terampil mencipta karya seni sesungguhnya

“Anak-anak, sekarang waktunya KTK, silahkan buka buku gambar kalian!”. “Mengambar apa Pak?”. “Mengambar bebas”. “Horeeeee ….”

kelompok yang mampu menjual hasil kerjanya mendapat tambahan nilaiKejadian seperti di atas masih ada di sekitar kita? Atau kita pelakunya? Wah …. kalau masih berlaku berarti kita jalan di tempat dong. Orang Malaysia bilang “injak-injak bumi” pantesan Indonesia sering terjadi gempa, heeeeeee ….

ini-hasil-kerja-kami-ada-yang-tertarik-nampak-mila-siti-dan-rohma-menunjukkan-hasilnya

ini-hasil-kerja-kami-ada-yang-tertarik-nampak-mila-siti-dan-rohma-menunjukkan-hasilnya

Di jaman kurikum 2013 ini sepertinya hal di atas tidak berlaku lagi ya …. guru Indonesia harus lebih aktif, kreatif, dan produktif. Kegiatan pembelajaran harus membuat siswa lebih produktif dengan berbagai keterampilan baik secara softskill maupun hardskill.

Berikut ini kegiatan  kami dalam pembelajaran KTK yang kami jejaringkan dengan Bahasa Indonesia, IPS, dan Matematika. KTK materi kerajinan tangan, Bahasa Indonesia materi membuat dialog, Matematika materi penyajian data pengolahan data, dan IPS materi uang dan perdagangan.

PERTEMUAN PERTAMA
Siswa bersama kelompok menciptakan karya kerajinan tangan. Tiap kelompok maksimal 4 siswa. Tiap kelompok diberi kebebasan untuk menciptakan jenis hasil karyanya. Bahan juga disiapkan dengan seadanya, artinya bisa menggunakan bahan bekas dan benda sekitar, dan benda tersebut tidak harus beli. Guru memberi informasi satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan, sehingga siswa bersama kelompoknya bisa diskusi menentukan kerja kelompok.

Kegiatan ini dilakukan dalam waktu 2 x jam pelajaran. Siswa boleh mengeksplor seluruh kemampuan bersama kelompoknya. Bekerja tidak harus di dalam ruang kelas. Bagi yang suka di teras kelas juga diperbolehkan.

bekerja-di-luar-kelas-lebih-asyi-adik-kelas-juga-bisa-melihatnya

bekerja-di-luar-kelas-lebih-asyi-adik-kelas-juga-bisa-melihatnya

suasana-pameran-hasil-kerajinan-dan-basar-murah

suasana-pameran-hasil-kerajinan-dan-basar-murah

PERTEMUAN KEDUA
Pada kegiatan ini dipilih waktu saat siswa kelas 1 sampai dengan 5 sedang tidak di dalam kelas. Semisal waktu istirahat atau sehabis Ujian Akhir Sekolah. Dengan tujuan agar mereka bisa menikmati pemaran yang akan digelar. Kegiatan ini kami beri nama Pameran Karya Cipta Daur Ulang (nama terserah Anda). Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Setiap kelompok membawa meja dan kursi dari dalam kelas.
  • Semua anggota menjaga hasil karyanya.
  • Jika ada yang bertanya wajib menjawab dengan baik dan sopan.
  • Dapat poin jika bisa menarik pengunjung lebih banyak.
  • Menjelaskan hasil karyanya kepada penonton

Ketika hampir satu jam dan saat para pengunjung pameran mulai sepi,  guru memberikan tugas baru  untuk tiap kelompok :

  • Tiap kelompok memberikan label harga pada hasil karyanya
  • Mendapat nilai point jika cara menawarkan baik
  • Dapat tambahan poin jika hasil kerajinan ada yang membeli.

Saat pameran berubah menjadi bazar siswa kelas 1 sampai kelas 5 semakin berduyun-duyun datang untuk membeli. Anak-anak kelas 6 juga antusias menawarkan hasil kerjanya. Kegiatan ini semakin menarik karena bersamaan dengan kegiatan lomba olahgara antar kelas usai Ujian Akhir Semester. Sambil melihat pertandingan sepak bola, pengunjung bisa mampir melihat pameran dan membeli jika mampu.

Masing-masing kelompok ingin hasil karyanya cepat laku. Menurunkan harga adalah alternatif instan bagi mereka, bahkan ada yang menjual hasil karyanya Rp500,00. Heeeee ….. poin penjulan mereka dapatkan. Padahal ada poin lagi yang sengaja belum saya beritahukan. Bagi kelompok yang mampu menjual kerajinan dengan harga termahal dapat 2 point tambahan. Setelah bazar selesai baru kami paparkan semuanya kepada siswa bahwa dalam bazar harus memperhatikan untuk dan rugi.

tempat-tisu-tempat-bolpen-dan-vas-bunga-berhasil-dibuat-oleh-emil-dan-khusaimah

tempat-tisu-tempat-bolpen-dan-vas-bunga-berhasil-dibuat-oleh-emil-dan-khusaimah

kelompok-yang-mampu-menjual-hasil-kerjanya-mendapat-tambahan-nilai

kelompok-yang-mampu-menjual-hasil-kerjanya-mendapat-tambahan-nilai

bagi-siswa-yang-bisa-memasarkan-hasil-kerjanya-dengan-baik-mendapat-nilai-tambahan

bagi-siswa-yang-bisa-memasarkan-hasil-kerjanya-dengan-baik-mendapat-nilai-tambahan

nadia-kelas-2-begitu-gembiranya-bisa-membeli-rumah-burung-lihat-ekspresinya

nadia-kelas-2-begitu-gembiranya-bisa-membeli-rumah-burung-lihat-ekspresinya

firman-siswa-kelas-5-bahagia-setelah-membeli-rumah-dari-kardus

firman-siswa-kelas-5-bahagia-setelah-membeli-rumah-dari-kardus

hasil-kerja-siswa

hasil-kerja-siswa-dari-bahan-seadanya
klas-meeting-dan-pameran-hasil-keterampilan-kegiatan-yang-berkolaborasi

klas-meeting-dan-pameran-hasil-keterampilan-kegiatan-yang-berkolaborasi

Semoga hal ini menginspirasi kita menemukan inovasi yang lebih baik. Maju terus pendidikan Indonesia.

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAITiklan ads di bawah ini bukan tanggung jawab admin ayo mendidik, mohon maaf atas ketidaknyamaan ini

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Februari 3, 2014, in inovasi pembelajaran, Inovasi Pembelajaran and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Insya Allah waktu dekat….

  2. Dipublikasikan ? Sangat perlu. Bagaimana orang lain tahu kalau tidak diberitahu, misalnya kegiatan siswa belajar di atas yang merupakan perpaduan beberapa mata pelajaran dan digabungkan dengan kegiatan lain. Hebat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: