discovery learning media hp membuat pembelajaran perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan lebih bermakna

3 tunas adventif_cocor bebekLiburan kali ini adalah obat bagi saya menyembuhkan rasa sakit untuk mengungkapkan seluruh kejadian bersama siswa-siswi saat kegiatan mengajar dan belajar pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Karena selama ini kegiatan-kegiatan tersebut tidak sempat tertuliskan. Mudah-mudahan hal ini bisa bermanfaat bagi saya untuk perbaikan pembelajaran di semester selanjutnya. Bertambah bersyukur jika guru-guru yang bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.

kelompok tunas adventif menemukan cocor bebek

kelompok tunas adventif menemukan cocor bebek

Untuk mengajarkan perkembangbiakan vegetative alami saya menggunakan discovery learning sebagai tugas rumah. Kegiatan ini kami lakukan mengingat latar belakang lingkungan siswa yang benar-benar alami. Terdapat banyak ragam tumbuhan yang tumbuh di lingkungan mereka. Jika memang ingin mengeksplor diri mereka ada hutan di sekeliling desa yang bisa digunakan untuk tempat praktikum.

Tugas ini sebagai pekerjaan rumah dengan harapan waktu belajar lebih lama dan lebih banyak. Dikerjakan dengan kelompok yang rumahnya berdekatan untuk mempermudah koordinasi dan membentuk jejaring.

kelompok umbi batang praktik di samping rumah

kelompok umbi batang praktik di samping rumah

Berikut langkah-langkah kegiatanya :

APERSEPSI GURU

Memberikan langkah-langkah kerja discovery learning kepada siswa pada kegiatan akhir pembelajaran sebagai rambu-rambu agar siswa mudah melaksanakan.

TUGAS TEAM (KELOMPOK)

Tugas ini merupakan tegas team. Bekerja bersama membelajarkan siswa untuk berbagi mencapai kesuksesan lebih cepat dan produktif. Selain itu juga untuk menutupi kekurangan yang ada di setiap individu. Membangun kedekatan psikologis agar siswa mudah berbagi. Nama kelompok diambil dari jenis-jenis perkembang biakan vegetative alami.

kelompok spora menemukan pakis

kelompok spora menemukan pakis

DISCOVERY LEARNING SEBAGAI PEKERJAAN RUMAH

Siswa bersama kelompoknya mencari berbagai jenis perkembang biakan vetatif alami pada tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan mereka. Satu jenis perkembangbiakan vetatif alami bisa banyak tumbuhan. Jika sudah menemukan mereka mengabadikannya dengan memfotonya. Ada dua jenis foto : Foto yang pertama menunjukkan aktivitas kegiatan kelompok, dan foto ke dua fokus pada tumbuhan dan jenis perkembang biakkannya.

kelompok geragih kompak dan terampil

kelompok geragih kompak dan terampil

PENGUMPULAN TUGAS

Siswa mengumpulkan tugasnya dengan cara menyerahkan memori foto kepada guru. Semua foto diberi nama file dengan susunan : nomor kelompok nama kelompok jenis perkembang biakan nama tumbuhan contoh : 1 tunas rizhoma kunyit

kelompok umbi batang menemukan di ladang penduduk

kelompok umbi batang menemukan di ladang penduduk

PRESENTASI TEMUAN

Langkah terakhir adalah masing-masing kelompok pada pertemuan yang sudah ditentukan mempresentasikan kepada kelompok lain. Seperti biasanya ada yang bertugas sebagai moderator, tim penyaji, dan penulis.

hasil temuan-temuan siswa

hasil temuan-temuan siswa

hasil temuan-temuan siswa

hasil temuan-temuan siswa

hasil temuan-temuan siswa

hasil temuan-temuan siswa. masih banyak yang lain yang belum bisa kami upload di sini

PENILAIN

Kegiatan ini adalah rangkaian dua kegiatan, kegiatan rumah dan Presentasi. Untuk pekerjaan ruman tentunya penilaian dari hasil (file) semakin banyak semakin bagus, kecepatan mengumpulkan tugas, kegiatan yang tergambar dari aktivitas kelompok pada foto. Untuk presentasi penilaiannya adalah kemampuan menyajikan data, menjawab pertanyaan, bertanya dan menanggapi penampilan penyajian dari kelompok lain.

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 25, 2013, in inovasi pembelajaran IPA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. saya mohon ijin untuk melaksanakan di sekolah terimakasih

  2. betul-betul mengimplementasikan kurukulum 2013…walaupun bukan sekolah target kurikulum 2013 tahun ini (setidaknya roh kurikulum 2013 sudah dihembuskan di sini)…sebenarnya kurikulum apapun namanya, sejak ada sekolah…pembelajarannya model begini sudah ada..namun masih jarang bapak/ibu guru menerapkannya kepada siswa…tinggal ditambah pemanfaatan peralatan sarana yang ada di sekitar siswa..hebat tetul-betul digital native dipadukan dengan digital immigrant…sangat menginspirasi kita semua….banyak orang pintar tapi sedikit yang peduli…ayo kita peduli…Ayo Kita Mendidik…Mengajar Sehari Menginspirasi Seumur Hidup…

  3. untuk foto presentasi menyusul … lupa tidak di upload, maaf 🙂

  1. Ping-balik: HP ALTERNATIF TERMUDAH DALAM PRAKTIKUM MENCARI DEBIT • Guraru

  2. Ping-balik: kontekstual learning media botol air mineral untuk memahami debit • Guraru

  3. Ping-balik: kontekstual learning media botol air mineral untuk memahami debit | ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: