peningkatan motivasi belajar siswa saat liburan dengan game bom whatsapp

 “Liburan telah tiba … liburan telah tiba”  kalimat kegembiraan bagi yang akan menjalaninya. Bulan-bulan ini memang banyak waktu libur. Entah itu libur hari besar, ujian sekolah, ujian awal ramadhan, liburan akhir semester, dan liburan akhir semester. Tentunya libur merupakan waktu untuk bersantai dan bersenang-senang. Namun tidak seharusnya waktu liburan full untuk bersantai. Kita harus bisa menyisihkan waktu untuk tetap menambah ilmu, artinya waktu belajar juga harus dijadwal.

Liburan seminggu bagi kelas I sd V saat kelas VI Ujian Sekolah bukanlah full liburan. Mengingat dua minggu setelahnya masih ada ujian kenaikan kelas. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi guru untuk membuat inovasi agar semua siswa tetap belajar meskipun liburan. Kita tahu, waktu liburan membuat siswa-siswi kita malas untuk membuka buku. Termasuk juga melakukan aktivitas pagi seperti mandi pagi, membantu orang, dan sholat. Namun, tidak ada yang sulit bagi GURARU (guru era baru) dengan IT (informasi dan teknologi) guru masih bisa mengembangkan pembelajaran. Kita boleh jauh dari siswa, namun dengan teknologi bisa tetap merasa dekat. Hal ini sesuai dengan moto kita (GURARU)  “TIK menjadikan pembelajaran tak terbatas ruang dan waktu”.

Kelas VC SDN Ditotrunan 01 Lumajang Jawa Timur dari 36 siswa ada 30 siswa yang sudah memiliki HP. Dari 36 wali murid ada 35 orang tua yang sudah menggunakan whatsapp. Dengan data ini kami memanfaatkanya untuk media pembelajaran dengan  nama “Peningkatan Motivasi belajar siswa saat Liburan dengan Game Bom Whatsapp (GBW)”.

Kajian Pustaka

Menurut Riduwan (2006 : 210) Motivasi merupakan suatu daya atau kekuatan yang timbul dari dalam diri siswa untuk memberikan kesiapan agar tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Sedangkan belajar merupakan suatu proses yang dilakukan siswa untuk memperoleh perubahaan tingkah laku yang lebih baik dari sebelumnya sebagai hasil pengalaman siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Game diartikan permainan, permainan berupa pertanyaan-pertanyaan tentang materi dan kegiatan siswa

Bom adalah icon bom yang berarti tanda waktu mengerjakan sudah habis

Whatsapp adalah media sosial yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi baik teks, gambar, audio, atau video.

Dari pernyataan di atas bisa ditarik benang merah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa saat liburan guru menggunakan media permainan berupa perntanyaan-pertanyaan yang disampaikan melalui media sosial whatsapp yang disebut Game Bom Whatsapp (GBW).

Apa Manfaat Game Bom Whatsapp (GBW)”?

  1. Menjadikan HP (smart phone) siswa lebih produktif untuk pembelajaran.
  2. Melatih siswa untuk beretika dalam media sosial terutama wahtsapp  (Digital Citizenship).
  3. Membangun image bahwa internet tidak selalu bernilai negatif (guraru berani menginspirasi).
  4. Siswa termotivasi untuk tetap belajar meskipun liburan.
  5. Siswa tetap disiplin melakukan atifitas sehari-hari di rumah.
  6. Mengikutkan peran serta orang tua dalam mendampingi siswa di rumah. Terutama pengawasan dalam pemanfaat teknologi.
  7. Bisa dikembangkan oleh bapak/ibu guru dalam pembelajaran di kelas masing-masing.

Bagaimana membuat  GBW?

Membuat grup whatsapp kelas
Grup whatsapp kelas menjadi ruang kelas ke dua setelah ruang kelas sesunggunya. Di sini tidak hanya sekedar memberi informasi kegiatan sekolah, namun juga menjadi media untuk kegiatan belajar mengajar (KBM). Di kelas 5C sudah dibentuk grup siswa yang dibuat oleh Hanina Ratu pada tanggal 2 Desember 2016

Membuat grup whatsapp orang tua

Setiap kelas biasanya punya paguyuban, kita bisa meminta ke pengurus paguyuban untuk membuat grup whatsapp agar mudah koordinasi. Grup ini juga bisa digunakan media pembelajaran bagi orang tua terkait pembelajaran dengan siswa. Di kelas kami sudah ada grup wali murid yang dibuat oleh Pak Agung, salah satu wali murid kelas 5C. dibuat pada tanggal 25 Juli 2016.

 

Membuat Game

Game disini adalah pertanyaan-pertanyaan tentang materi pelajaran dan aktivitas siswa. Cara mengerjakannya dengan adu cepat menjawab dalam grup, maka siswa menganggapnya sebuah game (permainan). Adapun bentuk soal dibagi menjadi dua.

  1. Soal langung ditulis di wall whatsapp. Siswa menjawab sesuai peraturan.
  2. Soal dibuat melalui google form. Siswa menjawab dengan tertuju ke soal google form.

Bagaimana Cara bermain GBW?

Persiapan

Sebelum masa libur tiba  guru mengajak siswa bermain GBW di kelas. Menyampaikan aturan main seperti yang akan di jelaskan di bawah ini. Jika siswa mengalami kesulitan bisa dibantu langsung. Semisal salah satu siswa belum masuk ke grup, belum punya wa, dan hal lainnya.

Penerapan Di Rumah

Game berupa pertanyaan dengan materi dari pelajaran di sekolah dan pertanyaan terkait kegiatan siswa di rumah. Pertanyaan bisa langsung diketik di wall grup kelas atau bisa juga diberikan link soal yang dibuat di google formulir. Guru menulis tiap poin siswa secara periodik. Memberikan reward bagi 3 siswa dengan point tertinggi.

Cara Bermain GBW

  1. Guru memberikan informasi kegiatan GBW pada hari yang ditentukan melalui grup whatsapp orang tua dan siswa. Misalkan hari ini GBW dilaksanakan setelah sholat subuh, habis duhur, dan habis isyak.GBW INFOMRASI
  2. Pada jam yang ditentukan guru menyampaikan peraturannya, seperti di bawah ini.

GBW PERATURAN'

  1. Guru membuat pertanyaan dan mengirim lewat grup siswa. Pertanyaan pertama dan kedua menanyakan kegiatan siswa, pertanyaan no 3 dan seterusnya tentang materi sekolah.
  2. Siswa menjawab dengan di dahului nama_icon_ : jawaban.

GBW CONTOH PERTANYAAN

  1. Setelah ada sekitar 10 siswa yang menjawab atau guru menentukan waktu misalkan 1 soal 30 detik, maka tanda bom dikirim sebagai tanda waktu mengerjakan udah selesai. Guru menilai dan menyampaikan setiap siswa yang dapat point

GBW PEMBERIAN SKOR

  1. Guru merekap siswa yang mendapat point.
  2. Begitu seterusnya sampai pertanyaan selesai.
  3. Bentuk soal yang lain juga bisa dibuat dengan google form seperti di bawah ini. Screenshot_2017-05-19-13-38-23jika ingin mencoba soalnya bisa klik di sini  jika ingin mengetahui sudah dikerjakan berapa siswa klik di sini
  4. Setelah liburan usai, guru memberikan hadiah bagi peserta dengan point tertinggi.

agar lebih jelas amati video berikut ini

Analisis Data dari pelaksaan GBW

Dari hasil angket yang diberikan secara online kepada siswa, didapat data sebagai berikut.

data angket ortu 5

jika ingin mengetahui angket bisa klik di sini  hasil angket klik di sini

Dari hasil angket yang diberikan secara online kepada siswa, didapat data sebagai berikut.

data angket siswa 5

jika ingin mengetahui angket siswa bisa klik di sini  hasil angket klik di sini  

Kesimpulan

Dari data-data di atas dapat disimpulkan “Terjadi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Saat Liburan dengan Game Bom Whatsapp (GBW)”

 Saran Buat Pembaca

  1. Guru dan orang tua harus terus memantau kegiatan anak-anak dalam pemanfaatan TIK.
  2. Orang tua memberikan batasan penggunaan data internet bagi putra-putrinya agar belajar hemat.
  3. Guru bisa menggunakan internet whatsapp agar lebih leluasa saat pelaksanaan GBW.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

tulisan ini juga bisa di baca dengan klik di sini

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Mei 20, 2017, in inovasi pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, inovasi pembelajaran matematika, internet, IT and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kerren pak mohon dimuat silabus ,promes,prota kelas 5 k 13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: