pigura kreatif siswa mengenalkan logo sekolah

juara pigura kecilKegiatan Ujian Akhir Semester di Kabupaten Lumajang dilaksanakan lebih awal. Tanggal 1 s.d. 6 Desember 2014 merupakan tanggal ditetapkan oleh pemerintah daerah untuk pelaksanaan UAS (ujian akhir sekolah) semester ganjil. Sebagian untuk kelas 1, 2, 4, dan 5 yang menggunakan kurikulum 2013  masih akan berlangsung besok Senin.
Begitulah di kotaku (kota pisang) kegiatan UAS tiap tahunnya lebih awal dikarenakan pemkab akan punya gawe HARJALU_hari jadi lumajang. Mau tidak mau para guru harus mempercepat materinya demi tuntasnya tuntutan kurikukulum.
Dalam kegiatan UAS kemarin kelas VI yang menggunakan KTSP masih pake model lama. Pada hari Jum’at saat jadwal SBdP kami mengadakan UAS dengan tema membuat pigura untuk logo sekolah. Sebelumnya siswa-siswi diminta membuat perencana untuk kegiatan tersebut yang terdiri dari :

  • Alat yang digunakan
  • Bahan yang dipakai
  • Cara membuat pigura

Sebelum melakukan kerja siswa mengumpulkan perencanaan tersebut yang ditulis dalam lembar kerja. Setelah itu selama 120 menit mereka mengerjakan secara individu ide mereka. Untuk gambar yang dipasang di pigura adalah LOGO SEKOLAH. Untuk penilaian 30% dari perencanaan dan 70% hasil karya. Format Nilai bisa dilihat di sini (nilai uas sbdp kelas vi).

saa pameran, anak-anak kelas 2 mengamati pigura dan logo sekolah

saa pameran, anak-anak kelas 2 mengamati pigura dan logo sekolah

Esok harinya hasil dipamerkan ke warga sekolah di lorong kelas. Untuk 10 terbaik akan dipasang di ruang guru, ruang TU, perpustakaan, depan musholah, dan ruang kelas 1 sampai dengan 6. Seperti biasa juara 1, 2, dan 3 mendapat hadiah spesial 10 ribu serta dipajang di dinding kelas.

para juara, kreatif dari ide sendiri dan bahan ada adanya

para juara, kreatif dari ide sendiri dan bahan ada adanya

Kegiatan ini memang sengaja untuk dua kegiatan. Kegiatan UAS dan ajang mengenalkan logo sekolah yang baru. Di pigura  dipasang arti logo sekolah untuk dipublikasikan ke warga sekolah. Manfaat dari kegiatan ini juga mengurangi anggaran sekolah untuk membeli pigura, mengingat akhir-akhir ini dana BOS habis belum waktunya.

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 7, 2014, in ceritasekolah, kreatifitas and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: