pembelajaran organik pelajaran ips materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan

teks proklamasibismillah …

Ilmu Pengetahuan Sosial akan menjadi materi yang membosankan jika disampaikan dengan soal-soal atau penjelasan model ceramah saja. benar tidak? Pembelajaran organik akan membuat siswa benar-benar merasa, terkenang dalam jiwanya. Bahkan tetap mengenang materi yang sudah dipelajari dengan tidak sengaja. Misalkan sambil bermain dia mengucapkan atau menceritakan bagian dari apa yang sudah ia pelajari. Berikut ini salah satu proses pembelajaran yang organik mata pelaran IPS materi Perjuangan mempertahan kemerdekaan. Kita simak langkah-langkahnya :

  • Membagi kelas menjadi beberapa kelompok, maksimal tiap kelompok 4 siswa
  • Memberi satu teks proklamasi tiap kelompok, siswa sambil menyalin teks tersebut mempelajari dan menghafalkan, selama 15 menit
  • Tiap kelompok mengadakan musyawarah memilih perwakilan kelompoknya untuk tampil.
  • Perwakilan kelompok maju mempresentasikan cara membaca teks proklamasi identik saat Bung Karno Membacakan
  • Guru menilai dan memilih penampilan terbaik
  • Sebelum pengumuman penampil terbaik, guru menunjukkan video saat bung karno membacakan teks proklamasi (bagi yang tidak punya LCD Proyektor bisa menggunakan audionya saja _ suara, bisa pakai HP) jika belum punya download videonya klik di bawah ini
    https://www.youtube.com/watch?v=ZRU93–5aOg
  • Biar lebih menarik, dilanjutkan mengamati video peristiwa bom atom dijatuhkan oleh sekutu di herosima dan naga saki, yang belum punya donwload dengan klik di bawah ini
     https://www.youtube.com/watch?v=_x_SLvyrDaQ
  • Guru mengumumkan penampil terbaik dan memberikan hadiah
  • Siswa bersama kelompoknya mencari 10 pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa sebelum dan saat teks proklamasi dibacakan (dari buku paket atau teks yang dibuat guru_fotocopy)
  • Tiap kelompok menempel 10 pertanyaan di dinding kelas
  • Kelompok lain mengamati dan menjawab pertanyaan dengan mendatangi soal-soal tersebut.
  • Tiap kelompok mengajukan 5 pertanyaa di depan kelas dari soal-sola yang tadinya ditampilkan. Kelompok yang lain adu cepat menjawab. Yang mampu menjawab mendapat nilai 10, Jika ada soal yang tidak bisa dijawab maka kelompok penyaji dapat nilai 20. Begitu seterusnya sampai kelompok terakhir.
  • Tugas rumah : membuat cerita tentang peristiwa bom atom hingga pembacaan teks proklamasi. minimal 4 paragraf

Semoga Bermanfaat 🙂

teks proklamasi

 

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Maret 27, 2015, in inovasi pembelajaran ips and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: