“tolop” mainan anak es de duloe

tolopPagi itu masih sepi, udara dingin membuat suasana semakin senyap. Apa lagi bulan ini bulan Ramadhan, sebagian besar masyarakat sekitar alun-alun Lumajang masih asyik melanjutkan tidur yang terpotong dengan ibadah sahur. Begitu juga kondisi jalan alun-alun timur. Ujung Jalan Sultan Agung yang biasa ramai dengan penjual kaki lima saat Car Freeday, pagi ini lengang.

Dengan sepeda saya mini melintas di alun-alun timur. Saat di pertigaan menuju Jalan Sultan Agung. Tepatnya di trotoar pojok selatan barat SMP Kristen, nampak penjual mainan duduk sendirian. Mainan itu membuat aku harus menghentikan sepeda angin.

Ya, mainan ini mengingatkan masa kecilku dulu. Kakek sering membuatkanku saat bulan puasa. Mungkin agar aku sedikit lupa dengan rasa lapar sehingga kakek membuatkan mainan ini. Seingat saya namanya dulu “tembak-tembakan”. Menurut si penjual namanya “tolop”.

Tiba-tiba ada anak kecil turun dari sepeda angin dan bertanya ke Si Penjual.  “Pintenan Lek?” “Dua Ribu bos” sahut Si Penjual. “Wah duwitku mek sewu lek”. Akhirnya karena saya ingin melihat anak itu main, saya suruh dia membeli dengan harga separuh dari saya. Maturnuwun Lek” kata anak seusia kelas V SD tersebut sambil menggayuh sepeda yang sudah mulai berkarat.

Panggil saja namanya Sunarsono, tinggal di Desa Blukon, laki-laki yang usianya sekitar 38 tahun ini bekerja sebagai penjual tembak-tembakan dari bambu “tolop”. Pekerjaan ini ia tekuni setiap pagi di bulan ramadhan. Pekerjaan utamanya adalah penjual roti kering. Karena pagi hari semua orang berpuasa, maka ia menjual tolop sebagai alternatif pekerjaanya.

Untuk lebih lenjut kisahnya di Majalah Suara PGRI edisi Juli 2016

kita lihat videonya yuk ….

tolop

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Juni 18, 2016, in mainan tradisional, video and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: