alhamdulillah, siswa desa juara 2 dan 3 baca puisi smp al-furqon jember

juara puisi smp al furgon 2015 ayo mendidik para juarabismillahirrohmanirrohim

Lepas subuh Pak Yurfan sudah tiba di Lumajang. Anak-anak yang bermalam di rumah juga sudah bangun sebelum adzan terkumandang. Roti dan teh hangat adalah bekal perut untuk perjalanan naik motor menuju kota tetangga (Jember). Pak Yurfan memboceng Sherly, sedang Adit dan Ariel naik motor bersama saya. bismillahitawakaltualallah lahaulawalakuata illabillah … ngreeeeng remang pagi ditembus dua motor dengan kecepatan tinggi.

Memasuki kota Jember kendaraan mulai ramai, terlihat di jam HP pukul 07.45, di undangan lomba pada pukul 07.50. Rasa kesemutan ditangan sudah tidak kami rasakan lagi. Saat itu kami juga belum tahu latak SMP Al-Furqon. Ketika memasuki Alun-alun kota Jember kami bertanya ke orang yang sedang car freeday. Alhamdulillah kami tiba di sana meski awalnya turun ke jauhan dari lokasi.

Usai mendaftarkan diri baru ingat perut belum terisi. Mondar-mandir cari sarapan agak sulit juga, mengingat masih pagi warung makan banyak yang tutup. Apa lagi hari itu tanggal merah bertepatan dengan hari Nyepi. Ah, akhirnya ada juga warung pecel di gang yang serem ini.

sambil sarapan pecel breaving persiapan lomba, nampak di kejauhan pentas lomba kelihatan

sambil sarapan pecel breaving persiapan lomba, nampak di kejauhan pentas lomba kelihatan

sopir juga peru isi perut dulu, pak yurfan baju kuning ikut mendampingi anak-anak dalam lomba ini, nampak tas bertanda para pengungsi dari jauh heeeee .... backgroung tembok serem juga ya .... siapa yang melukis ini?

sopir juga perlu isi perut dulu, pak yurfan baju kuning ikut mendampingi anak-anak dalam lomba ini, nampak tas bertanda para pengungsi dari jauh heeeee …. background tembok serem juga ya …. siapa yang melukis ini?

Alhamdulilah, perut sudah terisi. Kami bergegas ke tempat lomba kembali. Karena sherly belum kami daftarkan. Tampilan demi tampilan ditunjukkan oleh SMP Al_Furqon sambil menunggu acara lomba di mulai.

suasana lomba, nampak ariel sedang tampil membacakan puisinya, sebelah kiri nampak dua juri sedang mengamati penampilan ariel siswa sdn jambekumbu 01

suasana lomba, nampak ariel sedang tampil membacakan puisinya, sebelah kiri nampak dua juri sedang mengamati penampilan ariel siswa sdn jambekumbu 01

Satu persatu peserta menunjukkan kemampuannya. Kali ini lomba puisi sangat berbeda dengan lomba pada umumnya. Baca puisinya pakai mik, jadi suara asli pembaca tidak begitu jelas terdengar. Selain itu kondisi di depan pentas juga ramai, seingat saya saat lomba puisi seharusnya tidak terganggu oleh suara gaduh seperti saat lomba di tingkat Jawa Timur.

Melihat penimpilan peserta dari berbagi sekolah dan kabupaten kami agak pesimis karena anak-anak tidak pernah memakai mik dalam puisi. Apa lagi Sherly saat membaca puisinya mik yang pakai jatuh sehingga suaranya tidak jelas. wah …. benar-benar apes nih Shrely 😦

sambil menunggu pengumuman foto bersama MC salah satu siswa SMP-Alfurgon. Kebanyakan siswa di sekolah ini keturunan arab looo tuh salah satu mcnya arabkan?

sambil menunggu pengumuman foto bersama MC salah satu siswa SMP-Alfurgon. Kebanyakan siswa di sekolah ini keturunan arab looo, tuh salah satu mcnya arabkan?

foto bersama juri, siapa ya ... namanya dan dari mana ... kita tidak kenal ... lawong kita dari kabupaten lain :(

foto bersama juri, siapa ya namanya? dan dari mana? … kita tidak kenal … lawong kita dari kabupaten lain 😦

Akhirnya, setelah menunggu berkisar 30 menit 5 besar disebutkan. nomor pertama yang disebut adalah nomor 2 yang merupakan nomor Rendra Aditiya, baru 2 nomor berikutnya adalah nomor 8 yang merupakan nomor Ariel. Berarti ada 2 siswa kami yang masuk 5 besar.

Nah, ini yang mantab. Sebelum dewan juri menentukan 5 besar, beliau menyampaikan beberapa hal tentang puisi. Akhirnya dengan masukan dewan juri tersebut, panitia baru sadar jika baca puisi tidak harus pakai mik. Dan dibabak final sudah tidak menggunakan mik lagi. Wah, ini seru pastinya.

Ishoma datang. Panitia dan peserta menunju lantai dua untuk sholat duhur. Usai Ishoma tampilan dari SD, SMP, dan SMK Al-Furqon mengisi acara sambil menunggu pengumuman. Ya … ketua panitia mengumuman satu persatu hasil lomba tersebut. Kami sampaikan dari cabang puisi saja ya ….

  • Juara 1 : SD Sumbersari Jember (safira ananda nilai 909)
  • Juara 2 : SDN Jambekumbu 01 Lumajang (airel nilai 908)
  • Juara 3 : SDN Jambekumbu 01 Lumajang (adit nilai 898)
  • Juara 4 : SDN Al-Furqon (Talia nilai 897)
  • Juara 5 : SDN Jember (fatima 896)
ini wajah-wajah juara lomba puisi di dampingi oleh guru smp al-furqon dan admin ayo mendidik :)

ini wajah-wajah juara lomba puisi di dampingi oleh guru smp al-furqon dan admin ayo mendidik 🙂

ini team sdn jambekumbu 01, maaf fotonya agak blur ... lupa di zoom oleh tukang jepreet heeeee ....

ini team puisi sdn jambekumbu 01, maaf fotonya agak blur … lupa di zoom oleh tukang jepreet heeeee ….

Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua orang yang sudah membantu kami mengikuti lomba ini. Seluruh dewan guru SDN Jambekumbu 01, Kepala Sekolah, Seluruh Siswa, dan orang baik yang sudah berdoa untuk kami. Semoga Allah membalas kebaikan Anda 🙂

pak yufran tetap setia mendampingi anak-anak termasuk jalan-jalan ke mal :) dan kfc

pak yufran tetap setia mendampingi anak-anak termasuk jalan-jalan ke mal 🙂 dan kfc

Sampai jumpa di lomba selanjutnya ….. jangan lupa baca link berikut ini untuk melihat persiapan lomba kami 🙂

https://ayomendidik.wordpress.com/2015/03/22/perjalanan-tim-puisi-siswa-desa-menuju-kabupaten-tetangga/

 

 

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Maret 23, 2015, in puisi and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: