tips ayah nadif menjadikan putranya berotak olimpiade matematika

ayah nadif pak edi suciptoMendampingi siswa-siswi olimpiade sains nasional memberikan ilmu baru bagi kami. Perbicangan kami dengan ayah Nadif peraih juara 1 olimpiade matematika tingkat kabupaten lumajang 2015 membuka tabir rahasia kenapa Nadif dan kakaknya bisa cemerlang otak metematikanya. Tips beliau baik juga untuk kita sebagai orang tua dalam menyiapkan anak-anak agar cerdas dalam matematika.

Pak Edy Sucipto sehari-hari sebagai tukang jual sayur di pasar Randuagung memiliki tekad yang kuat dalam mempersiapkan masa depan putranya. Terbukti putra pertamanya yang juga pernah juara olimpiade kini sudah duduk di kelas SMA TARUNA dan meraih banyak prestasi di sana. Ketekunan beliau dalam menyiapkan putranya dalam pendidikan melebihi saya seorang guru.

Apa sih tipsnya?

Sejak usia 2 tahun beliau sudah mengajari putranya menulis, membaca, dan berhitung. Usia 3 tahun semua putranya sudah bisa membaca. Untuk mengajari membaca beliau menggunakan tips agar bisa membaca maka anaknya diajari juga menulis. Jadi menurut beliau agar bisa membaca maka harus sambil menulis. Tiap hari beliau tekuni satu huruf demi huruf hingga 3 tahun semua putranya bisa membaca. Hebat bukan?

Untuk berhitung. Beliau mengajarkan penjumlah satu angka dengan satu angka atau satuan dengan satuan. Satuan dengan puluhan. Satuhan dengan ratusan, dan seterusnya. Menurut beliau jika satuan belum mahir betul tidak boleh mengajarkan puluhan dengan puluhan. Jika penjumlahan belum mahir maka tidak boleh pengurangan. Sebelum SD putra-putrinya sudah mahir penjumlahan dan pengurangan sampai angka ribuan.

Beliau juga menganut kelas akselerasi untuk putranya. Membeli LKS dari kelas 1 sampai kelas 6. Ketika Putranya kelas 2 SD sudah mampu materi matematika kelas 6. dan ketika kelas 3 SD putranya sudah diajarkan materi kelas 7 SMP. Sambil tersenyum beliau bilang, “LKS itu murah, Tapi Banyak Manfaatnya”.

bp edi sucipto ayah yang luar biasa_pedagang sayur yang memilki juar mendidik inspriasi :)

bp edi sucipto ayah yang luar biasa_pedagang sayur yang memilki jiwa mendidik mengalahkan guru biasa 🙂 _ foto diambil saat seleksi lomba osn jawa timur _ lobi asrama haji sukolilo surabaya

Ketekunannya, setiap pulang sekolah memberikan 3 soal untuk anaknya. Jika putranya meminta sesuatau maka syaratnya adalah mengerjakan satu soal matematika. Wah, hebat bukan?

Bahkan saat lomba di Surabaya kemarin, beliau begitu tekunnya menemani putranya. Naik motor dari Lumajang ke Surabaya. Menganti baju, menemani makan, bahkan sampai rela tidur di masjid demi putranya (nadif al rozin).

Kesuksenan ini juga berkat ketekunannya ayahnya mencarikan guru yang pas buat putranya. Adalah Muhammad Muchtar, S.Pd. guru yang tepat bagi pengembangan bakat putra Bp Edi dalam dunia olimpiade. Terbukti bakat hebat yang dimiliki oleh putra beliau akhirnya sangat nampak setelah di poles oleh pembinanya (bp muchtar).

Bagaimana dengan pendidikan agamanya?

Wah, setahu kami ayah nadif selama  kegiatan lomba tersebut selalu menuntun putranya untuk sholat di masjid saat adzan terkumandang. Bahkan sepertiga malamnya juga beliau habiskan di masjid untuk berdo’a. luar biasa 🙂

Semoga banyak kita temui orang tua sejenis Bp Edi Sucipto dan Ibu dalam masyarakat kita. Jika ingin mencoba tips beliau bisa konsultasi langsung ke nomor beliau 085231193523. Amiin.

baca juga team osn 2015 dindik lumajang

https://ayomendidik.wordpress.com/2015/04/02/seleksi-olimpiade-sains-nasional-siswa-sd-tingkat-jawa-timur/

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on April 3, 2015, in orang tua inspirasi, tips&trik Olimpiade MIPA and tagged , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Nice. Can be the good inspiration and example for many person

  2. Reblogged this on guruaktifkreatifinovatif and commented:
    perlu ditiru oleh para orang tua sebagai tanggung jawab kepada anak di rumah

  3. subhanallah…luar biasa…inspiratif

  4. salut dan dapat dii contoh semuga itaf jadi anak yang jadi anak masa depan di esok hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: