posisi duduk ideal agar siswa lebih semangat belajar

format posisi tempat duduk siswaLiburan sudah kurang satu minggu lagi, sambil santai di rumah. Kita mencoba mengotak-atik sedikit posisi duduk anak-anak agar lebih nyaman belajar … punya ide, kalau belum berikut ini satu ide mungkin baik untuk kita 🙂

Pengondisian kelas bisa dengan berbagai cara. Salah satunya pengaturan tempat duduk yang diubah sesaui dengan tujuan pembelajaran. Tempat duduk yang tidak monoton sepanjang semester membuat siswa merasakan hal baru. Dengan suasana baru tersebut diharapkan ada semangat baru juga.
Sahabat Ayo Mendidik yang baik.  Bentuk-bentuk posisi duduk siswa tentunya Anda sudah mengetahui semuaanya. Jika belum, di posting selanjutnya akan kami muat (insyaallah). Kali ini kami akan memberikan tips lain yang kemungkinan belum ada yang menggunakannya.
Cara ini sejalan dengan cara berfikir manusia yang merasa  senang jika bersama orang terdekatnya (orang tua, saudara, atau sahabat akrab). Kedekatan ini akan membuat suasana yang lebih baik untuk motivasi melakukan kegiatan yang lainnya.
Demikian juga di kelas-kelas kita. Setiap siswa punya teman akrabnya. Jika hal ini kita manfaatkan untuk mengatur posisi duduk pastinya membuat keadaan lebih baik lagi.  Bagaimana caranya?

MEMBUAT ANGKET
Dikatan angket juga terlalu sederhana, tapi tidak apalah kita anggap ini sebua angket. Dalam angket ini siswa menuliskan namanya dan 2 pilihan teman yang paling dia sukai. Pilihan pertama ditaruh bagian atas, pilihan yang kedua dipilih bagian bawah. (guru bias membuat di kertas kecil)

SISWA MEMILIH
Secara mandiri dan tidak diketahui teman yang lain. Siswa memilih teman yang mereka sukai untuk duduk bersama mereka. Tentunya siswa memilih siswa dan siswi memilih siswi (berjenis kelamin yang sama). Setelah memilih, angket tersebut diberikan guru tetap dalam kondisi rahasia.

posisi tempat duduk siswa

REKAP SAHABAT
Setelah itu guru merekap angket. Mendata  setiap anak ingin duduk bersama sahabatnya. Guru bisa menggunkan program excel untuk mempercepat kerjanya. Contohnya sebagai berikut :

format posisi tempat duduk siswa

* nama siswa kami ganti tidak sebenarnya
Setelah merekap guru baru mengatur posisi tempat duduk sesuai dengan hasil angket tersebut. Umumkan di mading sekolah, jika tidak ada cukup tempel di luar kelas. Pastinya siswa akan “berjingkarkan” melihatnya. Sebuah awal yang baik.

BERI HADIAH BAGI SISWA TERBANYAK MENDAPAT PILIHAN
Kegiatan ini juga bisa kita gunakan untuk mengetahui siswa yang paling disukai temannya. Pilih 1 siswa dan 1 siswi untuk mendapatkan hadiah. Hadiah tidak harus barang. Hadiah bisa hanya berupa piagam penghargaan dari kepala sekolah. Kemudian foto siswa tersebut untuk dipasang di ruang kelas. Foto tersebut akan memotivasi siswa yang lain untuk belajar menjadi siswa yang disenangi temannya. Artinya siswa harus belajar menjadi orang yang baik.

BIMBINGAN KHUSUS BAGI SISWA YANG TIDAK MENDAPAT PILIHAN
Ternyata berdasarkan rekap data. Di kelas kami ada 4 siswa yang tidak dipilih sama sekali oleh teman se kelas. Artinya siswa tersebut tidak disukai temannya. Dari sini kita bisa melakukan bimbingan khusus kepada siswa tersebut agar merubah sikap yang tidak baik agar teman-temannya lebih menyukai. Tentunya data dan bimbingan tidak boleh diperlihatkan kepada khalayak ramai.

Kegiatan ini bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Dengan kegiatan yang kontinyu ini akan membuat siswa terus termotivasi belajar memperbaiki dirinya. Semoga menginspriasi kita semua. Ada tips yang lain. bagi  yuk ..

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 29, 2014, in kreatifitas, Tips&Trik and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. inovatif banget

  2. Bisa minta contoh file excelnya untuk tips yang kreatif ini…?

  3. keren bisa diterapkan di sekolah

  4. super sekali tipsnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: