tim puisi desa mewarnai 6 besar cipta dan baca puisi smp al-ikhlas lumajang

7 berlatih di tamanDalam Proses pembinaan rutin itu kami medengar ada lomba dalam rangka Semarak Pekan SMP Al-Ikhlas Lumajang. Ini adalah moment yang penting bagi kami, selain ingin ikut meramaikan Semarak Pekan SMP Al-Ikhlas Lumajang kami juga ingin menyeleksi 3 siswa kami yang akan mewakili sekolah di tingkat kecamatan. Pembinan rutin selama 1 minggu kami lakukan. Untuk 3 hari terakhir anak-anak sampai pulang menjelang ashar.

Untuk persiapan lomba lebih matang, 5 siswa Tim Puisi bermalam di Lumajang. Seperti biasanya, mereka berangkat ke lumajang dengan dibonceng Pak Yurfan 2 siswa, admin ayo mendidik 2 siswa, dan wali murid 1 siswa. Apa kegiatan mereka saat di lumajang kita simak dengan gambar-gambar berikut ini.

latihan rutin di sekolah

latihan rutin di sekolah

Setelah istirahat siang, mereka berlatih membuat puisi. Mengingat lomba cipta dan baca puisi, maka mereka di tekankan juga berlatih mencipta puisi. Setelah mereka membuat selama 30 menit kemudian kami memeriksa tulisan mereka mulai dari EYD dan ketepatan pilihan katanya. Setelah tulisan mereke diperiksa semua baru usai sholat ashar mereka tampil membacakan puisinya.

sore hari latihan di alun-alun lumajang

sore hari latihan di alun-alun lumajang

Satu jam sebelum magrib tim puisi kami ajak jalan-jalan di alun-alun Lumajang sambil menuju ke Masjid Agung Sholat Magrib. Di alun-alun mereka berlatih vokal. Ternyata di luar dugaan, rencana berlatih sebentar anak-anak malah menikmati suasana alun-alun yang sejuk dan permai. Kami biarkan mereka berlatih mandiri sambil menikmati indahnya alun-alun Lumajang. Baru saat terdengar lantunan Al-Quran dari pengeras masjid kami bergegas menuju Masjid Anas Mahfudz. Sambil menunggu adzan magrib tim puisi membeli jajanan di sebelah selatan masjid. Asyik juga nunggu adzan sambil menikmati suasa sore di sekitar masjid.

usai sholat magrib foto bersama di depan nambor alun-alun

usai sholat magrib foto bersama di depan nambor alun-alun

Usai sholat kami bergegas ke rumah untuk makan malam. Tentunya mereka sudah lapar karena sejak siang tadi mereka belum kemasukkan nasi. Sependeng bersama, dengan wadah besar makan bersama “kembulan”kata orang jawa membuat tim puisi semakin akrab. Usai sholat isyak mereka berlatih lagi mecipta puisi, tentunya setelah itu diteliti lagi dan diajak memahami apa sebenarnya isi dari puisi merekeka. Dengan demikian mereka akan lebih besar penghayatannya.

makan malam sederhana dan penuh kebersamaan

makan malam sederhana dan penuh kebersamaan

Pagi hari mereka kami ajak jalan-jalan lagi untuk merefresh diri ke taman kesehatan selatan alun-alun. Ya, namanya anak desa, tahu taman mini mereka langsung bersuka cita. Berlari kesana-kemari bermain di sana. Aril yang memang masih duduk di kelas 4 malah mencoba naik semua hewan yang ada di situ.

ariel naik onta heeeee lucu

ariel naik onta heeeee lucu

Usai bermain di taman kota, kembali ke kerumah untuk sarapan pagi. Saat perut sudah terisi tim puisi berlatih sekali lagi untuk mencipta puisi hingga pukul 07.00. Kami berangkat ke Semarak Pekan SMP Al-Ikhlas Lumajang pukul 07.20. Kodarullah, rumah kami dekat dengan SMP AL-IKHLAS.

Sesampainya di tempat lomba panitia mendaftar ulang, dengan didampingi Pak Yurfan mereka mendaftar ulang dan masuk keruang cipta dan baca puisi. Sekitar 45 menit mereka mencipta puisi di 2 ruang berbeda. Ruang ber AC dan kondusif, membuat semua peserta nyaman membuat puisi. Tepat pukul 08.40 mereka usai membuat puisinya.

Pukul 09.00 seluruh peserta masuk keruang membaca puisi. Ruangnya lumayan bagus dan kondusif sehingga anak-anak bisa tampil dengan maksimal dan penonton yang kebanyakan guru pembina juga bisa melihat satu persatu para peserta membacakan puisinya. Juri berasal dari Dewan Kesenian Lumajang, Guru Bahasa Indonesia SMA, dan Kepala Sekolah SMP Al-Ikhlas.

proses pengumuman

proses pengumuman

Pukul 11.00 tepat 39 peserta sudah membaca puisi. Menurut kami ada 4 peserta yang bangus dalam membacakan puisinya, satu di antaranya berasal dari MI Kota yang merupakan juara harapan 1 di Jawa Timur (AKSIOMA) tahun 2015. Salut buat juri, kurang lebih 30 menit sudah mampu merekap seluruh nilai baik tulis dan baca. Akhirnya sebelum pukul 12 pengumuman sudah bisa disampaikan, kerennya lagi seluruh nilai di tampilkan di dinding, bukti bahwa lomba ini memang profesional.

Hasil lomba bisa klik di sini

makan siang buat hadiah anak-anak yang sudah berusaha semaksimal mungkin

makan siang di resto buat hadiah anak-anak yang sudah berusaha semaksimal mungkin

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Januari 21, 2016, in ceritasekolah, informasi umum, lomba menulis and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Salut dengan berbagai kegiatan pak bakree yg senantiasa semangat memajykan pendidukan anak bangsa. Maju terus pak .. dan tetap semangat. Andai saja dekat, tentunya ingin sekali menimba ilmu sebanyak2nya dari pak bakree .. terumakasih atas tulisan2nya yg selalu menginspirasi.

  1. Ping-balik: persiapan lomba puisi yunisma kencong 2016 [video baca puisi] | ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: