lebih produktif di atas kendaraan saat ke tempat dinas

gaurancuri256Perjalanan selama 30 sampai 60 menit di atas kendaraan merupakan waktu yang tidak sedikit jika berlangsung seminggu atau bahkan sebulan. Taruhlah rata-rata waktu berangkat 45 menit dan pulang 45 menit, artinya satu hari berkisar 90 menit. Jika satu minggu berarti 90 menit x 6 hari = 540 menit atau 9 jam, Satu bulan 36 jam. Wau, waktu yang cukup untuk menerangkan 2 atau 3 bab pelajaran.

Jadi, apasih yang dilakukan guru-guru kita di atas kendaraanya selama perjalan dinas? Tentunya beragam yang beliau lakukan. Berdasarkan pengalaman pribadi, waktu-waktu ini kami manfaatkan untuk hal-hal produktif untuk mengisi waktu perjalanan. Apa saja sih? Yuk kita amati, jika mungkin ada hal lain yang bisa dibagi, silhakan ditambah ya …..

Akhwat-naik-motor1

SAAT BERANGKAT DINAS

HARI SENIN

Hari Senin di sekolah tentunya melaksanakan upacara. Ya, perjalanan dari rumah ke sekolah berkisar 45 menit itu kami gunakan untuk menyusun beberapa hal yang akan disampaikan saat jadi pembina upacara. Mencari hal-hal penting yang sudah terlaksana dan perlu perbaikan, program terdekat sekolah, dan tentunya hal-hal menarik lain yang diperlu disampaikan ke siswa.

MENCIPTA PUISI ATAU TULISAN

Karena menjadi Dewan Redaksi di MSP kami usahakan minimal satu bulan satu tulisan. Saat berangkat di atas motor selama 45 menit waktu yang cukup bagi kami mencari ide-ide baru untuk membuat tulisan. Tentunya hanya garis besarnya saja dan tujuan dari tulisan tersebut. Malam hari baru menulis lebih detil di depan leptop seperti saat tulisan ini diketik.

Karena kami juga punya blog (www.ayomendidik.wordpress.com) agar blog produktif, setiap minggu kami berusaha mengupdate tulisan tebaru. Waktu di kendaran ini juga cukup untuk mencari ide tersebut.

MENCARI IDE BARU UNTUK PROSES PEMBELAJARAN

Kita juga bisa menggunkaan waktu ini untuk mencari ide-ide baru agar siswa bisa belajar dengan baik. Waktu 45 menit ini cukup untuk berfikir mencari ide baru. Misalkan hari itu ada 3 mata pelajaran, ambil satu dulu materi yang kita fokuskan. Cobalah untuk fokus dan mencari teknik baru dalam mengajar. Beberapa teknik yang sudah pernah kami temukan saat di kendaraan juga sudah mewarnai MSP di edisi sebelumnya.

MENDENGARKAN CERAMAH AGAMA/MUROTAL

Pagi hari otak dan hati masih bersih. Saat-saat ini juga baik untuk mengisi jiwa kita dengan siraman rohani. Selama perjalan 45 menit sangatlah cukup untuk mendengarkan ceramah agama. Tentunya kita menggunakan handset yang tidak menganggu proses perjalanan. Jadi bisa taklim di atas motor, lumayankan untuk menambah ilmu agama kita, agar hidup kita lebih baik.

Jadi jika ada guru yang sedang naik motor pakai handset, bukan berarti beliau lagi asyik mendengarkan lagu saja ya. Bisa juga beliau sendang mendengarkan kajian ilmu agama atau mendengarkan bacaan Al-Quran.

MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK

Waktu 45 menit cukup lo untuk menghafal 2 atau 3 ayat Al-Quran, jadi kenapa tidak kita manfaatkan untuk hal itu? Bisa dicoba ya ….. atau kalau perlu surat yang sedang kita hafalkan ditempel di motor kita, sehingga sesekali jika lupa bisa meliriknya.

gaurancuri256

SAAT PULANG DINAS

Saat pulang biasanya lebih santai, bahkan ada juga yang kendaraanya dimatikan. Motornya berjalan sesuai dengan jalur menurun di jalan. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Kami sendiri memanfaatkan jam pulang biasanya untuk :

KEGIATAN DI RUMAH

Di sekolah seolah-olah kita kenap hipnotis, lupa dengan rumah dan keluarga. Konsentrasi ke kegiatan di sekolah, namun saat pulang dari dinas semua hal di sekolah begitu nyata di otak. Ya, waktu perjalan pulang inilah kita gunakan untuk berfikir beberapa kegiatan yang kita rencanakan hingga waktu tidur.

MENDENGARKAN MUSIK

Ya, musik bagi sebagian besar orang merupakan alat penenang dan penghibur. Kadang juga kami masih melakukan itu dalam perjalanan pulang. Asyik juga sambil melamun hal-hal yang bisa dikenang.

Pembaca MSP, begitu beberapa kegiatan yang kami lakukan selama proses perjalan berangkat dan pulang saat dinas. Tentunya tetap konsentrasi ke jalan saat kita di atas kendaraan. Dan jangan lupa berdoa saat mau berangkat, serta banyak-banyak mengingat Allah dalam perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan. (dik bakri)

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Februari 15, 2016, in ceritasekolah and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Benar2 memanfaatkan sekali waktu yg ada…..itu hanya waktu dikendaraan saat pergi dan pulang dinas saja belum lainnya, membayangkan diriku juga saat berkendaraan yg “komat kamit” hehe……. bagus sekali terima kasih…..jempol ✌buat ust. bakri.

  2. alooow Pak Guru Hebat, pripun kabare? smg dlm sehat dan sukses slalu, salam buat guru-guru dan murid di SDN Jambekumbu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: