perjuangan tim puisi siswa desa

juara 3 cipat puisi smp 3 jemberYa … apa yang kita inginkan kadang tak semulus yang kita rencanakan. Allah, maha tahu segala yang terbaik buat hamba-Nnya. Begitu juga dengan tim puisi yang kami tumbuhkan di sekolah desa ini. Di balik rencana meraih dua juara. Di balik kelemahan ini, Allah memberi kekuatan dan hidayah yang tidak bisa kita duga-duga.

Rencana mengirim 3 siswa akhirnya pupus sudah. Ariel yang kemarin juara 2 di SMP Al-Furqon tidak bisa ikut karena syarat harus kelas 5 dan 6. Rendra yang kemarin juara 3 di SMP Al-Furqon, 2 hari latihan benar-benar menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Namun, Allah berkehendak lain, 2 hari sebelum lomba ia terjatuh bersama ayahnya dari kendaraan. Lukanya lumayan parah, akhirnya tidak bisa berangkat ke lomba.

Tinggal satu duta, Sherly Arinda Fauziah siswa kelas 5 yang bisa berangkat. Di SMP Al-Furqon kemarin dia tidak  masuk 6 besar karena di babak penyisihan mik yang dia pakai jatuh dan suaranya tidak bisa lantang. Meskipun kemampuan cipta dan baca puisi Sherlly bagus nasibnya tidak sebagus kakak kelasnya Mila Agustina yang mampu juara tingkat propinsi (kisahnya di sini). Namun kami punya keyakinan, ini ta’dir Allah yang harus dijalani. Pasti ada kebaikan di baliknya.

smpn 3 lumajang di bus

Jum’at siang itu kami menjemput Sherly di rumah neneknya. Neneknya yang sedang sakit melepas Sherly dengan berat hati. Ada kesegaran baru sebelum kami berangkat, ibu Sherly yang kerja di Kalimantan menelfon. Telfon ibunya adalah kekuatan tersendiri bagi kami. Di lomba-lomba sebelumnya ibunya tidak pernah menghubungi, kini kami bisa diskusi dan curhat dengan beliau. Beliau juga siap berdoa untuk kesuksesan putrinya. Sherlly ditinggal ibunya sejak TK, beliau kerja ikut suami barunya di Kalimantan.

Dengan membonceng Singit dan Sherly, saya melaju motor menuju tempat singgah pertama sambil rehat untuk sholat Jum’at. Sebelum kami ke Lumajang masih ada satu tugas membina puisi siswa MI. Pembinaan bersama siswa MI se kecamatn Senduro berjalan lancar. Kami bahagia, meski mengajar di SD masih bisa berbagi dengan guru-guru dan siswa MI. Sherlly juga sempat tampil membaca puisi di depan siswa dan guru MI sebagai contoh.

Saat masuk kota Lumajang, tiba-tiba sepeda motor oleng ke kanan dan ke kiri. “Ah, ban bocor”, Untung 100 meter di depan nampak tukang tambal ban. Allah ijinkan kami istirahat tambal ban dan sholat duhur berjamaah di mushola sebelah bangkel itu.

Seperti biasanya, siswa kami yang akan lomba bermalam di rumah. mengingat dari rumah ke sekolah (tempat tinggal siswa) berjarak kira-kira 25 km. Dengan bermalam di rumah kami bisa siap-siap lebih awal. Selain itu, kami gunakan sore dan malam hari untuk pembinaan tambahan. Sigit tidur di shofa dan sherlly menggelar kasur kecil di ruang ke luarga. Begitulah, rumah kontrakan kami sudah biasa menjadi rumah ke dua anak-anak.

Lepas sholat subuh kami langsung keterminal, bersama remang pagi bus membawa kami ke kota sebelah. Alhamdulillah, meskipun agak terlambat sampai juga di tempat lomba.

smp jember meraih pialaSejak pagi, ibu Sherly terus menghubungi kami. Kali ini Sherly tidak seperti biasanya. Dia lebih ceriah dan bahagia. Sekitar pukul 13.30 lomba diumumkan dan akhirnya Allah memberikan hadiah terbaik buat Sherly, ia juara III. Kesampaian juga Sherlly juara puisi di kota lain.

Tulisan dibuat untuk Lomba Menulis “Guruku Pahlawanku”

keterangan :

  • foto 1 : dalam ankot saat perjalanan ke jember
  • foto 2 : sherly memakai baju pramuka bersama juara lain
  • kisah pembinaan puisi dengan siswa mi  desa klik di sini
  • kisah siswa kami mila agustina kakak kelas sherlly klik di sini
  • proses pembinaan puisi di sd kami klik di sini
  • Kujuaraan yang pernah kami raih klik di sini dan di sini
Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on November 19, 2015, in lomba menulis and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: