project based learning dalam pembagian rapor semester ganjil sd desa

Project Based Learning dalam Pembagian Rapor Semester Ganjil SD Desa pembagian hadiah 3 terbaikRekan-rekan guru wali kelas 1 sampai dengan kelas 5 hari Jum’at tanggal 20 Desember 2014 kemarin sudah membagi rapor semester ganjil. Saya wali kelas VI belum bisa membaginya, karena 2 hari sebelumnya ada kegiatan Pelatihan The Art of Teaching. Nilai dari beberapa guru mata pelajaran juga belum masuk. Alhmadulillah, meskipun hari libur. Tepatnya tadi pukul 08.00 WIB (Rabu, 25 Desember 2013) rapor itu sudah bisa kami bagi. Mengingat hari libur tidak ada rekan guru dan TU. Jarak rumah ke sekolah kira-kira 25 km, maka dengan koordinasi lewat HP saya minta siswa sebagai panitianya. Bersyukur kegiatan berjalan lancar dengan Project Based Learning yang siswa-siswi lakukan.

sambil melihat tampilan di layar. Saya ajak Bp/Ibu Wali Murid berkenalan untuk membangun kedekatan

sambil melihat tampilan di layar. Saya ajak Bp/Ibu Wali Murid berkenalan untuk membangun kedekatan

Bagian Informasi

Siswa bagian ini bertugas memberikan info ke seluruh wali murid. Kondisi lingkungan lereng gunung komunikasi mulut ke mulut adalah salah satu jalan yang efektif. Ada beberapa juga yang via HP (bagi yang punya).

Bagian Cleaning Service

Seluruh siswa datang pagi dan membersihkan ruang kelas dan halaman sekitar

Bagian IT

2 Siswa dan 1 Siswi menyiapkan LCD Proyektor dan Multimedia (Alhamdulillah anak-anak desa juga bisa memasang perangkat tersebut)

Kegiatan seperti saya gunakan untuk sharing dan motivasi agar-agar wali murid lebih penduli terhadap pendidikan anak-anaknya dan memperhatikan perkembangan ahlaq. Karena di desa kabanyakan hanya pasara ke sekolah

Kegiatan seperti ini saya gunakan untuk sharing dan motivasi agar-agar wali murid lebih penduli terhadap pendidikan anak-anaknya dan memperhatikan perkembangan ahlaq. Karena di desa kabanyakan hanya pasrah ke sekolah

Penerima Tamu

2 siswi bertugas menerima tamu dan mempersilahkan wali murid duduk di tempatnya

Fotografi

1 siswi bertugas mengambil gambar

Reporter

Seluruh siswa diberi tugas menulis reportase tentang kegiatan pembagian rapor tersebut.

Presentasi dimulai dengan penyampaikan prestasi yang sudah kami raih selama semester kemarin. Tampilan kegiatan anak-anak outbound, praktik ipa, praktik mtk, praktik KTK, dan beberapa foto lain. Sharing dan motivasi membentuk anak yang berahlaq. Sempat juga ada yang meneteskan air mata saat diputarkan video motivasi. Acara inti pengumuman 3 besar dan pembagian rapor.

pembagian hadiah buat wali murid yang putra-putrinya peringkat 3 terbaik

pembagian hadiah buat wali murid yang putra-putrinya peringkat 3 terbaik

Alhamdulillah, nampak senyum bahagia dari wajah wali murid dan terpancar motivasi untuk membuat anak-anak mereka lebih baik. Saya pulang bersamaan 4 siswa dengan kabut pekat menyelimuti SD tercinta. Dengan bantuan mantel aku nemebus ke luar desa memenuhi undangan acara Launcing Majalah Sakinah di kota. Semoga lebih baik. Terima kasih bantuan siswa-siswiku.

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 25, 2013, in inovasi pembelajaran, Inovasi Pembelajaran and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Sangat menginspirasi guru untuk lebih dekat dengan orang tua/wali murid….sehingga tercipta komunikasi untuk prestasi siswa terutama membentuk karakter siswa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: