baju pramuka usang untuk 53 tahun hari pramuka

puisi pramuka_m subakri ayo mendidik'Ku laju sepeda motor menyusuri jalan yang sudah kususuri tiap hari. Nampak beberapa sekolah yang aku lalui sudah bersiap-siap mengadakan upacara memperingati hari pramuka yang ke 53. Motorku sudah memasuki daerah turun naik yang dihiasi hijaunya berbagai jenis tumbuhan. Ya, dinas di desa penuh dengan nuansa alam.

Kulangkahkan kaki memasuki kelas tercinta, nampak anak-anak sudah duduk menunggu. Aku tersenyum dan juga sedih, anak-anak tidak ada yang memakai baju pramuka. Kelas 6 yang baru masuk minggu ke 3 sedikit heran melihat aku berbaju pramuka di hari Kamis.

“Kenapa tidak ada yang pakai baju pramuka?”, “lo, sekarang haris Kamis Pak” jawab salah satu siswa. ” heeee, dalam hatiku kecut”. “Sekarang tanggal berapa anak-anak”, Serempak mereka menjawab 14 Agustus ….. akupun “mendongeng” kenapa hari ini aku berbaju pramuka …..

Akhir cerita, merekapun menyepakati sejak hari itu akan selalu mengingat bahwa setiap tanggal 14 Agustus, disuruh ataupun tidak akan memakai baju pramuka sebagai rasa hormat untuk hari kepanduan Indonesia.

Tidak harus bersedih sampai di sini dengan hari pramuka kali ini, jam pertama adalah Bahasa Indonesia. Tiap siswa saya untus untuk bergabung dengan kelompoknya menciptakan sebuah puisi dengan tema pramuka. Selang 5 menit masih nampak tak 100% di mimik mereka. Segera ku goreskan pena juga ikut membuat puisi, berkisar 5 menit jadilah puisiku. Aku berdiri di antara mereka, seluruh kemampuanku ku persembahkan untuk membaca puisi itu. akhirnya tepak panjang dan sorak-sorai membahan saat puisi itu selesai ku bacakan.

langkah terbaik agar siswa bisa melakukan apa yang kita inginkan, kita memberi contoh kongkrit "puisi apa kabarmu pramuka"

langkah terbaik agar siswa bisa melakukan apa yang kita inginkan, kita memberi contoh kongkrit “puisi apa kabarmu pramuka”

Anak-anak mulai tersenyum semangat untuk membuat puisi bersama kelompoknya. Murid pertama yang maju diluar prediksi. Firman si murid dekil dan banyak yang bilang nakal mengangat tangan untuk membacakan puisinya …. luar biasa. Satu persatu mereka menunjukkan kebolehnnya hingga waktu istirahat tiba ….

Saatnya istirahat,  keluar kelas menyusuri lorong sekolah dan nampak seluruh sekolah tak ada yang memakai baju kebesaran pramuka …. aku menjadi orang asing di sekolahku dengan baju coklat usang ini ……

firman kanan dan sahabatnya membacakan hasil puisinya

firman kanan dan sahabatnya membacakan hasil puisinya

dina dan leha juga dengan yakin membaca puisinya

dina dan leha juga dengan yakin membaca puisinya

Berikut ini puisi yang tercipta bersama muridku :

Bagaimana Kabarmu Pramuka

                                      oleh : m. subakri

wajahmu tegar
menghadap langit
kaki mu kokoh
berpijak bumi

fisik mu, tak sekedar baju belaka
jiwa mu, tak sekedar dasa darma
namun, keteladanan keseharian

satyamu engkau darmakan
darmamu dikau baktika

demi pertiwi tercinta
yang kini terberai-berai

pramuka engkau tetap
PANDU dunia

Iklan

About ayomendidik

mejadi guru yang lebih inovatif, kreatif, cerdas, menyenangkan dan tentunya beriman

Posted on Agustus 15, 2014, in ceritasekolah and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Sebenarnya, jauh sebelum tanggal 14 Agustus kita bisa mengusulkan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah bahwa pada tanggal 14 Agustus mohon semua Bapak/Ibu Guru dan siswa berseragam Pramuka (apabila tidak ada edaran dari Dinas/UPT). Kesepkatan yang dibuat bersama siswa sangat bagus, tetapi kita juga harus senantiasa mengingatkan sebelum tanggal 14 Agustus 2015, misalnya dituliskan di papan pengumuman pada awal Agustus 2015, minimal seminggu sebelum tanggal 14 Agustus 2015. Dengan membuat puisi tema Pramuka bisalah sebagai pengingat siswa pada HUT atau Hari Jadi Pramuka. Satya kudarmakan, darma kusatyakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: