luar biasa, 1 guru 5 judul dalam pelatihan penulisan kreatif TLC lumajang

team-buildingPeserta juga tidak percaya jika dirinya mampu menulis 5 judul dalam satu pelatihan. Guru-guru SMP, SMA, dan SMK ini akhirnya sadar jika dirinya memiliki potensi untuk menjadi penulis. Ya, karena memang guru-guru kita juga guru pembelajar yang layak menjadi penulis. Dengan menata sedikit motivasi untuk menulis serta membuka “fikiran kreatif” agar mendapat ide dengan mudah. Untuk lebih jelasnya kita simak reportase salah satu peserta Ibu  Arifianti Dwi dari SMA Jatiroto berikut.

Pagi itu matahari bersinar cerah ketika guru-guru dari sejumlah SMP/SMA/SMA Kabupaten Lumajang berkumpul di Gedung TLC Lumajang. Bukan tanpa sebab mereka semua berkumpul karena selama dua hari mulai tanggal 21-22 September 2016 mereka akan mengikuti Pelatihan Menulis Kreatif. Pelatihan ini deselenggarakan oleh Training Learning Center (TLC) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang.

tim-building-penulisan-kreatif-bersama-pesertaPelatihan ini dimulai pada hari Rabu, 21 September 2016 jam 08.30 WIB. Acara dibuka oleh Kabid Dimenum Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Bapak Agus Salim, M.Pd. Beliau yang notabene berlatar belakang seorang pendidik  dalam sambutannya menyampaikan bahwa guru tidak boleh malas untuk menulis, karena dengan menulis banyak hal bermanfaat yang bisa kita peroleh. Hadir pula dalam pelatihan tersebut Ketua TLC Kabupaten Lumajang, Anang Dwi Ujianto, S.Pd, MM menyampaikan tentang TLC.

Pada hari pertama kegiatan pelatihan diawali dengan materi Menjadi Penulis Kreatif.materi disampaikan oleh Narasumber M.Subakri. Beliau merupakan guru berprestasi yang memang aktif menulis. Selain sebagai guru beliau merupakan sekretaris Majalah Suara PGRI. Sebelum penyampaian materi diadakan Pretest dimana para peserta pelatihan disuguhkan sebuah gambar untuk kemudian diceritakan dengan gaya bahasa bertutur. Setiap peserta diberi waktu 15 menit untuk menulis.Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Team building utuk membentuk kelompok. Tiap anggota kelompok mendapat tugas untuk menulis definisi penulis kreatif menurut pendapat masing-masing. Setelah itu dibuat peta konsep dan dipresentasikan. Salah satu kelompok yang menamakan diri sebagai kelompok Mantap  diwakili oleh Ibu Trisiana Wahyuningsih, S.Pd mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

Materi kedua disampaikan oleh narasumber ibu Rini W. S.Psi tentang PKB. Dijelaskan oleh B.Rini dalam PKB terdapat unsur Karya Inovatif dimana ntuk mengghasilkan karya inovatif diperlukan keterampilan menulis. Pada sesi ini peserta pelatihan juga diberikan tugas untuk menulis tentang kegiatan yang dilakukan selama mengikuti pelatihan hari pertama.

team-building-pelatihan-menulis-tlc-lumajangMateri ketiga dilanjutkan oleh narasumber M.Subakri tentang Motivasi menjadi Penulis Kreatif. Bagaimana agar kita tetap termotivasi menulis diantaranya adalah dengan menulis kita punya banyak teman, menulis bisa membantu sesama, dan ada juga yang termotivasi menulis karena dipaksa, dan masih banyak lagi hal-hal yang membuat seseorang memiliki motivasi untuk menulis. Setelah mengikuti sesi ini, para peserta diminta untuk membuat cerita dengan memilih salah satu atau lebih motivasi yang membuat peserta bergairah untuk menulis. Sesi terakhir di hari pertama pelatihan ditutup dengan tugas menulis cerita menarik dari dalam rumah masing-masing peserta didik yang diikuti perasaan dan emosi yang ditampilkan penulis.

Di hari kedua pelatihan dimulai jam 08.00 WIB dibuka oleh narasumber M.Subakri dengan materi Menulis Kreatif di Majalah/Blog dilanjutkan dengan pembuatan WebBlog. Pada sesi ini peserta diklat diberi tugas untuk menulis tentang Reportase kegiatan pelatihan dengan jumlah kata 400-2000.Setelah selesai tulisan tersebut akan dimasukkan ke Blog yang telah dibuat oleh masing-masing peserta diklat.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SMP/SMA/SMK Kabupaten Lumajang agar mereka memiliki motivasi untuk menjadi penulis kreatif. Dalam pelatihan tersebut guru-guru diberikan materi tentang bagaimana cara-cara menulis krestif. Hasil akhir yang diharapkan adalah agar guru-guru tersebut nantinya mempunyai kebiasaan untuk menulis dan lebih produktif menghasilkan karya tulisan kreatif.

oleh : Arifianti Dwi SMA Negeri Jatiroto

lihat videonya yuk

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on September 25, 2016, in pelatihan literasi dan weblog and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Senangnya bisa menulis lagi, mudah – mudahan istiqomah, Aaamiiin…………

  2. Senang rasanya bisa bergabung dengan Pelatihan ini, mudah – mudahan ada pelatihan – pelatihan lain yang bisa saya ikuti. Bisa menambah pengalaman dan rekan baru, Aaamiin ………………

  1. Ping-balik: 5 tulisan dalam satu pelatihan penulisan_guru pasti bisa | Site Title

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: