Gerakan Literasi Dita Baca Media Sdn Ditotrunan 01 Lumajang

Program literasi perpustakaan merupakan program sekolah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa-siswi di perpustakaan DITA BACA MEDIA SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca guna menambah pengetahuan serta membuka jendela cakrawala yang luas bagi peserta didik. 

 

Perpustakaan DITA BACA MEDIA memiliki koleksi buku yang bervariasi dan terkini. Hal ini berguna meningkatkan pengetahuan dan memecahkan suatu masalah saat kegiatan belajar menagajar.

Upaya yang dilakukan agar program ini dilakukan dengan baik yaitu dengn menganjurkan peserta didik mengisi waktu luang mereka untuk membaca buku di perpustakaan seperti saat istirahat sekolah. Selain itu, setiap kelas dijadwalkan dan diharuskan untuk berkunjung minimal sekali dalam sebulan. Hal ini untuk meningkatkan kegemaran siswa dalam membaca dan berkunjung di perpustakaan.

Ketika peserta didik berkunjung perpustakaan, wali kelas berkolaborasi dengan petugas perpustakaan mengenalkan tata tertib yang berlaku dan menjelaskan jadwal kegiatan literasi yang wajib dilaksanakan oleh setiap kelas serta jam kunjungan yang dilterapkan di perpustakaan.

Petugas perpustakaan juga mengenalkan pohon baca. Pohon baca berguna untuk menginformasikan anggota perpustakaan yang sudah pernah melaksanakan kegiatan literasi kepada peserta didik. Tidak hanya itu, pohon baca juga berfungsi untuk menginformasikan berbagai buku yang telah dibaca oleh peserta didik lain.

 

Kegiatan literasi perpustakaan ini memberikan dampak positif bagi peserta didik. Berikut ini dampak positif yang ditimbulkan dengan adanya program literasi perpustakaan.

  • Mengenal program literasi dengan mempelajari koleksi buku perpustakaan yang bervariasi dan terkini serta koleksi buku perpustakaan yang menunjang kurikulum sekolah
  • Mengembangkan cara berkomunikasi dengan baik antara peserta didik dengan petugas perpustakaan
  • Menerapkan literasi dalam setiap mata pelajaran atau pembelajaran tematik maupun memecahkan suatu masalah pembelajaran

Gerakan program literasi ini diharapkan dapat diterapkan dan berjalan dengan baik sehingga dapat menanamkan gemar membaca pada peserta didik sejak dini.  [VIAN]

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Oktober 4, 2017, in kreatifitas and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: