pelatihan membuat soal interaktif hari ke 2 bersama gupas dan plaza telkom

 

pak al muratifPelatihan hari ke dua ini terasa lebih capek dari kemarin. Kok bisa? Pertama, peserta dari GUPAS sendiri. Tentunya lebih cerewet dari pada peserta di luar gupas. Mereka dalam dunia IT juga sudah biasa, jadi banyak pertanyaan (cerewat) yang mereka utarakan. Materi yang kami berikan tentunya lebih banyak dari pembasan kemarin. Alasan kedua, pelatihan kali ini bersamaan dengan karnaval harjalu jadi butuh tenaga eksra untuk sampai dan pulang dari tempat pelatihan. Ingin tahu lebih jauh, kita simak sama-sama kisah berikut.

peserta kadang beranda kadang juga super serius heeeee ..... lihat pak hariyanto yang tegang banget

peserta kadang beranda kadang juga super serius heeeee ….. lihat pak hariyanto yang tegang banget

Rencana diproposal pelaksaan hari kedua pelatihan membuat soal interaktif pukul 13.00, karena ada karnaval kegiatan dimajukan pukul 11.00 s.d. 14.30. Sesi pertama kata pengantar dari Pak Enjang tentang GUPAS dan PROGRAM ke depan. Baru dilanjutkan materi membuat soal interaktif oleh Pak Bakri. Pembahasan kali ini benar-benar padat, materi yang disampaikan sudah mencapai 75%. Semua ini karena banyak pertanyaan dari peserta.

Waktu rehat digunakan untuk sholat duhur di musholah belakang Telkom Plaza. Usai sholat kami menyibak para penonton karnaval untuk makan siang. Ya, pelatihan GUPAS gratis, jadi makan siang beli sendiri-sendiri di pinggir jalan. Asyik juga bisa makan siang bersama di pinggir jalan sambil lihat manusia berjubel menunggu parade karnaval lewat. Terdengar sayup-sayup parade drumband peserta pertama karnaval mendekat, lumayan merefresh kepenatan. Bersama berlalunya parade drumband, kami masuk ke ruang pelatihan untuk sesi berikutnya.

pihak telkom berkenalan dengan gupas menjadi kerja sama

pihak telkom berkenalan dengan gupas menjadi kerja sama

Sambutan pihak telkom mengawali sesi kedua pelatihan. Program INDHIHOME yang ditawarkan memiliki banyak keistimewaan. Selain bisa internetan unlimited juga bisa memutar tayangan televisi seminggu yang lalu. Kegiatan selanjutnya adalah postes membuat soal interaktif. Selama 45 menit peserta mengeksplor dirinya untuk lebih detail mengembangkan pemahamannya dari materi awal. Para peserta diberi kebebasan memilih materi soal. Boleh menggunakan gambar dan suara untuk mempercantik tampilan soalnya. Tambah leluasa karena ada internet INDHIHOME di ruang pelatihan, mereka bisa browesing gambar, audio, dan video yang mendukung pembuatan soal.

setelah postes, sudah nampak seluruh peserta mampu membuat soal interaktif dan mendapat nilai di atas kkm. Peserta terbaik juga ada, lihat di foto siapa beiau

setelah postes, sudah nampak seluruh peserta mampu membuat soal interaktif dan mendapat nilai di atas kkm. Peserta terbaik juga ada, lihat di foto siapa beiau. mendapat mercandise kalung GURARU

Satu persatu peserta menampilkan hasilnya. Semua bagus dan mendapat nilai di atas KKM. Untuk peserta dengan hasil terbaik kali ini diraih oleh Bp. Almuratif dari SDN Pasrujambe 01.

Perjalanan pulang merupakan tantangan baru. Padatnya penonton karnaval menjadi penghalang jalan kendaraan bermotor. Trotoar alternatif terakhir untuk sampai gang agar lepas dari kerumunan orang. Berkisar 20 menit akhirnya kami bebas dari jerembab lautan manusia.

Bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan serupa, bisa menghubungi kami  GUPAS (0856 4584 3399). Terima kasih kepada pihak Telokom Plaza yang sudah memfasilitasi kegiatan guru-guru Lumajang untuk mengembangkan kemampuannya, semoga dibalas oleh-Nya dengan kebaikan yang lain.

Bagi Bapak Ibu yang ingin memasang internet INDHIHOME bisa menghubungi Bp Hariyono (082335232789) atau telkom plaza lumajang.

APA SIH GUPAS ITU?

Dari tulisan di atas muncul kata GUPAS. Apa sih sebenarnya GUPAS itu? GUPAS akronim dari Guru Pasrujambe. Sebuah grup wahtshapp guru-guru Pasrujambe. Grup awalnya bernama BeJaGu akronim dari Belajar Jadi Guru yang beranggota guru-guru yang punya whatshap. Dengan berbagai pertimbangan dan agar bisa lebih mudah dikenali maka BeJaGu berubah jadi GUPAS.

Komunitas ini tidak sekedar online, namun juga melakukan kegiatan offline dengan kegiatan kopdar (kopi darat) atau ketemu secara langsung untuk peningkatan mutu pendidikan. Tentunya di luar kegiatan jam pembelajaran di sekolah. Seperti kegiatan bersama pihak telkom plaza Lumajang. Bagi Anda yang ingin kodar bersama BEJAGU bisa juga menghubungi nomor di atas.

Ingin tahu lebih jelas GUPAS, Anda bisa membaca Majalah Suara PGRI 2 edisi yang lalu.

ingin tahu hari pertama klik di sini

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 19, 2015, in pelatihan, pelatihan literasi dan weblog and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: