah menciptakan karya yang terbaik sesuai denan kategorinya.

you

Siapa saja yang mendapat Online Stop Motion Awards?

Baiklah, tiba saatnya mengumumkan karya terbaik dari karya-karya siswa yang terbaik di Online Stop Motion Awards.

1. Kategori Topik:

Outstanding “Universe Formation”Theory

X5: Bethania Shelene,Patricia Evelyn,Ian Nathaniel,Debbie,Triandhy

http://t.co/E4JzXenl5F

Video ini menggambarkan teori pembentukan jagat raya dengan teknik pengambilan gambar yang jelas, akurat, dan detil didukung dengan efek suara dan musik yang memberikan harmoni yang tepat menggambarkan gambaran pembentukan jagat raya yang penuh dengan warna-warna yang sangat indah.

Outstanding “Solar System Formation ” Theory

X3 Iskandar, Calvin, Helen, Lavenna, Livia

http://t.co/WeaDrMXyeP

Video ini mengkolaborasikan berbagai macam objek yang unik dan menarik dalam menggambarkan teori tata surya dengan detil, spesifik didukung dengan musik yang tenang dan ketajaman proses video effects dan keharmonisan berbagai elemen gambar benar-benar membuat stop motion yang luar biasa menarik.

Oustanding “Solar System”

X5 Renno, Cindy, Flinn, Natasha, Teresa

http://t.co/kmHkOGxfqt

Kekuatan warna dan perpaduan gambar planet-planet menjadi elemen yang tak terlupakan dalam video ini. Gambaran meteor, asteroid, dan elemen-elemen tata surya diharmonisasi dengan lagu yang begitu indah membuat pengalaman tak terlupakan menonton video ini.

Outstanding “Earth Formation”  Theory

x1 Nicholas, Shelly, Filia, Virya, Ervina

http://t.co/OoOJDGQm3b

Penggambaran peta yang simpel, menarik, dan spesifik membuat video ini menjelaskan pembentukan bumi dengan begitu indah didukung dengan efek suara dan berbagai macam efek stop motion yang rapi, simpel dan menarik.

Outstanding “Tectonic Plate” Movement

X4 Jason Langi, Liana Hadinata, Marcella Risye, Nadia Jessica, Ricky Lenno

http://t.co/ILMhoYTxgk

Ide menggambarkan pergerakan lempeng tektonik dalam TV sangat mengagumkan! Penggambaran pembuatann lempeng yang detil dan menarik disertai penggambaran gempa bumi dan vulkanisme yang rinci dan menarik lengkap dengan magma yang keluar dari gunung berapi  membuat stop motionini begitu lengkap, nyata dan unik.

2. Kategori Soundtrack:

Video dengan soundtrack terbaik yang dipadukan dengan stop motion

X3 Ariel, Sheila, Heidi, Richard

Pemilihan soundtrack bukanlah berdasarkan lagu kesukaan saya, tetapi bagaimana soundtrack itu dipadukan dengan pergerakan stop motion dengan harmonis. Inilah yang ditampilkan dalam stop motion ini. Mulai dari musik opening, hingga efek suara “Bang” dari Big Bang sampai musik yang mengiringi planet dan benda langit menari-nari merajut melodi yang harmonis antara stop motion dengan soundtrack.

3. Kategori Video Editing Terbaik:

Video dengan perpaduan warna,  lighting, sound effect, dan video editting terbaik:

X3 Iskandar, Calvin, Helen, Lavenna, Livia

Perpaduan warna yang tiada bandingannya ditambah lighting yang maksimal didukung alunan musik yang tenang  serta pergerakan stop motion yang halus membuat stop motion ini menampilkan gambaran teori terjadinya tata surya yang tidak terlupakan.

4. Kategori Best Pictures:

Video dengan gambar/objek yang terunik dan terbaik

X2. Arlene, Lidya, Anggia, Jovin, Michael

 http://t.co/yemh3CiA6t

Simpel, menarik, dan unik. Inilah gambaran objek yang menyerupai anime menyampaikan cerita teori terbentuknya tata surya dengan begitu hidup. Penggambaran yang rapi, nyata dan spesifik menampilkan stop motion dengan gambar-gambar objek yang terbaik yang akan selalu diingat.

5. Kategori Social Media Favorites:

Video dengan like dan komentar terbanyak

X4 Jason Langi, Liana Hadinata, Marcella Risye, Nadia Jessica, Ricky Lenno

http://t.co/ILMhoYTxgk

Video yang memiliki jumlah like dan komentar positif yang terbanyak Dengan like sekitar 75 dan komentar 38 membuat video ini menjadi video ter”EKSIS” di sosial media. Salut dengan manajemen media sosial di kelompok ini yang terus menyebarkan dan membanggakan karyanya di media sosial. Semoga banyak orang yang akan terinspirasi dari karya-karyanya.

Selamat buat penerima penghargaan Online Stop Motion Awards!

Dengan penghargaan ini, saya berharap siswa dapat memahami kriteria karya stop motion yang efektif, juga mengerti kelebihan dan hal yang harus mereka tingkatkan ke depan nantinya agar mereka pun terpacu untuk menciptakan karya yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Bagi yang belum meraih penghargaan apapun, jangan berkecil hati karena setiap video kalian tetap memiliki kekhasan yang tiada bandingannya.  Melalui Awards ini, saya berharap kalian tetap terus berkarya dan memberikan yang terbaik. Untuk mengapresiasi setiap karya siswa yang unik, saya menampilkan seluruh video stop motion karya siswa kelas 10 disini:

Simak video-video stop motion yang tak kalah serunya disini yang dapat anda akses di blog saya:

http://www.edutechpost.wordpress.com

1. Teori Terjadinya Jagat Raya

X1 : Arista, Juventia, Benson, Jayson, Karina

X2: Alvin, Erika, David, Kezia, Vanessa

X3 Ariel, Sheila, Heidi, Richard

X4 Caroline, Tika, Avelino, Megawati, Vincent

X5: Bethania Shelene,Patricia Evelyn,Ian Nathaniel,Debbie,Triandhy

2. Teori Terjadinya Tata Surya

X1  Audrey, Michelle, Janet, Joshua, Arief, Andy

X2. Arlene, Lidya, Anggia, Jovin, Michael

X3 Iskandar, Calvin, Helen, Lavenna, Livia

X4 Riando Standy, William Lawrence, Karina Putri Gozali, Evelyn Fiorencia, Chavia Zagita.

X5 Leonardo, Amanda, Fiona, Jeremy, Rhency, William

3. Sistem Tata Surya

X1 Audrey, Michelle, Janet, Joshua, Arief, Andy

X2 Caroline, Riyan, Geraldo, Kenzia, Patrick

X3 Clara, Joceline, Matthew, Wilbert, Clara, Maria

X4 Selvina, Giovanny, Leonny, Ferdinandus, Christine

X5 Renno, Cindy, Flinn, Natasha, Teresa

4. Teori Terbentuknya Bumi

x1 Nicholas, Shelly, Filia, Virya, Ervina

X2. Christabella, Luana, Hansen, Kevin, Tyfanny

X3 Sheilin, Daud, Feren, Andre, Yossie

X4  Celly, Timi, Rudy, Brian, and Lieping

X5 Richard, Andre, Gabriela, Nadia L, Gabrielle

5. Gerakan Lempeng Tektonik

X1 Francisca, Jennifer, Jason, Reynaldo, Sarah

(Maaf, video siswa ini diblog karena tidak mencatumkan credit lagu)

X2 Fredrik Venessa Stefano Venny Kenny Ingrid

X3 Sephia, Felicia, Kenny, Monica, Handhika

X4 Jason Langi, Liana Hadinata, Marcella Risye, Nadia Jessica, Ricky Lenno

x5 Shania, Clara, Thomas, Nikita, Timothy

Demikian bagaimana cara saya menggunakan Stop Motion di kelas Geografi saya. Saya berharap melalui metode ini, anda dapat terinspirasi menggunakan stop motion dalam kegiatan pembelajaran anda sesuai dengan keunikan pelajaran anda.

Saya berharap melalui sharing ini, kita dapat berlatih dan melatih siswa kita mendokumentasikan proyek-proyek dalam pembelajaran kita di media sosial yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dan tentunya akan menjadi kenangan yang manis bagi guru maupun siswa sampai selamanya.

Yuk berbagi pengalaman terus, Guraru!

http://www.edutechpost.wordpress.com

@StevenSutantro

http://guraru.org/guru-berbagi/belajar-berbagi-lewat-stop-motion/

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 14, 2013, in IT and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: