guru ini cukup sederhana dalam meluluhkan hati muridnya

pak cukup membimbing ayo mendidikKulihat jam di lenganku menunjukkan pukul 13 lebih 15 menit . Liku-liku jalan dari lereng gunung berhasil aku lalui. Sepeda motorku, ku belokkan ke arah kiri. Sekolah dengan halaman yang amat lebar nampak di sisi jalan. Langsung saja aku menuju ke ruang kelas VI.

Nampak seorang guru laki-laki sedang membimbing siswanya. Nampak jelas dari gesturnya beliau selalu memberikan dan berusaha semaksimal mungkin melakukan proses pembelajaran. beliau memang sosok guru yang tekun menjalankan tugasnya.

Seperti siang itu. Bel pulang sudah berdenting 1 jam yang lalu, namun kebiasaan dari dulu selalu pulang lebih akhir dan menambah jam pembelajaran. Tidak cukup siang hari, pagi, sore bahkan malam hari beliau lakukan demi perbaikan muridnya. Setahu saya, bukan sekedar tenaga yang beliau curahkan untuk memaksimalkan proses belajar. Hartanyapun sebagian disisikan untuk proses pembelajaran.

nampak beliau sedang menjelaskan materi

nampak beliau sedang menjelaskan materi

Kami masih ingat saat beliau menjadi panitia lomba siswa, karena dana panitia minim maka 2 printer miliknya di bawah untuk panitia. Pulang 2 printernya rusak. Ketika mengajar di sekolah sebelumnya sempat mengajak kami untuk bergabung rekreasi bersama seluruh siswa kelas VI kesebuah pemandian di luar kabupaten. Beliau menggunakan tabungan pribadinya untuk memberikan hadiah wisata kepada siswanya yang berhasil meraih nilai bagus di UN. Masih banyak pengalaman yang aku pelajari dari beliau, tak mungkin cukup untuk menceritakan kebiasaan dermawan beliau di sini.

kesabarannya tak perlu diragukan lagi

kesabarannya tak perlu diragukan lagi

keseriusannya membaut siswa didiknya mudah memahami materi

keseriusannya membuat siswa didiknya mudah memahami materi

Tak khayal banyak siswa yang selalu mendambakannya. Senakal apapun siswa jika sudah dibimbingnya, insyaallah lunglai dan bertekuk lutut. Kelembutan hati dan kecintaanya terhadap dunia pendidikan membuat beliau memiliki kekuatan untuk meluruhkan hati siswa-siswinya menjadi lebih baik. Hal ini terbukti setiap hari ulang tahunnya, banyak siswa-siswinya datang memberikan hadiah atau sekedar mengucapkan selamat dan mencium tangganya.

ketekunannya meluluhkan hati siswanya

ketekunannya meluluhkan hati siswanya

Sifat baik yang beliau miliki adalah rendah hati. Dengan usia berkisar 10 tahun di atas saya, beliau masih sering bertanya hal-hal tentang pendidikan. Meskipun saya tahu beliau pengalamannya jauh di atas saya, namun tidak segan untuk bertanya hal yang memang beliau tidak mengerti.

Sosok lincah dan cerdas ini juga pernah meraih juara 3 guru prestasi di kota pisang. Prestasi juara 1 lomba puisi dalam rangka hari guru juga pernah beliau raih. Bahkan prestasi gemilang lain baik dalam dunia pendidikan maupun dunia usaha pernah diraihnya.

selalu berusaha memberi yang terbaik buat muridnya

selalu berusaha memberi yang terbaik buat muridnya

Sukses yang beliau raih tidak hanya dalam pendidikan. Prestasi menjadi bagian masyarakat sudah beliau buktikan. Menjadi ketua RW, Ketua Panitia PILKADES, Ketua PPS, dan kegiatan kemasyarakatan yang lain.

Hobi yang menarik dari beliau adalah ahli memancing dan pencinta burung. Bagi yang ingin berdiskusi tentang pendidikan sekaligus mendengarkan berbagai kicauan burungnya, bisa menghubungi beliau.

Sejak mengenal 15 tahun yang lalu. Saya bisa menyimpulkan kesuksesan beliau menjadi guru dan tokoh masyarakat adalah sungguh-sungguh dalam bekerja dan dermawan dalam segala hal, membuat beliau dicintai siswa dan masyarakat.

Tulisan ini untuk guru sekaligus sahabatku mr. cukup santoso, s.pd. mm.

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Januari 12, 2015, in guru inspiratif, kaos ayo mendidik and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Indonesia membutuhkan figur guru berdedikasi tinggi seperti cerita diatas. Apakah mungkin strategi mengajar beliau ditularkan pada guru-guru lain di Indonesia ?

  2. Keteladanan yang perlu kita contoh. Semoga tambah sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: