di balik kelemahan, Allah memberi kekuatan tim puisi kami

smp jember meraih pialaYa … apa yang kita inginkan kadang tak semulus yang kita rencanakan. Allah, maha tahu segalanya yang terbaik buat hambanya. Begitu juga dengan tim puisi yang kami tumbuhkan di sekolah desa ini. Di balik rencana meraih dua tropy. Di balik kelemahan ini, Allah memberi kekuatan dan hidayah yang tidak bisa kita duga-duga. Semoga menginspirasi kita semua, simak yuuuk 🙂

Tim puisi kami ada 3 siswa. Rencana mengirim 3 siswa akhirnya pupus sudah. Ariel yang kemarin juara 2 di SMP Al-Furqon tidak bisa gabung karena syarat harus kelas 5 dan 6. Rendra yang kemarin juara 3 di SMP Al-Furqon 2 hari latihan benar-benar menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Namun, Allah berkehendak lain. 2 hari sebelum lomba ia terjatuh bersama ayahnya dari kendaraan. Lukanya lumayan parah, akhirnya tidak bisa berangkat ke lomba.

Tinggal satu duta, Sherly Arinda Fauziah siswa kelas 5 yang bisa berangkat. Di SMP Al-Furqon kemarin dia tidak  masuk 6 besar karena di babak penyisihan mik yang dia pakai jatuh dan suaranya tidak bisa lantang. Namun kami punya keyakinan, ini ta’dir Allah yang harus dijalani. Pasti ada kebaikan di baliknya. Jum’at siang itu kami menjemput Sherly di rumah neneknya. Neneknya yang sedang sakit melepas Sherly dengan berat hati. Ada kesegaran baru sebelum kami berangkat, ibu Sherly yang kerja di Kalimantan menelfon.

Telfon ibunya adalah kekuatan tersendiri bagi kami. Di lomba-lomba sebelumnya ibunya tidak pernah menghubungi, kini kami bisa diskusi dan curhat dengan beliau. Beliau juga siap berdoa untuk kesuksesan putrinya. “kekuatan terbesar kita ada pada do’a ibu bukan ? ….. :)”

Sebelum kami menuju Lumajang masih ada satu tugas di desa ini. Pembinaan bersama siswa dan guru MI di kecamatan Senduro. Dengan membonceng Singit dan Sherly kami melaju menuju tempat singgah pertama sambil rehat untuk sholat Jum’at. Usai latihan di MI itu, kami juga dapat do’a dari siswa dan guru MI agar bisa lomba dengan baik di Jember. terima kasih do’anya.

Dalam perjalanan menuju Lumajang, tiba-tiba sepeda motor oleng ke kanan dan ke kiri. Ah, ban bocor …. :(. Untung 100 meter di depan ada tukang tambal ban. Allah ijinkan kami istirahat untuk tambal ban dan sholat duhur berjamaah di mushola sebelah bangkel itu.

sigit kiri dan sherly kanan saat naik kendaraan bus dan lien

sigit kiri dan sherly kanan saat naik kendaraan bus dan lien

Sabtu pagi lepas subuh kami berangkat. Tentunya malam harinya anak-anak bermalam di rumah untuk mempermudah ke terminal bus. Kali ini kami naik bus karena lebih bisa untuk istirahat dari pada naik sepeda motor seperti saat ke SMP Al-Furqon. Bersama Sigit Wijaya pemain penganti dari absennya Adit, kami naik bus menuju kota Jember. Sigit Wijaya kelas 5  ikut lomba olimpiade IPS.

salah satu kegiatan saat menunggu pengumuman, eksskul smp3 luar biasa heebooooh

salah satu kegiatan saat menunggu pengumuman, eksskul smp3 luar biasa heebooooh

Sambil menunggu pengumuman, seluruh peserta dan pendamping disuguhi pertunjukkan oleh siswa smpn 3 Jember. Penampilan mereka sunggu memukau … keren, kreatif, dan elegan banget …..  yang lebih menarik lagi setelah menampilkan eks skul. Seluruh osis kerja bakti membersihkan sampah. Tahun ini SMPN 3 Jember nampak lebih bagus dan bersih dari tahun kemarin.

Di sisi lain, sejak pagi ibu Sherly juga terus menghubungi kami, kami pesan agar beliau tetap berdo’a. Kali ini Sherly tidak seperti biasanya. Dia lebih ceriah dan bahagia. Sekitar pukul 13.30 lomba diumumkan dan akhirnya Allah memberikan hadiah terbaik buat Sherly Juara III. Allah memberikan hadiah terindah di balik keterbatasan kami (tim puisi tidak bisa ikut semua).

saat pembagian hadiah, sherly menerima piala besat itu

saat pembagian hadiah, sherly menerima piala besar itu

foto bersama dengan juara, guru smpn3 jember, dan pendamping

foto bersama dengan juara, guru smpn3 jember, dan pendamping

Alhamdulillah, di kegiatan ini pula dari Kabupaten Lumajang bisa membawa 2 Tropy, 1 juara diraih Sherly untuk puisi dan satu juara diraih oleh siswa MI Nurul Islam Kandang Tepus 02 dalam cabang tilawah meraih juara 2. MI ini berada di lereng gunung, MI terpencil namun semangat guru dan kepala sekolahnya luar biasa …. selamat

ini dia, siswi dari mi nurul islam kandang tepus kecamatan senduro kab lumajang sekolah mi dilereng gunung juga berani lomba lintas kabupaten . HEBAT

ini dia, siswi dari mi nurul islam 02 kandang tepus kecamatan senduro kab lumajang sekolah mi di lereng gunung juga berani lomba lintas kabupaten . HEBAT

Kini sekolah-sekolah desa mampu menunjukkan prestasi di luar kabupatennya. Kami tunggu sekolah lain yang ingin bergabung bergrilya mencari peluang prestasi-prestasi di berbagai bidang sesuai kecerdasan siswa-siswi kita. Tidak harus di IPA dan Matematika saja … mari gali-gali-dan gali berbagai prestasi anak-anak kita ….. karena setiap anak dilahirkan cerdas bukan ? 🙂

*** terima kasih buat orang-orang baik yang sudah mendo’akan

copas dari fb

      bismillah
saat aku berdiri menghadapMU, ada kekuatan baru dalam dadaku
saat aku mencium tanahMU, ada do’a-do’a baru perubah nasibku
*** mari ciptakan harapan dan semangat baru, marilah sholat

bismillah
kekuatan do’a-do’a itu mampu merubahnya.
* sudahkah kita berdoa hari ini?

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on April 13, 2015, in puisi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Anak-anak memiliki bakat dan potensi berbeda yang unik. Setuju banget dan terima kasih telahmembagikan kisah ini. Semoga anak-anak tumbuh menjadi pribadi unggul sesuai bakat masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: