melihat lebih dekat diklat instruktur guru pembelajar di hotel tampiarto


kelompok presentasi_diklat IN GTHotel Tampiarto yang terletak di kota Probolinggo menjadi tempat Diklat Instruktur Nasional Guru Pembelajar tanggal 1 sampai dengan 10 Agustus 2016. Untuk Zona 3 kelas tinggi peserta berasal dari Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo. Seluruh peserta terbagi menjadi kelas A, B, dan C.

Kelas A berasal dari Kabupaten Lumajang dan Kota Probolinggo. Kelas B berasal dari Kabupaten Pasuruan. Kelas C berasal dari kabupaten Probolinggo. Setiap kelas di pandu oleh IN (instruktur nasional), dari 6 NS salah satunya WI (widiyaiswara) sebagai koordinatornya.

Hari kedua pelatihan kami amati sebagian besar peserta Diklat Instruktur Nasional Guru Pembelajar Kelas Tinggi berusia di atas 40 tahun. Terbesit keraguan dalam hati, apa benar peserta ini hasil murni dari nilai UKG?. Jika diamati lebih teliti, hanya ada 2 guru yang usianya 39 tahun. Lebihnya sudah “berkepala empat” bahkan ada setahun yang akan datang tiba masa purna tugas.

tim pembuat soal diklat IN GT
Salah satu peserta, saat kami tanya apa siap menjadi IN untuk menyempaikan materi di daerah? Beliau menjawab, “Dipanggil pelatihan IN saja sudah kaget, apa lagi menyampaikan materi ke teman-teman di daerah, saya tidak sanggup!” tidak hanya beliau saja, beberapa calon IN juga demikian.

Berjalannya waktu baru ada penjelasan dari NS, untuk menjadi NS atau Mentor (IN) nilai UKG harus di atas 70 dan wajib tuntas 8 modul dari 10 modul yang akan dipelajari. Jika nilai di atas 70 tapi modul yang tidak tuntas lebih dari 2, maka ia tidak bisa menjadi NS atau IN.

Proses belajar berjalan penuh semangat. Dengan panduan Bp. Sodikin Susaat dan Ibu Liatari Suseno guru-guru calon IN bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Semangat peserta semakin menggebu-ngebu saat Lembar Kerja bertumpuk untuk diselesaikan. Pembelajaran dan tugas hanya bisa efektif jika dikerjakan dengan IT media Laptop.  Guru-guru Pembelajar bahu-membahu untuk bisa mengerjakan berbagai tugas dan LK. Tak jarang di antara mereka juga ada yang masih “nol” di IT, dengan semangat juang yang tinggi, akhirnya mereka bisa mengondisikan dirinya dalam kondisi kritis dan terus belajar.

Terutama saat pembelajar mode daring. Guru-guru peserta IN teruji kemampuannya dalam memaksimalkan laptop yang terhubung dengan internet. Tugas mode daring benar-benar membuat guru harus membuka mata  meski sulit dibuka, meluruskan punggung meski ingin direbahkan. Saya sendiri sampai seperti mimpi saat menyelesaikan semua LK mode daring yang ada di dalamnya. Alhamdulillah, malam itu pukul 01.00 dini hari LK daring sudah rampung. Saat saya lihat di halaman penyelesain tugas mode daring teman-teman belum ada yang tercentang semua. Bisa dibayangkan mereka harus kerja keras lagi esok hari untuk menuntaskannya.

Hari terus berlalu, tak terasa sudah hari ke-IX. Usai postes siang itu, acara selanjutnya adalah pisah kenang dengan NS. Ketua kelas A, Bp. Kisnanto dan Ibu Ulik memberikan cendra mata kepada Bp. Susaat dan Ibu Liatari. Tetes air mata nampak bergulir di wajah peserta.

kelompok presentasi_diklat IN GT
Penutupkan dilaksana hari ke-X, Rabu, 10 Agustus 2016. Kelas A, B, dan C menjadi satu di aula utama. Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur dilanjutkan menutup Diklat dengan bacaan Hamdalah. Setiap peserta mendapatkan sertifikat sudah LULUS menjadi Instruktur Nasional Guru Pembelajar dengan berbagai predikat. Mereka akan melanjutkan tugasnya mengimbaskan ilmu yang sudah didapat kepada guru-guru di daerah masing-masing.

Selamat bertugas dan tetap semagat, “Saya siap menjadi Instruktur Nasional Guru Pembelajar”. Bagi yang ingin tahu lebih jauh secara visual bisa melihat di youtube dengan mengetik “diklat instrukut nasional guru pembelajar zona c kelas tinggi tompoarto probolinggo”. (red_sek)

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Agustus 27, 2016, in diklat propinsi and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. makasi,,,salam GP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: