problem based learning untuk perkembangbiakan generatif pada tumbuhan

mengamatai bunga aneh, mencari nama bagian-bagian bunga tersebut problem based learning ayo mendidikIPA adalah pelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswi kita. Jika diramu menjadi pembelajaran yang menarik akan membuat siswa lebih bertahan lama di kelas, karena semakin cinta dengan IPA. Untuk itu kami dalam mendalami materi perkembangbiakan generatif pada tumbuhan menggunakan Problem Based Learning. Bagaimana langkah-langkahnya? Mari kita belajar bersama.

siswa-mengamati-bung-adengan-teliti-problem-based-learning-ayo-mendidik

-probsiswa-mengamati-bunga-dengan-telitilem-based-learning-ayo-mendidik

** PERENCANAAN

  • Guru memberikan tugas agar setiap siswa membawa satu bunga.
  • Bagi siswa yang menemukan bunga berbeda dengan bunga teman-temannya akan mendapat tambahan nilai
  • Ukuran bunga tidak terlalu kecil agar mudah dalam pengamatan
menariknya-balajar-secara-nyata-problem-based-learning-ayo-mendidik

menariknya-balajar-secara-nyata-problem-based-learning-ayo-mendidik

** PELAKSANAAN

  • Setiap siswa mencari bungga yang sama dengan teman yang lain
  • Siswa dengan bunga yang sama menjadi satu kelompok (misalkan bunga matahari, jadi satu menjadi kelompok matahari)
  • Jika ada jumlah yang melebihi 4 siswa dijadikan 2 kelompok
  • Memberikan Lembar Kerja Siswa
  • Tiap kelompok mengamati, berdiskusi, dan menggambar bunga pada buku catatan serta menulis bagian-bagiannya
  • Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
  • Guru memberikan pertanyaan kepada kelompok
diskusi-kelomopk-juga-bisa-dilakkukan-di-mananapun-salah-satunya-di-lantai-kelas-problem-based-learning-ayo-mendidik

diskusi-kelomopk-juga-bisa-dilakkukan-di-mananapun-salah-satunya-di-lantai-kelas-problem-based-learning-ayo-mendidik

siswi-bersama-temannya-mengamati-dan-menggambar-hasil-diskusinya-problem-based-learning-ayo-mendidik

siswi-bersama-temannya-mengamati-dan-menggambar-hasil-diskusinya-problem-based-learning-ayo-mendidik

mengamatai-bunga-aneh-mencari-nama-bagian-bagian-bunga-tersebut-problem-based-learning-ayo-mendidik

mengamatai-bunga-aneh-mencari-nama-bagian-bagian-bunga-tersebut-problem-based-learning-ayo-mendidik

diskusi-kelompok-problem-based-learning

diskusi-kelompok-problem-based-learning

** PENILAIAN

  • Individu : Ukuran bunga yang dibawa, gambar bunga pada buku catatan, dan menjawab pertanyaan
  • Kelompok : Kerjasama, Presentasi, Hasil Kerja Kelompok (LK), dan kebersihan
presentasi-hasil-kelomok-ke-guru-guru-memberi-pertanyaan-siswa-menjelaskan-bersama-kelompoknya-problem-based-learning-ayo-mendidik

presentasi-hasil-kelomok-ke-guru-guru-memberi-pertanyaan-siswa-menjelaskan-bersama-kelompoknya-problem-based-learning-ayo-mendidik

Silahkan melihat inovasi belajar dan mengajar yang lain, klik di sini  terima kasih

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 29, 2013, in inovasi pembelajaran IPA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Siswa jadi menyenangi pelajaram IPA…scientifik sekali…ayo kita arahkan siswa senang ke semua pelajaran tentunya dengan..problem based learning..atau dengan metode dan pendekatan KBM yang lain…yang siswa menjadi senang belajar…belajar adalah salah satu mencapai kesuksesan dalam menghadapi hidup…tidak hanya numpang hidup…

  1. Ping-balik: Senang Praktik Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dengan Pendekatan Saintifik • Guraru

  2. Ping-balik: Senang Praktik Perkembangbiakan Vegegatif Buatan dengan Pendekatan Saintifik | ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: