kontekstual learning media botol air mineral untuk memahami debit

kontekstual learning media botol air mineral untuk memahami  debit dibutuhkan gelas ukur untuk mengetahui volume yang tepatBagaimana Anda mengajarkan materi Debit di kelas VI semester 1? Ayo bagi ilmunya dong ….. Di sekolah kami, setiap mengajarkan materi Debit menggunakan Pembelajaran Kontekstual Learning Media Botol Air Mineral. Mengingkat botol air mineral banyak kita temukan, maka sambil membantu Pak Sampah kita manfaatkan saja.

ontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-tugas-ini-harus-dikerjakan-dengan-tim-yang-kompak

ontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-tugas-ini-harus-dikerjakan-dengan-tim-yang-kompak

Mari kita pelajarai bersama-sama.

# Alat dan Bahan :

  • 2 botol air mineral
  • 2 timba
  • Paku
  • Lilin
  • Korek api
  • Stopwatch/  HP/  Jam tangan digital
  • Gelas ukur
  • Papan untuk menulis
  • Papan nama kelompok
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-dibutuhkan-gelas-ukur-untuk-mengetahui-volume-yang-tepat

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-dibutuhkan-gelas-ukur-untuk-mengetahui-volume-yang-tepat

# Langkah-langkah pembelajaran :

Sebelum Pelaksanaan :

  • Guru menyampaikan alat dan bahan sebelum pelaksanaan kegiatan
  • Membuat kelompok, tiap kelompok menentukan nama dengan istilah matematika
  • Siswa menyiapakan alat dan bahan dengan kelompoknya
  • Guru Menyiapkan Lembar kerja siswa
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-hasil-lembar-kerja-siswa

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-hasil-lembar-kerja-siswa

Saat Pelaksanaan :

  • Untuk membut lubang pada botol air mineral menggunakan paku dan api dari lilin. Guru yang melakukan dengan harapan diameter lubang air sama besar.
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-melubangi-pakai-paku-dan-lilin

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-melubangi-pakai-paku-dan-lilin

  • Lebih asyik kegiatan tidak dilakukan di dalam kelas, ajak anak-anak untuk mencari tempat yang sejuk dan menggembirakan. Ladang tetangga sekolah juga boleh.
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-kegiatan-di-luar-ruangan-lebih-asyik

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-kegiatan-di-luar-ruangan-lebih-asyik

  • Mulai kegiatan dengan berdoa agar lebih mudah dan berhasil (menanamkan Kompetensi Inti 1 dalam Kurikulum 2013)
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-diawali-dengan-berdoa-biar-berkah

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-diawali-dengan-berdoa-biar-berkah

  • Siswa mengisi botol air mineral dengan mengukur air terlebih dahulu dengan gelas ukur. Semua kelompok menggunakan volume yang sama. Siswa secara berkelompok membagi tugas. Bagian pengisi air, menutup lubang botol, menghitung waktu, dan pencatat data.
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-memasukkan-air-perlu-hati-hati-agar-tidak-tumpah-karena-mengurangi-volume.

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-memasukkan-air-perlu-hati-hati-agar-tidak-tumpah-karena-mengurangi-volume.

  • Siswa melanjutkan dengan botol yang berbeda. Melanjutkan tugasnya dengan volume berbeda dan ukuran botol yang berbeda.
  • Siswa mengisi data pada LK dan pertanyaan untuk menarik kesimpulan tentang debit
 kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-mengamati-siswa-bekerja


kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-mengamati-siswa-bekerja

Penilaian :

Guru menilai kekompokan regu, kepedulian siswa, disiplin, kelengkapan alat dan bahan, dan kebenaran melakukan praktikum

Selesai Pelaksanaan :

  • Setelah praktikum, siswa kembali ke kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Satu persatu tiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya
kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-suasana-presentasi

kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-suasana-presentasi

Penilaian

  • Peniliaian berdasarkan kreteria menyajikan data, ketepatan menjawab, dan mengajukan pertanyaan (keterlibatan dalam diskusi)
  • Guru menyimpulkan pengertian debit serta menghubungkan dengan volume dan waktu.

komentar, kritik, saran, dan apa saja isi di kolom komentar atau sms ke0856 4584 3399 (kayak prosmosi aja 😉 ) guraru punya ide yang lain? Share yuk ….

jangan lupa melihat pr inovatif di sini

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 27, 2013, in inovasi pembelajaran matematika and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: