Gamification Berbasis Blog

Hai..Guraru! Bulan yang lalu, Blog guraru banyak mengulas tentang model pembelajaran Gamification, masih ingat ‘kan? Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang cara menerapkan konsep gamification pada pembelajaran berbasis blog. Sebab saya yakin diantara guraru ini banyak yang menggunakan media blog untuk pembelajarannya ya.. :D

Nah, sebagaimana telah kita ketahui, bahwa konsep gamification adalah menerapkan teknik game (permainan) ke dalam teknik non-game (pembelajaran) dengan tujuan untuk menarik dan meningkatkan peran aktif siswa kita dalam proses pembelajaran. Penerapan gamification ini dapat dilakukan dengan cara memberikan reward berupa nilai/poin kepada siswa yang aktif agar siswa termotivasi untuk belajar dan meningkatkan prestasi mereka.

Gambar berikut adalah salah satu contoh penerapan gamification pada blog, pasti guraru sudah tidak asing dengan wajah mereka kan? :D

cubepoints

Jika anda mau, dapat menerapkan konsep gamification ini pada blog kita, dengan cara memberikan penghargaan berupa nilai/point kepada siswa yang aktif supaya mereka rajin mengakses dan belajar dari blog kita. Namun kali ini hanya untuk blog yang berbasis WordPress ya…

Adalah CubePoints, sebuah plugin wordpress yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan interaktifitas siswa pada media pembelajaran blog kita. Plugin ini memungkinkan kita untuk memberikan point kepada siswa yang aktif berdiskusi, memberikan komentar bahkan siswa yang aktif mengirim artikel/postingan pada blog.

Untuk menerapkannya, kita hanya perlu mengunduh plugin tersebut melalui situs resmi WordPress dan menginstal serta mengaktifkan plugin tersebut seperti biasa. Setelah kita mengaktifkannya, maka menu CubePoints akan tampil pada deretan sidebar sebelah kiri.

Selanjutnya kita dapat melakukan pengaturan nilai/point pada menu Configure seperti pada gambar di atas.

Untuk menampilkan point tersebut pada blog, kita dapat mengaturnya melalui menu Appearance > Widget dan tempatkan widget CubePoints tersebut pada tempat (sidebar) yang diinginkan.

Berikut adalah contoh tampilan widget CubePoints :

Plugin tersebut secara default tidak menampilkan avatar user yang mendapatkan point. Namun dengan sedikit modifikasi pada script php-nya kita dapat menampilkan avatar siswa kita tersebut. (Untuk menampilkan Avatar, akan saya bahas pada postingan tersendiri :D)

Dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif pada blog pembelajaran kita, diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong siswa dalam belajar dan berperan aktif dalam blog pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar mereka.

Jika guraru tertarik mencobanya, langsung saja download plugin-nya dan undanglah siswa anda untuk berpartisipasi aktif dalam blog anda. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat :D

Referensi :

http://www.wpbeginner.com/plugins/add-points-system-ignite-user-engagement/

Oleh : Ibu Miroh

Print

 

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 19, 2013, in IT and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: