senangnya berbagi seminar kti saat liburan di smpn 1 candipuro

semninar kti_pak suryadi memamarkan materinya_mendidikLiburan hari ke dua ini memberikan warna sendiri. Undangan seminar pemaparan karya tulis ilmiah oleh guru dan kepala sekolah SMPN 1 Candipuro membuat liburan kali ini lebih ilmiyah. Meskipun saya dari SD pihak sekolah memberi kepercayaan memberi undangan. Komunitas yang berbeda membuat saya ingin banyak belajar dari guru-guru SMP yang secara data lebih pintar dari pada kami guru SD.

semninar kti_kegiatan seminar_mendidik

Kegiatan seminar kali ini akan menyajikan dua judul :

  1. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika Materi Pesawat Sederhana pada Peserta Didik Kelas VII B Semester 1 Tahun Pelajaran 2013-2014 di SMP Negeri 1 Candipuro Kabupaten Lumajang. Oleh Ibu Amin Tri Khasanah, S.Pd. M. Si.
  2. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Conference Writing pada Siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Candipuro Kabupaten Lumajang Tahun Pelalajaran 2014/2015. Oleh Bp. Suryadi, M.Pd.

Peserta dari lembaga TK, SD, dan SMP dan hampir 85 % berasal dari SMP. Guru-guru tersebut juga berasal dari beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Lumajang. Kegiatan bertempat di Laboratorium IPA SMP N 1 Candipuro. Seminar ini diawali pencerahan dari Bp. Syamsul Huda, M.Sc. Pengawas Pendidikan untuk SMP dan secara resmi dibuka oleh beliau.

semninar kti_pak suryadi memamarkan materinya_mendidik

Pemaparan pertama disampaikan oleh Ibu Amin Tri Khasanah, S.Pd. M.Si. Model Picture and Picture adalah model pembelajaran dengan media gambar-gambar agar siswa membedakan berbagai jenis pesawat sederhana. Kegiatan ini dilakukan dengan kelompok. Banyak tanggapan dari peserta tentang PTK ini.

Dari ide beliau tetang model Picture and picture membuat saya menemukan ide baru tentang pembelajaran pesawat sederhana. Ingin tahu, insyaallah akan kami paparkan di posting selanjutnya.

semninar kti_tanggapan dari perserta ayo mendidiktanggapan dari para peserta menambah wawasan dan ide baru

Sebagai apresiasi kami, kami hadiahkan Majalah Suara PGRI buat Ibu Amien. Semoga menambah semangat menulis dan berbagi ilmu.

Tahap ke  dua adalah leader dari SMPN 1 Candipuro. Bp. Suryadi merupakan teladan bagi kita semua. Di lembaga sendiri beliau menjadi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Dengan berbagai kelebihan dan tenntunya ada kekurangan beliau berani tampil di depan guru-gurunya sendiri. Hal ini tentunya jauh lebih berat dari pada seminar di depan orang yang beliau tidak kenal.

semninar kti_hadiah dari dewan redaksi majalah suara pgri_mendidikhadiah dari dewan redaksi untuk pemateri seminar

Teknik yang beliau paparkan menekankan pada kegiatan siswa untuk bekerja sama membuat sebuah tulisan (cerpen). Dengan bekerja sama siswa diharap bisa berdiskusi, berbagi ide, dan mengedit hasil karya mereka. Intinya ada student help student.

Tanggapan dari KTInya juga lebih seru termasuk dari Bp Syamsul Huda selaku pengawas SMP. Beliau aktif memberikan masukkan dari 2 KTI ini.

Kegiatan yang benar-benar ORGANIK. Kegiatan yang harusnya diikuti oleh lembaga lain. Seminar tidak hanya foto-foto pelengkap data saja, namun benar-benar asli seminar. Sehingga ada nilai tambah bagi pemateri dan juga peserta seminar.

Dalam kegiatan ini setiap peserta mendapatkan :

  • hand out KTI 2 pemakalah
  • 2 Sertifikat
  • seminar gratis
  • snack + air mineral
  • makan siang
  • ilmu baru
  • kenalan guru baru

Semoga sukses buat beliau berdua (pemakalah), kami Dewan Redaksi Majalah Suara PGRI dan admin AYO MENDIDIK siap datang jika diundang dalam seminar KTI yang lain. Insyaallah

semninar kti_foto bersama pak syamsul huda_ayo mendidik

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Juni 15, 2015, in seminar and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Maasya Allah. Luar biasa semangat guru-guru. Terima kasih telah berbagi semangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: