google docs perbaikan hasil ulangan via blog

Rudy HilkyaSeringkali seusai memberikan tes atau ujian kepada peserta didik, para guru dipusingkan dengan hasil yang belum tentu mencapai target. Apakah itu namanya ketuntasan sesuai kriteria minimal atau sesuai target yang diharapkan. Nah, karena guru-guru era baru itu rada-rada ngga gaptek salah satunya mengoptimalisasi pemanfaatan web blognya daripada tidak ditulis karena kehabisan ide atau belum mendapat ilham.

Bagaimana memasukkan formulirnya ke dalam blog? Iseng-iseng pertama kali dulu saat saya mendaftar Lomba Guraru, pengelola guraru juga menggunakan kuesioner semacam ini yang dibuat di Google Docs. Ya, benar saya menggunakan google docs untuk membuat formulir dan selanjutnya formulir ini bisa di-embed atau ditempel di blog kita menggunakan fasilitas kode html iframe.

Bp. Rudy Hilkya periah juara 2 Guraru Eward, guru kimia

Bp. Rudy Hilkya periah juara 2 Guraru Eward, guru fisika

Cara memasukkan formulirnya gampang saja, setelah formulir yang Bapak atau Ibu buat sudah jadi tinggal di-send form kemudian nanti muncul kode “embed” yang bisa di-copy dengan menekan tombol control+C atau klik “copy” pada form

utk-mengambil-kode-paste share

Untuk memastikan formulir berjalan dengan baik klik View Live Form.

Berikut adalah tautan Formulir langsung yang sudah saya buat dan yang saya tempel dalam blog pribadi :

https://docs.google.com/forms/d/1Ez9v6PqCs4WLlv4CBC7W0oHu6v7wSHcCxiRQZhaSxN4/viewform (untuk bisa melihat formulir ini, pertama-tama jika ada kesulitan Bapak-Ibu harus login akun google-nya dulu agar terdaftar menggunakan google docs -> mumpung masih gratis)

http://fisikarudy.wordpress.com/2013/12/12/kuesioner-jawaban-uas-fisika-20132014/

Demikian tips sederhana jika para Guraru hendak melakukan perbaikan atau mendapatkan jawaban dari siswa menggunakan fasilitas formulir online dan hasil jawaban siswa dapat dilihat pada table response

Tabel Respon Kuesioner

setelah para siswa yang kita targetkan mengisi kuesioner tadi, tabel respon hasil centangan bisa kita masukkan ke dalam moda pemeriksaan jawaban dengan excel :D

Masih melalui formulir google docs ini, kita bisa menganalisis pilihan jawaban atau efektivitas distraktor soal yang kita buat karena disediakan bentuk grafis pilihan dari para partisipan :D di samping itu, tabel respon juga bisa memberikan indikator-indikator pengukuran yang kita inginkan (apakah dikirim langsung menuju email atau kita unduh sendiri).

Selain itu, formulir ini memungkinkan kerjasama antar guru menggunakan internet karena bisa di-bagi untuk di-edit bersama-sama (kolaborasi).

Jika Bapak/Ibu ingin mencoba moda pemeriksaan dengan excel yang saya pergunakan untuk menilai hasil UAS atau ulangan siswa silakan diunduh file berikut :

periksa-uas-excel-mentahan (versi 1)
periksa-uas-excel-mentahan (versi 2)

Ada dua macam file xls dan xlsx yang saya unggah, takutnya tidak bisa dibuka di komputer Bapak/Ibu karena formatnya berbeda dengan format asli yang saya buat. Saya menggunakan Office 2013 untuk mengelolanya. Namun sudah saya siapkan agar kompatibel dengan office 97-2010 :D

Selamat berlatih dan mencoba !manifestasi

suber : http://guraru.org/guru-berbagi/perbaikan-hasil-ulangan-via-blog/#comment-23001
Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 15, 2013, in IT and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Saya guru fisika Pak, 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: