senang praktik perkembangbiakan vegegatif buatan dengan pendekatan saintifik

ilmu baru akan didapatkan saat kita praktik langsung perkembangbiakan vegetafi buatan pada tumbuhanJika kita hanya mengajar agar siswa kita bisa menjawab pertanyaan. Maka dipastikan pendidikan kita akan jalan ditempat bahkan mundur jika dibandingkan dengan negara lain. Jika kita hanya mengajarkan anak-anak untuk menghafal dan tes kognitif saja. Negara kita akan menciptakan  politikus yang banyak ngomong tak banyak kerja. Kita “GURU” harus BERUBAH cara mengajarnya. Melatih dan menilai siswa dari berbagai kecerdasan. Membuat mereka terampil melakukan dan menciptakan. Mengupload tidak hanya mengunduh kata orang digital.

guru-mengawali-dengan-langkah-langkah-kerja-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

guru-mengawali-dengan-langkah-langkah-kerja-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

Sahabat AYO MENDIDIK sudah kami tampilkan beberapa kegiatan yang mendidik anak-anak kita untuk bisa mengamati, bertanya, menganalasis, mencoba, dan membantuk jejaring. Agar lebih lengkap berikut ini kamis sajikan kegiatan yang kami lakukan untuk membuat anak-anak bisa memahamai perkembangbiakan vegatif buatan dengan belajar kontekstual learning dan saintifik.

belajar-yang-bermakna-dengan-melakukan-langsung-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

belajar-yang-bermakna-dengan-melakukan-langsung-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

kerja-kelompok-lebih-membuat-bekerja-lebih-mudah-dan-hasil-maksimal-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

kerja-kelompok-lebih-membuat-bekerja-lebih-mudah-dan-hasil-maksimal-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

Alat dan Bahan :

  • Dahan yang akan dicangkok (pohon jambu, blimbing, rambutan, mangga, dll. Bawa satu saja)
  • Pohon singkong (bisa yang lain)
  • Pohon pokak dan pohon terong (bisa yang lain)
  • Gunting
  • Pisau minimal 2
  • Tali raffia
  • Sabut kelapa
  • Plastik kresek
  • Timba
guru-sebagai-fasilitator-dan-penilai-autentik-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

guru-sebagai-fasilitator-dan-penilai-autentik-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

kompak-dalam-team-membuat-hasil-yang-memuaskan-dalam-mencangkok-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

kompak-dalam-team-membuat-hasil-yang-memuaskan-dalam-mencangkok-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

Langkah-langkah kegiatan :

  1. Secara berurutan praktik mencangkok, mengenten, menempel, dan stek batang
  2. Siswa menentukan nama kelompok diambil dari nama perkembangbiakan vegetatife alami
  3. Siswa bersama kelompoknya melakukan praktik dengan petunjuk Lembar Kerja
  4. Siswa melakukan kegiatan dengan berdiskusi dengan kelompoknya, jika tidak bisa konsultasi dengan guru
  5. Guru mengamati kerja siswa
  6. Siswa  menunjukkan kepada guru hasilnya
  7. Siswa mempresentasikan hasil kerjanya
  8. Guru memberi pertanyaan yang autentik
ilmu-baru-akan-didapatkan-saat-kita-praktik-langsung-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

ilmu-baru-akan-didapatkan-saat-kita-praktik-langsung-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

hasil-sambung-pucuk-salah-satu-kelompok-yang-sukses-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

hasil-sambung-pucuk-salah-satu-kelompok-yang-sukses-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

hasil-sambung-pucuk-salah-satu-kelompok-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

hasil-sambung-pucuk-salah-satu-kelompok-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

hasil-menempel-salah-satu-kelompok-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

hasil-menempel-salah-satu-kelompok-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

Tindak Lanjut :

  • Guru memberikan tugas individu kepada siswa untuk prakit mencangkok di rumah masing-masing.
  • Kegiatan membuat cangkok bisa dibantu teman sekelompoknya.
  • Kegiatan mencangkok di rumah didokumentasi (foto) sebagai bukti, yang dikumpulkan filenya.
  • Setalah 2 atau 3 bulan saat tumbuh akar, hasil cangkokan dibawah kesekolah sebagai tugas praktik akhir sekolah
  • Hasil cangkokan ditanam di lingkungan sekolah sebagai kenangkenangan. Boleh juga di tanam di fasilitas umum lain atau hadiah buat guru.
hasil-menempel-pada-ketela-pohon-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

hasil-menempel-pada-ketela-pohon-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

pembelajaran-di-luar-kelas-lebih-menyenangkan-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

pembelajaran-di-luar-kelas-lebih-menyenangkan-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

presentasi-dan-menjawab-pertanyaan-yang-diajukan-guru-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

presentasi-dan-menjawab-pertanyaan-yang-diajukan-guru-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

presentasi-dan-menjawab-pertanyaan-yang-diajukan-guru-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

bisa juga sebagai media belajar adik kelas

setiap-keberhasilan-wajib-disyukuri-dan-dirayakan-agar-belajar-lebih-berkesan-perkembangbiakan-vegetafi-buatan-pada-tumbuhan

setiap-keberhasilan-wajib-disyukuri-dan-dirayakan-agar-belajar-lebih-berkesan-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tumbuhan

Semoga kegiatan ini mampu menginspirasi kita semua. Ada ide yang lain? Beri komentar di bawah ini jika ada kritik dan saran. Ingin berbagi bisa juga sms ke hp 085236046665

Jangan ketinggal baca tips belajar dan mengajar yang lain dengan klik di sini

 Iklan ads di bawah ini bukan tanggung jawab ayo mendidik. Karena baawan dari wordpress.com. Mohon maaf jika tidak berkenan dan mengganggu kenyamaan Anda.

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Desember 30, 2013, in inovasi pembelajaran IPA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. terima kasih atas inf yang ini berharg ini boleh minta contoh sk hasil kejuaraan hasil sleksi calistung atau olimpiade MIPA. trim`s

  2. Assl wr wb. Pendekatan saintifik pada mata pelajaran selain IPA mohon juga di-upload, selama ini pendekatan saintifik identik dengan mata pelajaran IPA. Mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi bagi Bapak/Ibu Guru untuk diterapkan di sekolahnya. Terima kasih. Wass wr wb.

  1. Ping-balik: Siswa SDN JAMBEKUMBU 1 Menciptakan Mobil dan Kapal Energi Angin • Guraru

  2. Ping-balik: Siswa SDN JAMBEKUMBU 1 Menciptakan Mobil dan Kapal Energi Angin | ayo mendidik

  3. Ping-balik: Siswa SDN JAMBEKUMBU 1 Menciptakan Mobil dan Pesawat Energi Angin | ayo mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: