outingclass wujud kelas inspirasi ala siswa desa

donor darah 4 ayo mendidik“Berdebar rasa hati saat memasang jas laboratorium, tak terfikir sebelumnya akan memakai baju seperti yang aku lihat di televisi. Belajar kali ini benar-benar membuat aku merasakan hal yang baru dan tak akan ku lupakan selama hidupku”. Kata salah satu siswa saat baru ke luar dari kantor PMI.

Kegiatan belajar kali ini memang berbeda dengan belajar sebelumnya. Kali ini program kelas 6 SDN Jambekumbu 1 Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang mengadakan outingclass ke kantor PMI, Festival Buku Gramedia, dan Pendopo Kabupaten.

Kita simak proses belajar dengan cerita bergambar yuk ….

untuk

Sebagian besar siswa kami tidak tahu kondisi alun-alun kota dan lingkungan sekitarnya. Outingclass kali juga memberikan ruang belajar agar mereka juga tahu alun-alun dan perkantoran sekitarnya.

donor darah 2 ayo mendidikKantor PMI memberikan suasana belajar berbeda bagi mereka lebih khusus tentang materi yang berhubungan dengan darah dan sikap berbagi dengan sesama. nampak di atas siswa sedang belajar proses mengetahui jenis golongan darah.

donor darah 3 ayo mendidikLebih dalam lagi, mereka semakin berdebar saat memakai jas laboratorium. Ikut mengamati bagaimana memisahkan bagian-bagian darah. Sebuah proses yang sulit didapatkan di kelas-kelas pada umumnya.

donor darah 4 ayo mendidikBersama pemandu yang ramah dari kantor PMI Lumajang, anak-anak benar-benar menikmati suasana belajar yang mengasyikkan. Nyaman seperti dinginnya ac di kantor PMI saat itu.

donor darah 1 ayo mendidikTerima kasih sebesar-besarnya, buat seluruh Bapak/Ibu guru baru kami (petugas kantor PMI) terima kasih ilmunya. Semoga kebaikan Anda kepada siswa desa ini dibalas oleh Nya. Amiin

perpus pameran buku2 ayo mendidikKegiatan selanjutnya adalah belajar di festival buku gramedia. Buku tak lepas dari pendidikan dan proses belajar. Mengajak siswa ke pameran buku artinya mendekatkan mereka ke gudang ilmu pengetahuan. Lebih-lebih memotivasi mereka untuk menghasilkan sebuah buku. Wah luar biasa.

foto bersama di pameran buku ayo mendidikMemberi inspirasi kepada siswa tak perlu lihat anak desa, kota, kaya, miskin, jawa, cina, atau perbedaan yang lain. Ajak mereka melihat indahnya bumi dari berpijak di awan. Melihat matahari dari balik lebatnya hutan, karena engkau guru. Tugas kita membelah dunia hati dan jiwa siswamu dengan impian kebaikan
‪#‎janganbatasibelajarkarenaanakdesa‬

Program Outingcalass kami laksanakan setiap satu semester maksimal dua kali. Dengan bembelajaran ini diharapkan siswa-siswi kami yang tinggal di desa juga bisa belajar di kota. Memberikan semangat bahwa anak desa juga bisa seperti anak kota yang memiliki cita-cita besar.

Kami yakin semua guru yang ingin memberikan hal lebih dan berdedikasi dalam profesinya. Ingin memberikan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih inovatif kepada siswa-siswinya. Dengan kegiatan seperti ini proses belajar tidak jenuh. Ide-ide baru, kebersamaan, dan banyak pengalaman didapat siswa kita.

Namun, ada juga sebagian kecil guru kita atau kepala sekolah yang menganggap kegiatan semacam ini hanya boleh dilakukan oleh anak kota, sekolah maju, atau sekolah yang bonavit. Sebuah pemikiran yang kurang tepat menurut kami. Di manapun kita mengajar sebaiknya kita memberikan pelayanan prima kepada siswa kita. Semaksimal yang kita mampu, dan kondisi siswa siap melaksanakannya.

Bagaimana dengan dana? Apa seluruhnya dari BOS? Ya tentunya tidak dari BOS saja, karena dana BOS sudah ada posnya masing-masing. Sekolah yang baik pasti bijak dalam penggunaan dana BOS. Kegiatan kali ini anak-anak menabung untuk ongkos transport. Sewa mobil iuran Rp15.000,00 persiswa. Untuk bekal siswa membawa bontot (nasi dari rumah). BOS hanya dikenai biaya makan siang guru, sisanya buat transport. Jadi total makan siang dan transpor sebesar Rp25.000,00 setiap guru. Hal ini sudah cukup mengingat outingclass juga proses pembelajaran. Karena proses pembelajaran guru tak perlu diberi lebih karena memang ini sudah tugasnya, untuk gaji sudah ada jatah setiap bulannya.

Semoga kegiatan bisa menginspirasi anak-anak lebih baik lagi. Semoga juga bisa menjadi inspirasi bagi rekan guru-guru lain.

Berikut ini tugas siswa dalam outingclass : OUTINGCLASS 2015 (klik untuk download)

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on September 12, 2015, in outingclass and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: