tips agar siswa sd juga hafal juz 30

wisuda juz amma'Di Sekolah Dasar Negeri guru Pendidikan Agama Islam kebanyakan hanya ada 1, itupun belum tentu pegawai negeri sipil. Jika penanaman nilai religi hanya dilimpahkan ke guru PAI saja jelas tidak akan maksimal penanaman nilai-nilai agama. Dengan demikian sudah selayaknya setiap guru memiliki pribadi yang religius, bukankan kecerdasan tertinggi seseorang adalah kecerdasan beragama?
Salah satu yang bisa kita lakukan (wali kelas) untuk membantu guru PAI adalah pemberian bimbingan untuk mengafal juz 30 dalam Al-Qur’an, mengingat waktu SD adalah masa yang bagus untuk menghafal Al-Qur’an (sudah baca artikel sebelumnya, di sini). Masalahnya adalah ada sebagian besar guru-guru kita tidak bisa atau kurang bisa membaca Al-Qur’an. Namun kondisi ini tidak harus mematahkan tujuan mulia tersebut. Banyak cara bagi guru kreatif untuk menutupi kekurangannya. Salah satunya akan kami sampaikan berikut ini.

1. GUNAKAN MULTI MEDIA
Di jaman moderen ini kita bisa menggunakan natebook atau laptop yang dikoneksikan ke speaker aktif sebagai pengeras suara. Kita tinggal menyiapkan file murotal dari para qori’, imam, ustatdz yang bisa membaca Al-Qur’an dengan bacaan dan suara yang baik. Misalkan imam yang sering mengimami sholat di Mekah atau Madinah.
Pagi hari sebelum berdo’a kita putarkan ayat demi ayat, siswa-siswi mendengar sambil menyimak Juz-Amma. Kemudian mereka membacanya bersama. Kadang saat anak-anak mengerjakan latihan soal kami putarkan surat yang sedang jadi target hafalan mingguan. Saat istirahat juga waktu yang efektif untuk memutarkan murotal tersebut, sambil bermain juga mengaji.

2. GUNAKAN HP atau MP4
Bagi guru-guru yang belum bisa laptop bisa memanfaatkan HP atau MP4. Untuk langkah selanjutnya bisa seperti langkah pertama di atas.

3. COPYKAN FILENYA
Sebagian besar anak-anak kita memiliki HP bukan? Atau jika tidak bisa pinjam miliki orang tuanya. Kopikan filenya agar anak-anak bisa menderkan di rumah, di jalan, atau di manapun mereka berada. Belajar sambil mendengarkan.

4. JUZ AMMA DI SAKU SISWA
Sekolah memberikan fasilitas Juz Amma Saku, harganya berkisar Rp1000,00 s.d. Rp.2000,00. Bisa juga seperti di sekolah kami, guru Agama Islam seletah cair sertifikasi membelikan Juz Amma dari kelas 1 s.d. kelas 6, dengan konskuensi jika hilang siswa menggantinya. Juz amma tersebut harus disaku siswa setiap memakai seragam sekolah sehingga kapanpun bisa melihat dan mengafalkannya.

5. SETORAN
Bagi siswa yang sudah hafal bisa setor  hafalan ke guru kapan saja. bisa saat istirahat, pagi saat guru baru datang, atau bisa saat mau pulang. Buku setoran ditaruh (print) dibalik buku pendeteksi sholat (bagi yang belum punya klik di sini). Ada tanda tangan guru dan orang tua siswa.

Alhamdulillah, Satu minggu siswa-siswi kami (anak sd negeri desa) sudah hafal Surat At Tiin, termasuk juga siswa yang belum bisa baca Al-Qur’an. Mereka belajar dan mengahafal dengan mendengarkan.

Catatan :
Koordinasi dengan KS, guru PAI, dan wali murid
Guru juga sambil terus belajar meningkatkan kemampuan bacaan dan hafalannya
Ini ladang amal kebaikan yang akan menjadi investasi kita dapat pahala yang tak putus-putusnya. (sesuai isi surat At Tiin, silahkan dicek arti dan tafsirnya)

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Agustus 10, 2014, in Inovasi Pembelajaran and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: