Siswa SDN JAMBEKUMBU 1 Menciptakan Mobil dan Kapal Energi Angin

mobil-mobilan bisa meluncur dengan energi angin dan pegas bagian belakang prakitkum gaya dan energiMateri IPA kelas VI semester genap salah satunya membahas Gaya dan Energi. Selama ini pembelajaran hanya informasi dan hafalan jawaban …. bosan (kata kurikum 2013). Sekarang sudah harus berbeda. Guru Era Baru harus lebih kreatif, cerdas, dan tidak malas untuk mengajak anak-anak bersaintifik dalam pembelajaran.

siswi-mengisi-energi-dari-angin-untuk-mendorong-mobil-mobilan-prakitkum-gaya-dan-energi

siswi-mengisi-energi-dari-angin-untuk-mendorong-mobil-mobilan-prakitkum-gaya-dan-energi

Karena Jum’at kemarin waktu pembelajaran IPA tidak cukup untuk melakukan praktikum. Alternatif lain memanfaatkan hari Sabtu, mengingat ada pelajaran keterampilan. Jadi kami padu antara Keterampilan dan IPA (semi tematik). Selain itu hari Sabtu tak terbatas waktu, kita bisa pulang lebih siang. Alasannya esok hari libur, Sabtu bisa lama-lama di sekolah bermain sambil belajar. Berikut ini kronologinya.

ALAT DAN BAHAN :

  • Karet gelang
  • Karet dari ban dalam
  • Botol air meneral
  • Pipa plastik
  • Gunting
  • Pisau
  • Bambu
  • Isolasi
  • Balon udara
  • Gembreng (logam tipis)
  • Plastik kresek
  • Sadal japit bekas

CARA KERJA :

  • Membentuk kelompok, 1 kelompok maksimal 4 anak
  • Guru memberikan panduan dan contoh-contoh hasil
  • Waktu mengerjakan 150 menit
  • Presentasi
  • Pameran

PENILAIAN :

  • Kerapian produk
  • Kemampuan jarak tempuh
  • Menjawab LK dan pertanyaan guru
  • Presentasi hasil
  • Kebersihan
  • Kerjasama
  • Persiapan bahan

Untuk presentasi akan dilakukan saat jam IPA pertemuan selanjutnya. Pamerana akan dilakukan hari Sabtu berikutnya. Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi kita semua menjadi lebih baik. Masukkan dan kritik kami tunggu 🙂

Berikut dokumentasinya :

suasana-kerja-prakitkum-gaya-dan-energi

suasana-kerja-prakitkum-gaya-dan-energi

agar-berhasil-mencipta-hal-yang-sempurna-perlunya-ada-tim-ahli-prakitkum-gaya-dan-energi

agar-berhasil-mencipta-hal-yang-sempurna-perlunya-bekerja dengan-tim–prakitkum-gaya-dan-energi

siswa-pada-balong-orange-mengisi-energi-angin-siswa-sebelahnya-menambah-energi-pegas-dua-gaya-dipadukan-prakitkum-gaya-dan-energi

siswa-pada-balon-oranye-mengisi-energi-angin-siswa-sebelahnya-menambah-energi-pegas-dua-gaya-dipadukan-prakitkum-gaya-dan-energi

mobil-mobilan-bisa-meluncur-dengan-energi-angin-dan-pegas-bagian-belakang-prakitkum-gaya-dan-energi

mobil-mobilan-bisa-meluncur-dengan-energi-angin-dan-pegas-bagian-belakang-prakitkum-gaya-dan-energi

hasil-kerja-siswa-memadukan-energi-gerak-dan-angin-pada-mobil-mobilan-dan-perahu-prakitkum-gaya-dan-energi

hasil-kerja-siswa-memadukan-energi-gerak-dan-angin-pada-mobil-mobilan-dan-perahu-prakitkum-gaya-dan-energi

siswi-juga-harus-bisa-terampil-mencipta-prakitkum-gaya-dan-energi

siswi-juga-harus-bisa-terampil-mencipta-prakitkum-gaya-dan-energi

hasil-kerja-siswa-memadukan-energi-gerak-dan-angin-pada-mobil-mobilan-dan-perahu-prakitkum-gaya-dan-energi

hasil-kerja-siswa-memadukan-energi-gerak-dan-angin-pada-mobil-mobilan-dan-perahu-prakitkum-gaya-dan-energi

Saat mereka asyik bekerja, sengaja saya keliling, menilai, memfoto, bertanya, dan memotivasi. Kalau mereka sekarang membuat yang sederhana, nanti saat kuliah bisa mencipta yang lebih canggih. Alhamdulillah, mereka banyak yang ingin pergi ke ITS dan ITB untuk praktik mencipta mobil dan kapal sesungguhnya.

Bahagia sekali, karena sebelumnya mereka hanya ingin di desanya untuk pergi ke kebun mencari rumput dan bertani. Semoga cita-cita mereka terwujud. Kita lihat 10 tahun mendatang. Amin

jangan lupa melihat inovasi sebelumnya klik di sini

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

iklan ads di bawah ini bukan tanggung jawab admin ayo mendidik, mohon maaf atas ketidak nyamanan ini

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Februari 3, 2014, in inovasi pembelajaran IPA and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Inovatif dan sangat mendidik..sukses slalu

  2. izin adopsi,pak.bolehkah saya minta panduan membuatnya?

  3. Siswa lebih senang terlibat lagsung dalam pembelajaran, seperti di atas. kontekstual sekali dan sainstifik, itulah roh kurikulum yang ideal. Ayo kita manfaatkan sumber belajar di sekitar kita tanpa meninggalkan konsep-kosep keilmuan. Sukses Pak Bakri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: